Senin, 08 Februari 2016

[Tips] Melacak Penerbangan dengan Fitur Flightradar24



Pernahkah Kamu menunggu di bandara terlalu lama ketika akan menjemput seseorang?
Pernahkah Kamu penasaran pesawat yang teman Kamu naiki sudah sampe tujuan atau belum?
Atau lebih parahnya lagi mungkin Kamu gak tau kapan jadwal pesawatnya mendarat jadi kamu hanya bisa ngira-ngira berdasarkan jarak tempuhnya?

Kalo kamu menjawab jawaban ‘ya’ di salah satu atau lebih pertanyaan di atas, tenang saja dan jangan berkecil hati. Banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Kendati demikian gak banyak orang yang tau mengenai adanya website yang dapat menjadi solusi kegundahan perihal jadwal penerbangan di atas. Adalah flighradar24.com, nama situs yang menyediakan fitur tracking pesawat.

Saya pertama kali diberitahu mengenai adanya situs ini dan fitur tracking-nya dari April (Aprilia Ria Kasanah). April seneng banget ngeliat tracking posisi pesawat. Telebih kalo pelacakan pesawat yang dinaiki orang tuanya; sudah sampe mana pesawatnya atau kapan jadwal mendaratnya.

Input data yang dibutuhkan hanya kode penerbangan. Dengan memasukkan kode tersebut kita dapat memperoleh berbagai informasi mulai dari posisi pesawat, STD (Standard Time Departure), ATD (Actual Time Departure), STA (Scheduled Time Arrival), ETA (Estimated Time Arrival), serta status dan informasi lain yang berhubungan dengan penerbangan tersebut.

Ada kalanya kita harus menjemput tanpa mengetahui kode penerbangan. Misalkan ada teman kita yang minta dijemput di bandara. Ia hanya mengabarkan waktu dan asal penerbangannya saja. Dalam kasus ini anggaplah ia berkata:
“Nanti malem tolong jemput gua di Sepinggan ya. Gue dari Bengkulu jam 4:50 sore”

Sepinggan adalah nama bandar udara di Balikapapan. Nama lengkapnya adalah Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Penjelasan mengenai keunikan bandara ini akan ditulis dalam postingan lainnya. 

Walaupun udah tau ada fitur tracking pesawat tapi mungkin kita akan bingung karena gak tau primary key yang akan dimasukkan sebagai dasar pencarian pesawat. Nah, untuk menampikkan kegalauan ini kita bisa pakai bantuan situs booking tiket penerbangan seperti Traveloka, Nusatrip dan Tiket.com.

Bagaimana cara cari kode penerbangan lewat website booking pesawat tersebut?
Mari kita gunakan jasa Traveloka untuk mencari solusi soal di atas.
Caranya adalah di Traveloka pilih Kota Asal dan Kota Tujuan di bagian 1 Tujuan Perjalanan. Selanjutnya pilih tanggal berangkat dengan hari yang sama di pekan depannya pada kolom 2 Waktu Penerbangan. Kita disarankan pilih di hari yang sama pada pekan depannya karena belum tentu setiap hari ada penerbangan dengan kode yang sama dari dan ke tujuan yang kita cari. Sebagai perbandingan, penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan dengan Lion Air pada pukul 19:00 WIB ada setiap hari, tetapi keberangkatan ke Denpasar dari Balikpapan dengan masakapai hijau Citilink hanya ada dua kali seminggu.


Mirip kayak mau beli tiker penerbangan biasa


Setelah itu kita cari penerbangan dengan jam yang sesuai dengan yang teman kita katakan. Hasil pencarian Traveloka yang cocok jamnya adalah penebangan Batik Air dengan transit di Jakarta sebagai berikut:


Dapat dilihat waktu lengkap penerbangam, termasuk transitnya


Dari situ kita bisa dapet informasi bahwa estimasinya pesawat dengan kode ID-7205mendarat jam 22:50 WITA. Tapi apakah pesawatnya tepat waktu? Bisa aja delay kan? Makanya kita gunakan flightradar24 untuk cari tau posisi pesawatnya.

Di situs www.flighradar24.com masukkan kode penebangan ‘ID7205’ (Tanpa spasi dan tanda apostrof) di kotak search pada sisi kanan atas. Kita cukup mencari penerbangan yang kedua aja untuk tau waktu mendaratnya.


Masukkan no. penerbangan pada kotak search yang dilingkari hijau

Hasil pencarian: posisi pesawat sedang berada di atas laut Jawa

Estimasi waktu tiba lebih cepat dari yang dijadwalkan


Voila, kita bisa tau deh sekarang posisi pesawat saat itu, kecepatan pesawat, kapan pesawat take off, kapan estimasi waktu tibe di destinasinya dan informasi relevan lainnya terkait penerbangan tersebut. 
Oke, dengan asumsi perjalanan dari rumah ke bandara Sepinggan Balikpapan selama 15 menit. Maka kita bisa berangkat jam 22:18 (15 menit sebelum 22:33, waktu estimasi mendarat) untuk jemput teman kita. Jadi peluang kita nunggu lama dan bosen di bandara akan berkurang jauh. 

Cara lain yang pernah Saya gunakan adalah melacak posisi pesawat yang belum datang. Kala itu penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan dengan kode JT di-delay karena menunggu pesawat dari Banjarmasin. Dengan melakukan langsung yang sama seperti di atas–cari kode penerbangan dari Banjarmasin ke Jakarta.

Flightradar24 bisa ngelacak semua penerbangan yang ada di langit, gak Cuma langit Indonesia saja. Website ini juga memiliki banyak fitur lain yang menarik untuk di-explore. Terlebih sekarang sudah hadir bentuk aplikasinya di smartphone, lebih mudah lagi untuk aksesnya. Silakan baca posting yang ditulis oleh Mas Faisal untuk menambah wawasan mengenai flighradar24 dan dunia penerbangan secara umum di tautan berikut:


Selamat melacak rute-rute penerbangan pesawat! Jangan sampe kecanduan yaa! Hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar