Minggu, 17 Maret 2019

Pesan para Dosen FTMD ITB.

Tulisan ini dibuat oleh Hakim Masyhur pada wall Facebook-nya, yang dapat diakses di sini

" Goblok itu lebih keliatan daripada Bodoh."
(Prof. Mardjono Siswosuwarno)

" Desainlah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Mending ga lulus sekalian daripada hampir lulus. Hampir lulus = ga lulus, tapi lebih sakit hati rasanya."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Anda tidak akan bisa mengendalikan sesuatu yang Anda tidak bisa ukur."
(Dr. Zainal Abidin)

" Membuat suatu sistem yang semula tidak teratur (Entropi +) menjadi teratur (Entropi -) memang tidak bisa dilakukan secara spontan. Seperti membuat mahasiswa yang semula malas belajar menjadi rajin belajar."
(Dr. Nathanael P. Tandian)

" Hidup di Indonesia itu seperti surga karena kita tidak mungkin meninggal karena cuaca dingin, tapi sebaiknya jangan berurusan dengan Polisi atau Dokter."
(Dr. Zainal Abidin)

" Matematika itu ilmu atau bukan? coba cek singkatan MIPA (matematika dan ILMU pengetahuan alam)!"
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Seorang Scientist boleh saja berhadapan dengan suatu permasalahan/persoalan yang tidak bisa diperoleh solusi/penyelesaiannya. Tapi bagi seorang Engineer, semua permasalahan yang dihadapi harus bisa diselesaikan secara menyeluruh."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

" Operator apabila mengalami gangguan dengan tangannya, maka dia tidak bisa bekerja sebagai operator. Engineer akan tetap bekerja sebagai engineer apabila mengalami gangguan dengan tangannya sekalipun. Biasanya gaji engineer lebih besar daripada operator. Kalau begitu pembalap itu operator atau engineer? Gede mana gaji pembalap dengan orang2 yg bekerja timnya? Bayangkan kalau Lewis Hamilton terkena parkinson."
(Dr. Indrawanto)

" Anda mesti mengetahui maksud dari suatu tindakan yang anda lakukan."
(Dr. Nathanael P. Tandian)

" Ahli elektronik kalau ga ngerti tentang mekanik berarti buta. Ahli mekanik ga ngerti tentang elektronik berarti tuli."
(Dr. Zainal Abidin)

" Apabila kamu punya bakat di bidang tertentu kembangkanlah siapa tau kamu menemukan kepuasan batin kamu di situ. Tetapi tetap background keilmuan kamu jangan pernah dilupakan."
(Dr. Sigit Yoewono)

" Bila kita sudah berkecimpung di dunia teknik maka kita harus mengerti bahasa komunikasi di bidang teknik yaitu gambar teknik."
(Dr. I Wayan Suweca; Dr. Sigit Yoewono; Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Negara Indonesia ini kacau karena sebagian besar orangnya adalah pemalas dan koruptor."
(Prof. Djoko Suharto)

" Kalau Anda mengerjakan soal dan nggak bisa menemukan jawabannya, lebih baik tidur saja. Besok pagi tanya ke teman yang bisa."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Berbeda dengan ilmu seni rupa, dalam ilmu teknik tidak ada yang namanya baik atau kurang baik, hampir benar atau kurang benar, buruk, atau agak buruk. Yang ada hanyalah BENAR atau SALAH."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Apabila Anda kebingungan saat menerima suatu ilmu baru dan kurang berpengalaman, ya teruslah anda pelajari sampai bisa, walaupun ntar ujung2nya bingung juga."
(Dr. I Made Astina)

" Kalau Anda mengatakan bahwa Anda mengerti ketika dosen menjelaskan materi di kelas namun Anda kebingungan ketika mengerjakan soal ujian, itu berarti Anda BELUM mengerti."
(Dr. Nathanel P. Tandian)

" Jika setelah kuliah Anda tidak mengerti apa pun sama sekali, itu suatu hal yang konyol."
(Dr. Toto Hardianto)

" Mahasiswa ITB itu idealnya minimal fasih dalam berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa daerah (Sunda, Jawa, Minang, Batak, dll), dan salah satu bahasa internasional lain (Prancis, Jerman, Jepang, dll)."
(Prof. Djoko Suharto)

" Saudara datang kuliah itu jangan untuk mencari nilai, tapi untuk menuntut ilmu. Kalau Saudara emang niatnya untuk menuntut ilmu, maka nilai baik akan datang dengan sendirinya."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Malam sebelum hari ujian itu harusnya sudah tidak belajar lagi. Mending main aja dan istirahat yang cukup. Belajarnya jauh hari sebelum ujian dengan disertai pemahaman konsep yang benar."
(Dr. Andi Isra Mahyuddin)

" Kalau Anda ingin sukses, maka patuhilah prosedur-prosedur menuju kesuksesan. Ibarat Anda batuk kemudian obat sirup yang diberikan dokter malah Anda gosokkan ke tenggorokkan agar timbul rasa hangat karena mengandung menthol. Atau menengguk obat luka. Anda tidak akan sembuh karena menyalahi prosedur."
(Dr. Nathanael P. Tandian)

" Kehidupan itu tertanam dengan sendirinya dalam tubuh kita."
(Dr. Zainal Abidin)

" Kamu itu lupa atau ga ngerti? mungkin dulu kamu ga ngerti terus skrg udah lupa" (bertanya tentang kuliah terdahulu)
(Prof. Mardjono Siswosuwarno, Dr. Zainal Abidin)

" Meninjau perilaku suatu sistem sampai terperinci itu tidak mudah, oleh karena itu kita tinjau pada keadaan yang kita bisa analisis, sama seperti mempelajari tingkah laku pacar atau gebetan kamu sampai detail itu susah, setidaknya untuk itu kita bisa mempelajari karakteristik pria dan wanita pada umumnya."
(Dr. Zainal Abidin)

" Lebih baik menyadari bahwa dia ga ngerti jika dibanding dengan tidak menyadari kalo dia ga ngerti, itu lebih berbahaya."
(Dr. Zainal Abidin)

" Kamu boleh ga ngerti atau bingung tapi jangan sampai kamu GA TAU di mana letak bingung dan ga ngerti nya kamu. Kalau kamu ga tau letak bingungnya berarti sama dengan kamu GA BINGUNG alias mengerti. Saya takut tampang2 orang yg ga ngerti."
(Prof. Mardjono Siswosuwarno)

" Cobalah Anda apabila setelah lulus nanti bekerja di perusahaan lokal pemerintahan semacam PT.KA atau menjadi seorang wakil rakyat yang bertanggung jawab. Karena bila bekerja di swasta Anda kemungkinan besar hanya menjadi pegawai saja, tetapi bila anda bekerja dengan jujur dan etos kerja tinggi pada suatu perusahaan nasional, Anda suatu saat pasti akan menjadi sang pengambil keputusan, jika itu sudah tercapai Saya harapkan Anda untuk perbaiki sistem di negara Indonesia ini."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Thats Engineering, boleh malas, asal Cerdas...! "
(Dr. Arif Basuki)

" Kalau mau membandingkan kesuksesan, abaikan semua kondisi awalnya. Seperti contoh kekayaan, jika ingin melihat keberhasilannya, abaikan harta awalnya baik punya sendiri atau dari mertua dan liatlah perkembangannya dalam beberapa tahun."
(Dr. Zainal Abidin)

" Engineer itu bukan seperti tentara, Engineer itu harus punya inisiatif."
(Prof. Mardjono Siswosuwarno)

" Mahasiswa sekarang klo disuruh jgn mencontek malah mencontek, disuruh belajar malah gak belajar. Harusnya mahasiswa sekarang tuh disuruh nyontek aja spy gak nyontek dan dilarang bwt belajar aja supaya mau belajar."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Hidup itu penuh perjuangan kan ya!"
(Dr. I Made Astina)

" Kalian mahasiswa, kalau belajar mentalnya jangan seperti mental tentara... kalau tentara itu kan mengerjakan segala sesuatunya dengan buru-buru dan mendadak kan ya?"
(Dr. I Made Astina)

" If you don't seek perfection,you will never reach an excellent!!"
(Dr. Zainal Abidin)

" Bagi kita gesekan itu adalah musuh utama dan teman terbaik. Banyak rugi-rugi energi timbul karena adanya gesekan, tetapi tanpa adanya gesekan bakal banyak mekanisme-mekanisme yang tidak bergerak."
(Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

" Anda ini aneh, klo ditampilkan slide tentang kuliah biasanya anda mengantuk dan bosan, tetapi begitu ditampilkan slide intermezzo anda terlihat sangat antusias."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Klo kalian sebagai engineer menguasai teori tapi tidak tau aplikasi itu suatu hal yang percuma, ibarat kalian memiliki pistol tetapi kalian lari ketika diserang perampok yang hanya berpisau."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

" Sopir truk mengetahui fenomena yg terjadi pada cara2 membuka mur, tetapi jangan tanya mereka tentang teorinya, pasti mereka tidak tau. Nah, Anda jangan kebalikan dari mereka, tau teori tetapi bingung aplikasinya, itu FATAL."
(Ir. Kemas Rifian, M.Sc.)

" Gerakan katak yang menarik yang di atas, mendorong yang di samping, dan menginjak yang di bawah menunjukkan sifat yang ingin menang sendiri, sementara semut-semut selalu bekerja sama ketika mengangkat sesuatu. Oleh sebab itu, JANGAN lah menggunakan cara katak dan GUNAKAN lah cara semut."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Mengetahui setengah-setengah sama dengan setengah tidak tahu."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Kalau kalian mencontek PR jangan seperti mesin fotokopi tinggal salin doank, tapi juga dipahami apa yang kalian contek itu."
(Dr. Priyono Sutikno)

" Semakin banyak kalian belajar, maka kalian akan semakin sadar bahwa semakin banyak yang kalian tidak tahu."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Ketidaktahuan-mu itu lah yang membuat kamu takut."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Proses untuk mengerti itu memang harus diawali dengan kebingungan."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Jika kalian benar2 paham akan materi yang telah diajarkan, maka kalian akan tetap ingat akan konsep dari materi tersebut dan tidak sulit untuk mempelajarinya kembali apabila kalian lupa di kemudian hari."
(Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

" Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan mengajari orang lain."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

" Setiap kalian memikirkan sesuatu, maka timbulah masalah."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" For engineers, No Pain No Gain."
(Dr. Zainal Abidin)

" Bangsa Indonesia tidak bisa maju karena sebagian besar orang tidak mengerti betapa pentingnya mengukur."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Klo kalian mengerjakan soal ujian baik tuntas maupun tidak dan ada langkah yang membuat jawabannya salah mungkin masih diberi nilai. Tapi klo praktek kerja di lapangan pekerjaan yg tuntas tapi ada langkah yang salah apalagi tidak tuntas sudah pasti kalian tidak akan dibayar kan ya. hahaha...."
(Dr. I Made Astina)

" Sebenarnya kalian mampu untuk mengetahui dan melakukan banyak hal, tetapi yang jadi masalah adalah kalian tidak mau untuk belajar tentang hal2 tersebut."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

Sumber: Catatan FB Hakim Masyhur

Rabu, 13 Maret 2019

Yuk Kita Jaga Keindahan Laut Indonesia!


Selama perjalanan di laut Kepulauan Togean, bentang laut Indonesia yang indah dapat dinikmati. Mulai dari berangkat dari Pelabuhan Dondo di Ampana, Rumput laut bergoyang-goyang tenang dibawah laut yang berkabut, kemudian kawanan lumba-lumba berenang amat dekat dengan kapal kami. 

Di tengah ombak yang tenang sering terlihat ikan-terbang-Indosiar keluar dari permukaan laut dan terbang membentangkan sayapnya, sejauh belasan meter. School of fish meliuk-liuk lincah dan sirip-siripnya berkilauan memantulkan cahaya matahari. 

Keindahan tersebut baru segelintir dari mutiara-mutiara lainnya yang ciptakan untuk Togean dan lautan Indonesia. Seperti yang murid-murid SD Malenge nyanyikan dalam lagu Alamku

"Alamku Togean yang Indah 
Menyimpan banyak permata 
Jangan dirusakkan 
Hilangkan pemboman 
Hindarilah pembiusan 


Hutan bakaunya melambai-lambai 
Ikan mamingnya menari-nari 


Ayo kawan-kawan semua 
Buanglah sampah di tempatnya 


Mari kita jaga bersama 
Sehingga lestari alamku 
Menjadi Jaya Togeanku" 

NB: Ikan Maming (Cheilinus undulatus) selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, juga merupakan salah satu ikan yang memberikan TANDA bahwa terumbu karang dalam keadaan SEHAT. Namun sayangnya laut taman nasional ini mulai tercemari oleh tangan-tangan jahil yang mengeksploitasi ikan dengan cara bom, bius, racun/potas. Oleh karena itu, tulisan ini didedikasikan untuk berbagi informasi agar masyarakat lebih sadar dengan pengrusakkan lingkungan yang sedang terjadi. 

Langkah sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak membuang sampah plastik ke laut. Sederhana? Banget! Yuk mulai dari diri sendiri.  

5 Kesalahan Tata Bahasa yang Sering Dilakukan MC dan Cara Menghindarinya

Membiasakan yang betul dan membetulkan yang biasa”
- Lusy Luksita -

Cara termudah untuk belajar menjadi Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara pemula adalah dengan meniru cara bicara MC-MC profesional yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Kita dapat meniru gaya bicara, kata-kata indah, pakaian dan riasan, serta bahasa tubuh para MC yang sudah lebih dulu bergelut di dunia pembawaan acara untuk diadaptasi menjadi gaya sendiri. 

Dalam mengamati cara berbicara dan bahasa, perlu ada catatan khusus terutama dalam pola bahasa. Bagi MC yang sering tampil sekalipun memungkinkan ditemui kesalahan dalam tata bahasa dan ejaan bahasa Indonesia. Kesalahan ini cukup fatal karena seringkali terbiasa di dengar oleh masyarakat, dan akhirnya audiens mengganggap hal tersebut sebagai yang betul. Padahal sudah seharusnya kita berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hingga guru saya di public speaking, Lusy Luksita, mengajarkan untuk selalu komitmen dalam membiasakan hal yang benar dan kalau ada orang yang melakukan kesalahan karena terbiasa tidak segan untuk mengingatkan.

Pemilihan Kata yang Tepat dapat Membuat Acara Lebih Kondusif dan Audiens Lebih Tertarik

Sebagai pembawa acara, ada 5 kesalatan berbahasa yang sering dijumpai dan berikut tips untuk menghindari kesalahannya:

1.       Kepada yang terhormat, bapak kepala sekolah. Kepada yang terhormat, bapak walikota. Kepada yang terhormat bapak gubernur
Ketika memberikan sapaan dalam acara formal atau semi-formal, seringkali terdengar sang pembawa acara mengucapkan kata “terhormat” beberapa kali. Padahal imbuhan depan ‘ter’ merupakan superlatif yang berarti paling. Di acara tersebut seharunya hanya satu orang atau satu pihak yang pantas menyandang gelar terhormat (paling dihormati). Tamu kehormatan lainnya dapat disapa dengan “yang saya hormat”. Saat menyapa tamu undangan sebaiknya mulai dari yang jabatan atau yang posisinya paling tinggi. Oleh karena itu bentuk kalimat sapaan yang tepat pada acara peresmian gedung baru di sekolah seperti contoh di atas seharusnya: “Kepada yang terhormat, bapak Gubernur; yang saya hormati, bapak walikota; dan yang saya hormati bapak kepala sekolah.”

2.       Waktu dan tempat kami persilakan
Artinya sang MC mempersilakan waktu dan tempat untuk maju atau berbicara. Padahal yang seharusnya dipanggil adalah orang yang akan memberikan sambutan atau menyampaikan materil. Jadi kalimat yang benar adalah “kepadanya kami dipersilakan”, atau bisa juga seperti ini “Selanjutnya adalah sambutan dari ketua acara, kepada Bapak (nama) kami persilakan”.

3.       Menyingkat waktu
Waktu merupakan satuan yang tidak bisa dipercepat ataupun diperlambat. Semua orang sama-sama memiliki waktu 24 jam dan 1 detik bagi satu orang sama dengan 1 detik bagi orang lainnya. Maksud dari kalimat di atas adalah untuk membuat acara berjalan lebih cepat dan memotong hal yang tidak efektif. Jadi kalimat yang tepat adalah “untuk mengefektifkan waktu”.

4.       Maju ke atas panggung
Dalam tata bahasa Indonesia, frase ini merupakan majas pleonasme, artinya menggunakan kata-kata yang maknanya sama sehingga terkesan tidak efektif. Alternatif kata yang dapat digunakan untuk memanggil pembicara adalah “hadir ke panggung” atau memberikan keterangan tempatnya langsung seperti “naik ke podium” atau “naik ke panggung”.

5.       Paska acara dan Paskasajana
Ada beberapa kosakata serapan bahasa Indonesia, yang sering kali kurang tepat pembacaannya. Salah satu kata yang sering salah baca adalah kata “pasca”, yang berarti setelah, dibaca ‘paska’. Huruf c pada kata ‘paska’ dibaca sebagai huruf ‘k’. Padahal bahasa Indonesia dibaca sesuai dengan tulisannya. Apabila tertulis ‘pascasarjana’ maka pembacaannya pun ‘pascasarjana’ dengan menggunakan huruf ‘c’. Sama seperti kata ‘cuci’ yang kita baca sebagai ‘cuci’, bukan ‘kuki’.  

Dalam membawakan acara berbahasa Indonesia, keterampilan linguistik merupakan salah satu hal yang dapat mendukung penampilan. Oleh karena itu dengan menghindari 5 kesalahan umum dalam tata bahasa yang biasa dijumpai, kita dapat menjadi pembawa acara yang kompeten dan berkualitas baik. Di awal karir sebagai MC, tidak apa-apa salah. Asalkan kita tidak membiasakan salah dan tidak menyegajakan untuk salah.

Senin, 11 Maret 2019

Mandi Bersama Bidadari di Air Terjun Doyam Seriam

Dalam Bahasa Paser, Kata Doyam Berarti Air in Riam Berarti Tingkat. Secara harfiah nama air terjun ini berarti air yang bertingkat-tingkat. Air terjun yang indah ini juga dibilang sebagai tempat pemandian bidadari oleh warga sekitar. Setelah merasakannya, saya akui bahwa julukan air terjun bidadari 7 tingkat pun cocok untuk disematkan padanya. 


Air Terjun Tertinggi di Doyam Seriam

Doyam Seriam merupakan keindahan ditengah-tengah ketenangan. 

Untuk mencapainya pertama dari Kota Balikpapan harus menyebrang ke penajam (via Pelabuhan Semayang atau Pelabuhan Kariangau, jika membawa kendaraan roda empat). Perjalanan diteruskan ke arah paser sekitar satu setengah jam. Dari pos pertama, sebaiknya disarankan menyewa mobil offroad karena jalannya berbatu dan tidak rata yang membelah kebun sawit. Mulai dari pos kedua yang ada di seberang sungai, jalanan terjal dan licin. Cukup menegangkan karena kanan-kiri jurang.

Setelah tiba di puncak, pemandangannya amat memukau. Bentang alam Borneo yng indah terbentang sepanjang mata memandang. Lalu kita akan menapaki tangga turun sepanjang 200 m menuju riam pertama. 

Bersama Adam & Zul, Salah Dua Bubuhan Balikpapan Terbaik Saya

Segala rasa lelah, dahaga, dan penat sirna ketika merasakan kesegaran air di kolam pertama yang jernih. Kolam ini merupakan yang paling nyaman untuk berenang dan bermain air. 

Perjalanan dapat dilalui dengan jalan setapak menuju riam-riam selanjutnya yang tak kalah menarik. Akan ada hal baru yang kiata jumpai setiap naik tingkatan. Waktu tiga jam serasa tak cukup untuk mengagumi dan mensyukuri keindahan alam di tanah grorot ini. 

Keakraban Relawan 1000 Guru Balikpapan
Di akhir pekan, sering ada pengunjung yang mendirikan tenda dan bermalam di sini. Kondisinya cukup aman, tidak ada binatang buas dan air bersih pun mudah diperoleh. Ingat untuk membawa pulang seluruh sampah dan membiarkan lingkungan tetap bersih setelah camping.

Saling Bantu untuk Mendaki Jalan yang Licin

Apabila ingin berkunjung ke air terjun Doyam Seriam, disarankan menggunakan sendal gunung yang tidak licin, atau sepatu trekking sekalian karena medannya yang curam dan licin. Selain baju ganti dan baju renang, bawa juga kaca mata renang karena air di kolam sangat jernih dan kita bisa snorkeling untuk melihat batu-batu kali yang indah dan ikan-ikan yang berenang dengan riang. 

Minggu, 10 Maret 2019

5 Latihan Vokal Bagi MC untuk Memperindah Suara

Bagi seorang Master of Ceremony (MC) atau Public Speaker, suara yang bagus dan nyaman didengar oleh audiens merupakan poin plus yang menjual. Contohnya adalah presenter televisi Jeremy Teti yang kerap membacakan berita dengan suaranya yang unik. Bahkan ada juga MC yang dikenal akan kekhasan suaranya, misalkan MC Agung Wibisono dari Bandung yang mendapatkan julukan ‘suara khas selembut kapas’ karena suaranya yang berat namun halus.


Banyak orang yang mengira bahwa suara yang bagus merupakan bawaan dari lahir. Padahal sebenarnya suara yang nge-bass, jernih, dan nyaring dapat dilatih. Ada beberapa teknik latihan vokal yang umum digunakan para MC dan pembicara dalam melatih suaranya sebelum tampil. Metode-metode ini saya pelajari dari Bu Lusy Luksita (pendiri Lusy Luksita Public Speaking School), Kang Fauzi Noerwenda (pendiri Sanggar MC di Bandung), dan Kang Agung Wibisono (MC Profesional).

Teknik yang pertama adalah latihan untuk membuat suara lebih berat dan lebih besar. Caranya adalah dengan humming atau bergumam. Kita dapat menggumamkan apapun, misalkan menyanyikan lagu atau berhitung. Ketika bergumam, usahakan hingga rongga hidung ikut bergetar.

Selain suara yang bagus, perlu juga didukung oleh artikulasi (pelafalan kata) yang benar dan intonasi yang tidak monoton. Oleh karena itu, latihan artikulasi merupakan hal yang penting agar dapat mengucapkan setiap suku kata dengan jelas. Ada 3 latihan utama untuk berlatih artikulasi.

Lion Face. Teknik latihan ini adalah berlatih mengucapkan huruf A, I, U, E dan O, dengan jelas sambil membentuk ekspresi mengikuti huruf yang diucapkan. Usahakan membuka, menarik, dan memonyongkan bibir semaksimal mungkin ketika melafalkan setiap huruf. Karena biasanya ketika latihan seluruh otot di wajah tertarik, hingga membentuk wajah yang seram seperti singa, maka teknik latihan ini mendapatkan nama demikian. Latihan ini bertujuan untuk membuat setiap huruf vokal yang kita ucapkan terdengar dengan jelas oleh audiens.

Brrrr. Saya tidak tahu nama teknik ini, tapi yang jelas teknik ini dilatih dengan cara meniupkan nafas melalui bibir hingga bibir dan lidah bergetar dan mengeluarkan bunyi “brrrrr”. Sangat mungkin ketika berlatih akan ada cairan yang ikut terhempas ke luar. Jadi pilihlah tempat yang cocok untuk berlatih teknik ini. Salah satu tujuanya adalah untuk melemaskan bibir dan lida agar menghindari kesalahan bicara.

Gigit Pensil. Teknik ketika untuk berlatih artikulasi adalah dengan mencoba berbicara dengan cara menggigit pensil. Di awal mungkin kata-kata yang kita ucapkan akan terdengar lucu. Tapi berlatihlah hingga kita dapat berbicara dengan jelas walau dengan pensil yang mengganjal mulut. Logikanya, apabila ada gangguan saja kita dapat berkata-kata dengan jelas, apalagi dengan keadaan mulut yang tanpa hambatan. Pasti akan lebih jelas lagi.

Selain warna suara dan kejalasan pengucapan, supaya tidak monoton, pembawa acara juga perlu mengatur intonasi agar tidak melulu datar. Perlu ada intonasi yang naik dan turun agar membuat audiens lebih tertarik dan menghindari kantuk. Ada tangga nada pengucapan yang biasa digunakan oleh MC, terutama pada acara formal. Untuk berlatih intonasi ini, mula-mula kita dapat berlatih naik turun volume suara dan perubahan suara dari bass ke melengking. Kita dapat menggunakan diagram berikut:


Dengan menggunakan diagram di atas, coba latihan perubahan suara sesuai dengan arah yang dituju. Semakin ke kanan, suara dibuat semakin ngebass sebaliknya semakin ke kiri semakin melengking. Untuk sumbu vertikal, semakin ke atas suara semakin keras dan sebaliknya semakin ke bawah suara akan menjadi lebih pelan.


Teknik pendukung lainnya yang dapat membuat performa penampilan MC semakin memukai adalah dengan berbicara cepat. Kemampuan berbicara cepat harus didukung dengan kemampuan berpikir cepat pula. Teknik ini saya pelajari dari seorang Youtuber bernama Agung Hapsah. Beliau menyarankan untuk berlatih mengucapkan kata “la”, “ba”, “ma” dengan semaksimal mungkin berulang-ulang. Selain itu untuk mempercepat kemampuan berpikir adalah dengan berlatih tounge twister (kumpulan kata-kata yang dapat “melilit lidah” hingga mungkin terjadi salah ucap). Bentuk kata-kata tounge twister dalam bahasa Indonesia misalnya “cengkeh, cengkir, kencur”, “kuku kaki kakakku kaku-kaku”, “satu biru, dua biru, tiga biru . . ., sepuluh biru”. Contoh tounge twister dalam bahasa Inggris misalkan “how much wood could a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood” dan “she sells sea shells on the sea shore”. Usahakan berlatih hingga dapat mengucapkan kata-kata tersebut dengan cepat dan tanpa kesalahan.

Selain berlatih pengucapan, suara yang baik juga dapat didukung oleh konsumsi makanan dan minuman yang dapat menjernihkan suara. Untuk dapat memiliki suara yang jernih dan nyaring, ramuan yang dapat dikonsumsi adalah campuran madu, jahe dan kuning telur. Ramuan ini sebaiknya rutin dikonsumsi selama sepekan tiga kali. Ketika di Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dulu pelatih saya menyarankan untuk minum air embun (air dalam gelas atau botol yang didiamkan di luar semalaman). Katanya dapat membuat suara lebih nyaring di lapangan. Kita juga perlu menghindari makan gorengan atau makanan yang berlemak karena dapat membuat suara yang keluar dari kerongkongan terhambat.

Selamat mencoba dan rasakan perubahan suaramu setelah berlatih dengan konsisten. 

Pemuda diantara Kekuatan dan Ketaatan

Ceramah oleh Ust Ahmad Saheri S.IKOM.I
[Ditulis oleh Azhar Umam]

بسم الله الر حمن الر حيم

Pemuda dalam bahasa Arab سباب : yang memiliki kekuatan, yang memiliki semangat dan yang memiliki ketaatan
" Subbanul yaum rijaalulghad " (pemuda sekarang adalah bapak masa depan)

 Pemuda adalah dia yang memiliki keimanan dan keteguhan dalam hati

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

13. Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَنْ نَدْعُوَ مِنْ دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا

14. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran". (Qs. Al- Kahfi: 13-14)

 Pemuda " Aqorobu ilal fitroh " (ialah dia yang dekat dengan fitroh/fitroh kesucian)

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِفَتَاهُ لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun". (Qs. Al- Kahfi: 60)

Dan Pemuda ialah dia yang memiliki kesiapan diri sampai batas kemampuannya dalam membela agama Allah dan siap tampil paling depan untuk menggentarkan musuh-musuh Allah SWT.

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (Qs. Al- Anfal: 60)

 Pemuda Muslim itu apapun yang dia lakukan harus bernilai ibadah " Hayaatuna kulluhaa ibadah " (Hidup kita semuanya ibadah)
Memanah, berkuda dan berenang dan aktifitas kita sehari-hari harus kita jadikan ibadah

 Pemuda itu memiliki prinsip " Anaa muslim qobla kulli syaiin " (Saya muslim sebelum/melakukan segala sesuatu).

Wallahu a'lam..
الحدلله

Cobra Effect: Ketika Solusi Malah Memperparah Keadaan


Alkisah ketika India masih dijajah oleh Inggris pada abad ke-18, gubernur dari Inggris pada saat itu merasa kesal dengan banyaknya ular kobra yang masuk ke istana dan mengganggu aktivitas. Terlebih ia khawatir bahwa racun dari kobra yang menggigit dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya. Sang gubernur mengadakan sayembara kepada rakyat di India bahwa barang siapa yang dapat menangkap dan membunuh kobra, maka ia akan diberikan hadiah. Warga pun jadi termotivasi untuk membunuh kobra dan membawa bangkainya ke istana untuk ditukarkan dengan uang poundsterling yang dijanjikan.

Pada awalnya sang gubernur senang karena setiap hari banyak warga yang berdatangan untuk mengklaim upeti. Namun lama-kelamaan ia semakin merasa heran karena semakin banyak bangkai ular yang disetorkan oleh warga, semakin banyak pula laporan gangguan ular yang muncul dari orang-orang di dalam istana.

Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya diketahui bahwa warga beternak ular kobra, kemudian membunuhnya, dan menyerahkan bangkai kobra ke pemerintah India untuk diuangkan. Pemerintah Inggris pun menghentikan pemberian hadiah tersebut. Akhirnya warga India melepaskan ular kobra yang sudah tidak berharga, mengakibatkan ular-ular itu berkembang biak dan menimbulkan lebih banyak masalah.

Keadaan pemerintah Inggris yang mengeluarkan solusi yang malah membuat masalah semakin parah, bukannya menyelesaikan masalah, dikenal dengan istilah cobra effect. Istilah ini sering digunakan dalam bidang ekonomi dan politik ketika kebijakan yang dikeluarkan untuk menyelesaikan suatu kendala bukannya menjadi solusi namun malah memperparah kondisi.

Selain dalam politik dan ekonomi, cobra effect juga sering dijumpai. Misalkan dalam keadaan sehari-hari, menghadapi balita yang aktif sang orang tua malah memberikan HPnya dan menyetelkan Youtube kepada sang anak. Aktivitas ini untuk sementara akan membuat anak berhenti beraktivitas dan anteng dengan gadget. Namun dalam jangka panjang malah akan menimbulkan masalah baru seperti menurunkan konsentrasi dan menjadikan anak mudah tersulut emosi apabila kesenangannya direbut. Belum lagi apabila tontonannya mengandung konten-konten negatif, dapat memengaruhi kondisi psikologis sang anak di kemudian hari.

Untuk dapat menghindari salah pemberian solusi dan menimbulkan cobra effect, salah satu caranya dalah dengan melakukan analisis akar masalah (root cause) terlebih dahulu. Seringkali orang menyelesaikan masalah hanya pada gejalanya (symptomp) saja, tidak pada akar permasalahan. Ibarat orang yang pusing kemudian ia meminum obat sakit kepala. Sakit kepalanya tak kunjung sembuh walau sudah semakin banyak obat dan suplemen yang ia konsumsi. Ketika berkonsultasi dengan dokter, ternyata akar masalahnya adalah asam lambung yang berlebihan dan membuat pusing. Dan ketika sudah mengonsumsi obat yang tepat, asam lambungnya pun kembali normal dan sakit kepala sudah tidak menghantuinya kembali.

Salah satu cara untuk menemukan akar masalah yang diajarkan di jurusan saya adalah dengan menggunakan 7 Tools of Quality Control, yang terdiri dari Cause-and-effect diagram (dikenal juga dengan fishbone atau Ishikawa diagram), Pareto Chart, Scatter Diagram, Control Chart, 5-Whys, Cheek Sheet, dan Histogram. Ketujuh metode ini dapat digunakan sendiri-sendiri atau secara bersamaan. Pemanfaatan metode-metode tersebut akan dibahas pada tulisan lainnya. Intinya metode ini dapat dimanfaatkan untuk menemukan root cause sebelum kita mengusulkan solusi yang tepat terhadap suatu permasalahan yang ditemui. Dengan demikian, peluang salah memberikan keputusan dapat lebih diminimasi. 

Sabtu, 09 Maret 2019

Oleh-Oleh Buku Penambah Ilmu dari Tanah Suci

“Budaya kita bukanlah valentine, tapi budaya kita adalah nitip oleh-oleh kalau ada yang pergi ke luar kota atau ke luar negeri”

Apabila kita berkesempatan haji atau umrah ke tanah suci, seringkali keluarga, kerabat dekat dan teman-teman menitipkan oleh-oleh. Biasanya buah tangan yang dibawa dari arab itu tidak jauh-jauh dari kurma, kacang-kacangan, kismis, dan air zam-zam. Niatnya bagus sih agar dapat langsung dikonsumsi dan sedikit merasakan “rasa” tanah suci walau belum pernah menjajaki kaki ke sana. Namun kekurangan hadiah berupa makanan itu cepat habis dan kalau sudah dimakan tidak ada yang bisa dikenang.

Salah satu alternatif barang yang dapat dijadikan buah tangan bagi orang-orang terdekat di tanah air adalah buku. Ya, buku. Karena banyak orang yang menuliskan bahwa hobinya adalah membaca. Di sekitaran pintu Masjid Nabawi di Madinah, banyak toko buku yang menjual buku dengan beragam isi, mulai dari buku tentang Fiqih, sejarah, hingga buku berisi kumpulan foto kedaaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Hal yang mengejutkan adalah banyak buku yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Buku yang beirisi kumpulan foto bagian dalam Masjidil Haram misalnya. Dengan harga 10 Real (sekitar Rp30.000), kita sudah dapat memiliki buku full-color. Buku semacam ini cocok sebagai buah tangan untuk dibawa ke Indonesia, soalnya akan tahan lama dan dapat dipajang juga. Namun apabila tidak mau diberikan kepada orang lain, bisa untuk koleksi sendiri.

Berikut adalah beberapa buku yang saya rekomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh ataupun untuk koleksi sendiri.

Buku tentang Makam Al-Baqi' (Full Color, Harga 10 Real)

Buku Sejarah & Tempat-Tempat Istimewa di Madinah Al-Munawarah (Full Color)

Buku yang Sama namun Versi Inggrisnya (Full Color)

Buku Kumpulan Foto Panorama Masjid Nabawi (Full Color)

Buku Kumpulan Foto Panorama Ka'bah dan Masjidil Haram (Full Color)

Buku tentang Batasan, Keutamaan, Monumen, dan Peristiwa Penting yang Terjadi di Raudhah (Full Color, Harga 10 Real)

Buku Sejarah Madinah Al Munawwarah (Full Color)

Buku Sejarah Madinah Al Munawwarah (Full Color, Lebih Banyak Gambar)

Buku Sejarah Mekah (Full Color)

Buku Sejarah Masjid Nabawi (Full Color)

Buku The End of The World tulisan Dr. Muhamad Al-'Areefi (Full Color, Hard Cover, Harga 40 Real)

Selain buku-buku di atas masih banyak buku-buku lainnya yang dapat dibeli untuk menambah wawasan dan sebagai alternatif buah tangan bagi orang-orang terkasih di Indonesia.