Sabtu, 15 September 2018

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya


Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus.

Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya.

1. Black Magic
Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic, dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten.

GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya.

Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyebutkan benda setelah benda berwarna hitam (sesuai nama black magic). Misal benda yang dipilih di awal itu cangkir berwana putih. Asisten akan menunjuk kalender (warna biru), lalu GM menjawab bukan. Kemudian asisten menujunk rambut (warna hitam), GM pun menjawab bukan. Ketika asisten menujuk cangkir warna putih, GM mengatakan bahwa itu benda yang dipilih. Kuncinya adalah barang tersebut disebutkan setelah warna hitam (jika black magic). Apabila nama permainannya diganti dengan warna lain seperti blue magic, tinggal gunakan benda berwarna biru sebagai patokan.

2. 1+1=4
Petunjuk: Seven Segment

Perhatikan gambar di atas. Angka 1 terdiri dari 2 segmen merah. Jika dijumlahkan maka 1 + 1 = 2 segmen merah + 2 segmen merah = 4 segmen merah. Jadi, hasilnya adalah 4 segmen, kebetulan angka 4 lah yang memenuhi 4 segmen merah. Jika hasilnya lebih dari 7 segmen merah, dianggap tidak sah

3. 1+1=5
Petunjuk: Seven Segment
Jumlahkan secara real 1+1=2.
Kebetulan angka 2 memiliki 5 segmen merah (berdasarkan gambar sebelumnya).
Jika hasil penjumlahan >= 10, jumlah segmen merah pada angka 1 dan 0 alias 2+6=8.

4. Tepok Nyamuk
Sebenarnya tidak harus Tepok Nyamuk, bisa bertransformasi seperti Tepok Lalat, Tepok Tangan, Tepok Biji, dsb.
Gm akan melakukan tepok (gerakan menepuk udara dengan tangan), kemudian berkata "Berapa nyamuk yang mati?"

Jawabannya, hitung kata yang disebutkan. Jumlah kata yang disebutkan di atas adalah 4.
Contoh lainnya "Berapa?" Jawabannya, 1.

5. Pergi ke Bulan
Pengantar (subjek bisa berubah):
Seseorang pergi ke Bulan bawa 12 barang, barang pertama jaket, barang kedua fanta, barang ketiga makanan

Why?
Perhatikan, "J" untuk Januari, "F" untuk Februari, "M" untuk Maret, "12' dan "Bulan" sebagai Petunjuk. Intinya, cukup jawab benda/objek yang namanya berawalan sama dengannama bulan.

Contoh lainnya yang sepadan:
Banyak jalur darat di pulau Sumatra.
Jalur 1 membawa ahli cabe, jalur 2 membawa medali, jalur 3 membawa padi, jalur 4 membawa pedang baja.

Why?
Perhatikan suatu pulau di Indonesia, "A" dan "C" untuk Aceh, "Me" untuk Medan, "Pa" untuk Padang, "Pe dan Ba" untuk "Pekanbaru". Intinya, nama ibukota provinsi di Pulau Sumatra

6. Segitiga Antara
Petunjuk: "Perhatikan baik-baik"
GM berkata "Perhatikan baik-baik ya! Segitiga antara lapangan SR, Sipil, dan GKU Barat.”
Kemudian GM bertanya jawabannya. Jawabannya, bisa orang atau barang yang diperhatikan

Petunjuk: "Dengarkan baik-baik"
GM berkata "Dengarkan baik-baik ya! Segitiga antara Labtek Kembar, Jam Gadang, GKU Timur.”
Kemudian GM bertanya jawabannya. Harus ada pemain yang nyeletuk "Gak tau, Kak". Lalu pemain lainnya harus menyebut nama temannya yang nyeletuk "Gak tau, Kak" sebagai jawabannya.

Untuk pemilihan tempat, anggap sebuah tempat sebagai titik, lalu pilih tiga tempat yang bisa membentuk segitiga (untuk memberikan kesan permainan ini berdasarkan olah ruang)

7. Mogu-Mogu
Petunjuk: "Mogu-Mogu suka double tapi gak suka single"
Pola pertama, game master akan mengatakan “Mogu-Mogu suka apple, tapi tidak suka apel” atau “Mogu-Mogu suka door tapi gak suka pintu.” Lalu dia akan bertanya: “Mogu-Mogu suka apa lagi?”

Walaupun pernyataan yang dilontarkan GM agak bias, menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Tipsnya adalah cari kata yang mengandung huruf ganda (double).  

Tipikal lainnya adalah GM akan bilang "Mogu-mogu suka kupu-kupu, tapi ga suka komodo".

Buat kalimat yang baru dengan pola yang sama.

Tapi, bisa saja ada kerancuan:
- "kupu-kupu" sebagai serangga, dan "buaya" sebagai reptil, bisa menjadi "Mogu-mogu suka belalang, tapi gak suka buaya"

- ‎"kupu-kupu" sebagai nama hewan yang berulang, dan "buaya" sebagai hewan hutan, bisa menjadi "Mogu-mogu suka laba-laba, tapi gak suka ular"

8. Orang Ketiga
Petunjuk: “Jangan Lupakan Orang Ketika”
Game Master akan mengatakan "Orang pertama Tukul, orang kedua Jojo, orang Ketiga?" Jawaban bisa saja memang nama pemain srimulat atau benar-benar asal.

Intinya, jawabannya harus ditambahkan kata "Orang ketiga ....", dengan nama asal, seperti Setnov, Jokowi, Tarzan, Thanos, dll.

9. Campur Warna
Petunjuk: Warna uang kertas rupiah
Contoh:
- Biru(Rp50 ribu) + Biru(Rp50 ribu) = Merah(Rp100 ribu)
- ‎Biru(Rp50 ribu) + Merah(Rp100 ribu) = (Tetap) Biru Merah
- ‎10 * Coklat(Rp5 ribu) = Biru (Rp50 ribu)

10. Seribu itu Gratis, Gratis itu Seribu.
Petunjuk: “Seribu itu gratis, gratis itu seribu”.
GM akan bertanya harga suatu barang, misalkan ayam goreng. Jawabannya 2000.
Rahasianya adalah huruf a pada setiap kaat dihitung seribu. Kata ‘seribu’ tidak memiliki huruf a sehingga harganya 0 alias gratis. Kata ‘gratis’ memiliki 1 huruf a sehingga dihargai 1000. Kata ‘ayam goreng’ memiliki dua huruf a, maka harganya adalah 2000

Selamat bermain tebak-tebakan asyik ketika berkumpul dengan teman!


Sumber: Teleksrin Ganesha

1 komentar: