Langsung ke konten utama

[Tips] Melacak Penerbangan dengan Fitur Flightradar24



Pernahkah Kamu menunggu di bandara terlalu lama ketika akan menjemput seseorang?
Pernahkah Kamu penasaran pesawat yang teman Kamu naiki sudah sampe tujuan atau belum?
Atau lebih parahnya lagi mungkin Kamu gak tau kapan jadwal pesawatnya mendarat jadi kamu hanya bisa ngira-ngira berdasarkan jarak tempuhnya?

Kalo kamu menjawab jawaban ‘ya’ di salah satu atau lebih pertanyaan di atas, tenang saja dan jangan berkecil hati. Banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Kendati demikian gak banyak orang yang tau mengenai adanya website yang dapat menjadi solusi kegundahan perihal jadwal penerbangan di atas. Adalah flighradar24.com, nama situs yang menyediakan fitur tracking pesawat.

Saya pertama kali diberitahu mengenai adanya situs ini dan fitur tracking-nya dari April (Aprilia Ria Kasanah). April seneng banget ngeliat tracking posisi pesawat. Telebih kalo pelacakan pesawat yang dinaiki orang tuanya; sudah sampe mana pesawatnya atau kapan jadwal mendaratnya.

Input data yang dibutuhkan hanya kode penerbangan. Dengan memasukkan kode tersebut kita dapat memperoleh berbagai informasi mulai dari posisi pesawat, STD (Standard Time Departure), ATD (Actual Time Departure), STA (Scheduled Time Arrival), ETA (Estimated Time Arrival), serta status dan informasi lain yang berhubungan dengan penerbangan tersebut.

Ada kalanya kita harus menjemput tanpa mengetahui kode penerbangan. Misalkan ada teman kita yang minta dijemput di bandara. Ia hanya mengabarkan waktu dan asal penerbangannya saja. Dalam kasus ini anggaplah ia berkata:
“Nanti malem tolong jemput gua di Sepinggan ya. Gue dari Bengkulu jam 4:50 sore”

Sepinggan adalah nama bandar udara di Balikapapan. Nama lengkapnya adalah Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Penjelasan mengenai keunikan bandara ini akan ditulis dalam postingan lainnya. 

Walaupun udah tau ada fitur tracking pesawat tapi mungkin kita akan bingung karena gak tau primary key yang akan dimasukkan sebagai dasar pencarian pesawat. Nah, untuk menampikkan kegalauan ini kita bisa pakai bantuan situs booking tiket penerbangan seperti Traveloka, Nusatrip dan Tiket.com.

Bagaimana cara cari kode penerbangan lewat website booking pesawat tersebut?
Mari kita gunakan jasa Traveloka untuk mencari solusi soal di atas.
Caranya adalah di Traveloka pilih Kota Asal dan Kota Tujuan di bagian 1 Tujuan Perjalanan. Selanjutnya pilih tanggal berangkat dengan hari yang sama di pekan depannya pada kolom 2 Waktu Penerbangan. Kita disarankan pilih di hari yang sama pada pekan depannya karena belum tentu setiap hari ada penerbangan dengan kode yang sama dari dan ke tujuan yang kita cari. Sebagai perbandingan, penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan dengan Lion Air pada pukul 19:00 WIB ada setiap hari, tetapi keberangkatan ke Denpasar dari Balikpapan dengan masakapai hijau Citilink hanya ada dua kali seminggu.


Mirip kayak mau beli tiker penerbangan biasa


Setelah itu kita cari penerbangan dengan jam yang sesuai dengan yang teman kita katakan. Hasil pencarian Traveloka yang cocok jamnya adalah penebangan Batik Air dengan transit di Jakarta sebagai berikut:


Dapat dilihat waktu lengkap penerbangam, termasuk transitnya


Dari situ kita bisa dapet informasi bahwa estimasinya pesawat dengan kode ID-7205mendarat jam 22:50 WITA. Tapi apakah pesawatnya tepat waktu? Bisa aja delay kan? Makanya kita gunakan flightradar24 untuk cari tau posisi pesawatnya.

Di situs www.flighradar24.com masukkan kode penebangan ‘ID7205’ (Tanpa spasi dan tanda apostrof) di kotak search pada sisi kanan atas. Kita cukup mencari penerbangan yang kedua aja untuk tau waktu mendaratnya.


Masukkan no. penerbangan pada kotak search yang dilingkari hijau

Hasil pencarian: posisi pesawat sedang berada di atas laut Jawa

Estimasi waktu tiba lebih cepat dari yang dijadwalkan


Voila, kita bisa tau deh sekarang posisi pesawat saat itu, kecepatan pesawat, kapan pesawat take off, kapan estimasi waktu tibe di destinasinya dan informasi relevan lainnya terkait penerbangan tersebut. 
Oke, dengan asumsi perjalanan dari rumah ke bandara Sepinggan Balikpapan selama 15 menit. Maka kita bisa berangkat jam 22:18 (15 menit sebelum 22:33, waktu estimasi mendarat) untuk jemput teman kita. Jadi peluang kita nunggu lama dan bosen di bandara akan berkurang jauh. 

Cara lain yang pernah Saya gunakan adalah melacak posisi pesawat yang belum datang. Kala itu penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan dengan kode JT di-delay karena menunggu pesawat dari Banjarmasin. Dengan melakukan langsung yang sama seperti di atas–cari kode penerbangan dari Banjarmasin ke Jakarta.

Flightradar24 bisa ngelacak semua penerbangan yang ada di langit, gak Cuma langit Indonesia saja. Website ini juga memiliki banyak fitur lain yang menarik untuk di-explore. Terlebih sekarang sudah hadir bentuk aplikasinya di smartphone, lebih mudah lagi untuk aksesnya. Silakan baca posting yang ditulis oleh Mas Faisal untuk menambah wawasan mengenai flighradar24 dan dunia penerbangan secara umum di tautan berikut:


Selamat melacak rute-rute penerbangan pesawat! Jangan sampe kecanduan yaa! Hahaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali