Langsung ke konten utama

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card  (sebagian orang menyebutnya que card) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2.

Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kertas A4. Jadinya tidak nyaman dipegang. Belajar dari hal tersebut, pada beberapa kesempatan menjadi MC, saya menyiapkan terlebih dahulu cue card yang nyaman di gunakan.

Beberapa Cue Card yang Pernah Saya buat untuk acara Kampus, Relawan dan Unit Kegiatan Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa tips membuat cue card untuk MC dengan ukuran yang pas, dapat digunakan berulang-ulang dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahan dasar yang saya gunakan adalah kartu pos. Ukuran kartu pos standar (8,9 x 12,7 cm) akan nyaman di genggaman tangan. Bisanya saya mendapatkan kartu pos di kantor pos. Di kantor pos Bandung (Jl. Asia Afrika), kartu pos bisa diperoleh dengan harga Rp2.500/lembar. Desain depan kartu pos tidak terlalu penting karena akan tertutup dengan logo atau gambar acara kita nanti.

Tampak Depan Kartu Pos yang Saya Gunakan

Selanjutnya, dengan menggunakan Ms Word buat text box atau rectangle shape dengan ukuran yang sama dengan postcard. Kemudian persegi panjang tersebut bisa disi dengan logo acara, foto kegiatan atau desain publikasi acara. Agar dapat dipakai berulang-ulang, bisanya Saya menggunakan logo organisasi atau instansinya. Dengan mencantumkan logo kampus misalnya, cue card ini bisa digunakan dalam beragam acara kampus, baik formal maupun informal.

Contoh Desain Cue Card yang Spesifik untuk Acara Tertentu

Jumlah yang dibuat juga dapat disesuaikan dengan jumlah MC yang akan memandu, apakah akan tandem atau sendiri. Saran saya buat 1 cadangan untuk kepentingan mendadak, seperti ada tambahan MC. Ketika mencetak usahakan menggunakan kertas yang baru (bukan kertas re-use yang udah terpakai satu sisanya), untuk menghindari tulisan dari sisi yang sudah terpakai terlihat tembus pandang.

Setelah digunting, tempelkan logo atau poster acara tadi pada sisi bergambar pada kartu pos (sisi depan). Saran saya tempel dengan menggunakan lem kertas yang berbentuk stik. Berdasarkan pengalaman apabila menggunakan lem fox atau double tape, ketika dilaminating nanti akan tercetak bentuknya atau kertasnya bergelombang. 
Sisi Belakang Kartu Pos yang Tidak Bergambar

Terakhir laminating kartu pos yang sudah ditempelkan salah satu sisinya agar membuatnya lebih kokoh, tidak rusak ketika kena air, tidak kotor dan tidak lecek. Ketika akan menulis, gunakan post it untuk menulis di sisi belakang yang masih kosong. Kelebihan menggunakan post it adalah apabila acara sudah selesai dapat langsung dilepas dan diganti dengan post it baru ketika ada cara lainnya.

Bagian Belakang yang Ditempel dengan Post It

Total biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah cue card yang dikustomisasi ini kurang dari Rp10.000, dengan rincian:
Kartu pos (Rp2.500) + Cetak warna (Rp1.000) + Laminating (Rp3.000) + Post it (Rp3.000) = Rp9.500.
Alternatifnya kita bisa saja mencetak cue card ukuran kartu pos sendiri di percetakan dengan menggunakan kertas yang agak tebal (seperti art paper) misalnya, namun kekurangannya adalah tidak sekokoh dengan yang kita buat di atas, risiko kotor dan lecek masih tinggi, dan kurang tahan lama. Demikian penduan untuk membuat sendiri cue card untuk mendukung penampilanmu menjadi Master of Ceremony. Semoga lancar dalam memandu acara!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali