Langsung ke konten utama

Yuk Kenalan dengan 12 Satwa Unik Penghuni Delta Mahakam

Delta Mahakam di Kalimantan Timur merupakan area delta yang terbentuk dari endapan aliran Sungai Mahakam. Daerah ini terkenal karena sumber daya alamnya yang kaya, terutama minyak dan gas. Banyak perusahaan besar yang mengelola area ini seperti Total E&P, Eni, Vico dan Chevron. Dengan operasi tambang migas di daerah tersebut, ekosistem di sana cukup terdampak. Ditambah lagi lalu-lalang kapal tongkang pengangkut batu bara yang melewati Sungai Mahakam dapat menambah dampak negatif pada habitat satwa di sana.

Beberapa vegetasi dan hewan yang berhabitat di sana ada yang merupakan mahkluk hidup yang dilindungi. Yuk kita kenali 12 satwa unik yang berhabitat di kawasan Delta Mahakam.

1.       Crested Hawk-Eagle
Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus)
Burung ini memiliki sayap paralel yang panjang, dan akan tetap datar ketika mengudara. Hal ini merupakan ciri khusus yang membedakan elang jenis ini dengan elang gunung lainnya. Suranya nyaring serta memiliki teriakan yang melengking dan bernada tinggi. Spesies jenis ini biasanya ditemukan di bagian selatan Delta Mahakam.

2.       Banded Bay Cukcoo
Wiwik Lurik (Cacomantis coneratii)
Dengan penampilan alis berwarna butih, paruh panjang dan ekor berkeluk, spesies ini mudah dibedakan dengan burung kukuk lainnya. Suara dari burung ini juga memiliki perbedaan yang jelas: siulan bernada tinggi yang terdiri dari 4 nada yang ditranskripsikan sebagai ("wii-tii-wii-tii"). Biasanya hewan ini ditemukan di area hutan yang rimbun, seringkali di area berbukit.

3.       Long Tailed Macaque
Monyet kra (Macaca fascicularis)
Memiliki ekor panjang yang seringkali lebih panang dari tubuhnya, spesies monyet jenis ini dikenal sebagai kera, kemungkinan karena suaranya yang bernada tinggi. Biasanya ditemukan di area rawa-rawa Delta Mahakam ketika mereka mencari makan saat air sedang surut.

4.       Black-Crowned Night-Heron
Kowak Malam Abu (Nycticorax nycticorax)
Burung ini memiliki kebisaan nokturnal dan suara yang serak seperti lenguhan sapi. Ukurannya pendek berisi dengan kaki yang relatif pendek jika dibandingkan dengan burung Kowak lainnya. Ketika terbang mereka menarik kepalanya ke dekat pundak. Hampir membuat lehernya terlihat menghilang. Spesies ini biasanya tinggal di bagian utara Delta Mahakam.

5.       Dusky Munia
Bondol Kalimantan (Lonchura fuscans)
Burung ini adalah jenis burung pipit yang endemik Kalimantan. Nama burung ini mengacu kepada sayapnya yang berwarna hitam. Burung ini seringkali ditemukan di daratan rendah di Kalimantan dan pulau-pulau di sekelilingnya. Bagian tengah Delta Mahakam berfungsi sebagai basis populasi burung ini.

6.       Earless Monitor Lizard
Biawak tak Bertelinga (Lanthanotus borneensis)
Hewan berwarna coklat ini merupakan hewan semi-akuatik yang endemik dari Kalimantan bagian utara. Walaupun namanya demikian, hewan ini memiliki kemampuan mendengar. Hanya saja mereka tidak memiliki tympanum (daun telinga) dan tanda-tanda organ telinga lainnya. Reptil nokturnal ini sangat jarang ditemui dan merupakan satwa yang dilindungi. Mereka dapat dijumpai di area sekitar sungai Mahakam.

7.       Woodpecker
Burung Pelatuk (Picidae)
Burung pelatuk memiliki paruh yang runcing dan kokoh serta lidah yang panjang dan dilengkapi dengan cairan seperti lem pada ujungnya yang berfungsi untuk menangkap serangga. Seekor burung pelatuk dapat mematuk dahan pohon hingga 100 kali per menit dengan kecepatan hingga 24 kilometer per jam. Burung jenis ini banyak dijumpai di daerah utara Delta Mahakam.

8.       Oriental Pied-Hornbill
Kerangkeng perut putih (Anthracoceros albirostris)
Burung rangkong dengan bentuk paruh kanopi yang unik ini merupakan jenis burung rangkong terkecil dan paling umum diantara jenis burung rangkong yang berhabitat di Asia. Burung ini memiliki peran penting dalam pembuahan bunga pada tanaman yang buahnya dikomsumsi oleh rangkong ini. Spesies ini banyak ditemui di daerah pertengahan dan selatan Delta Mahakam.

9.       Saltwater Crocodile
Buaya muara (Crocodylus porosus)
Buaya muara atau buaya bekatak merupakan jenis buaya yang paling besar, juga merupakan predator darat dan tepi pantai yang paling besar di dunia. Hewan jantan dapat mencapai panjang 6.3 meter dan berat 1.360 kg. Buaya ini mampu mengerti beragam aktivitas yang kompleks dan bertahan hidup di lingkungan yang keras. Seringkali ditemui di bagian rawa-rawa Delta Mahakam.

10.   Tong-Tong Stork
Bangau Tong Tong (Leptoptilos javanicus)
Burung berukuran besar ini memiliki kaki, leher dan paruh yang panjang serta memiliki postur yang tegak dengan tinggi berkisar antara 110-120. Biasanya burung ini senyap, namun di sarangnya seringkali burung ini mendesis, membuat bunyi gemerincing dengan paruhnya dan melenguh. Bangau ini sering ditemuan menjelajah langit di atas Delta Mahakam bagian selatan

11.   Proboscis Monkey
Bekantan (Nasalis larvatus)
Bekantan adalah hewan yang dilindungi. Monyet jenis ini memiliki warna coklat kemerahan dan ciri khususnya adalah hidungnya yang luar biasa besar. Karena pola hidupnya yang biasa dihabiskan di dekat perairan, spesies bekantan biasanya banyak dijumpai di bagian pesisir dan sepanjang bantaran sungai Mahakam.

12.   Collared Kingfisher
Cekakak sungai (Todiramphus chloris)
Fitur lingkaran putih di sekitar lehernya yang menyebabkan burung ini dipanggil demikian. Spesies burung ini memiliki suara yang bervariasi tergantung area geografisnya. Paling banyak spesies burung ini mengeluarkan suara yang nyaring, keras dan metalik. Biasanya spesies burung ini menghuni kolam-kolam di sekitaran Delta Mahakam, terutama tempatnya mencari makan.

Dengan mengenal ciri-ciri hewan di atas, minimal melalui foto, setidaknya kita bisa meningkatkan awareness kita terhadap perlindungan satwa di daerah terdampak tambang minyak dan gas.

Hak cipta seluruh foto pada post ini milik Communication Corporate Division Total E&P Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali