Langsung ke konten utama

3 Kejutan di Buka Bersama MTI Chapter Balikpapan



Momen Bukber (Buka Bersama) seringkali dimanfaatkan untuk momen bersilaturahmi. Dalam setahun bisa jadi ajang bertatap muka dengan teman SD, SMP, SMA atau jenjang pendidikan tinggi bisa jadi hanya terjadi satu kali, yakni saat buka puasa bersama tersebut. Bukber sering juga terdengar dalam rangkaian huruf yang berbeda, misalkan ifthar, bukpus (buka puasa) dan bubar (buka bareng) tetapi istilah yang paling sering didengar adalah bukber.

Di Balikpapan, Kalimantan Timur, alumni MTI (Keluarga Mahasiswa Teknik Industri) rutin mengadakan acara buka puasa bersama dan gathering setiap tahunnya. Mungkin komunitas alumni MTI di daerah lain pun sering mengadakan acara sejenis. Konseptor dan panitia acara tersebut biasanya angkatan termuda. Kebetulan Saya (MTI 2011) dan Malik (Abdullah L. Malik, MTI 2010) merupakan angkatan termuda yang sedang berdomisili di Balikpapan ketika Ramadhan 1437 H ini.


 Poster Publikasi yang Dibuat di MS Word


Acara diselenggarakan pada tanggal 23 Juni 2016, sehari setelah acara buka puasa bersama IA (Ikatan Alumni) kampus sektor Kaltim. Buka bersama IA digelar di kediaman Pak Hary Setyawan (Sipil ’85) di Kompleks Perumahan Gunung Karang No. 17, Jl. Longikis. Sebanyak 48 orang alumni menghadiri acara tersebut. 


 
 Sebagian Alumni yang Ada di Kalimantan Timur


Dalam mata acara terdapat kajian dan bedah buku oleh Ust. Akmal Sjafril (Sipil ’99). Beliau aktif full-time di dunia dakwah dan passion beliau ada di ghazwul fikri (perang pemirikan) gerakan Indonesia Tanpa JIL (Jaringan Islam Liberal). Beliau baru menerbitkan dua buah buku berjudul Wujudkan Ramadhan Terbaikmu dan Islam Liberal: Ideologi Delusional. Diskusi menarik mengenai ghazwul fikri di Indonesia berlanjut bahkan hingga 2 jam setelah shalat tarawih.




Dua Buah Buku yang Baru Diterbitkan oleh Ust. Akmal Sjafril 


Kembali ke topik awal, acara bukber A-MTI kali ini bertempat di RM Padang UPIK di daerah Klandasan, dekat RS Pertamina Balikpapan. Menu andalannya adalah makanan minang. Setelah disurvei, rumah makan ini memiliki tempat tertutup ber-AC yang cukup privat, enak untuk dijadikan tempat makan bersama. Jika dibuat kurva regresi, pemilihan tempat di UPIK ini sepertinya membuat garis tren menurun. Tahun-tahun sebelumnya buka bersama digelar di Hotel Blue Sky (4 star hotel), Ocean (restoran sea food yang cozy di pinggir laut) dan Golden Palace (rumah makan chinese food yang top).  

Ada dua tipe penyajian menu di RM Padang UPIK, yakni saji dan hidang. Pada tipe saji beragam makanan disajikan di meja dan kita bebas memilih makanan. Pengunjung hanya membayar apa yang mereka makan. Kebalikannya, hidang adalah tipe penyajian menu ketika pengunjung memilih menu apa saja yang ingin ia santap di etalase kemudian membawanya ke meja. Agar lebih akrab dan suasana kekeluargaan lebih terasa, pada acara bukber ini Kami memilh menu saji.

Ada tiga hal yang berbeda dan tidak biasa dalam acara ini.

  1. Ada Penghias Tempat Acara
Masih terbawa-bawa suasana kampus ketika setiap acara memiliki dekorasi tematiknya, Kami berinisiatif untuk menambahkan hiasan-hiasan pada tempat acara buka puasa bersama. Ternyata dalam acara bukber sebelum-sebelumnya dekorasi tidak lazim ditemui, pun begitu untuk acara makan bersama lainnya. Dengan modal yang sangat terbatas dan barang-barang re-use, jadilah dekorasi minimalis yang menghiasi dinding UPIK. Lambang MTI dicetak di kertas A3 biasa, flag-decoration diperoleh dari hiasan di acara sebelumnya (tulisan ditimba dengan tulisan ‘BUKBER AMTI-BPN’, serta balon (yang kebetulan warna biru) juga diperoleh secara kebetulan. Hampir tidak ada biaya yang keluar untuk desain tersebut. Untungnya walau minimalis dekorasi tersebut diapresiasi oleh kakak-kakak alumni MTI yang datang. Terima kasih, Kakak-kakak!

  1. Ada Doorprize yang Menghilang 
Rencananya akan ada game perkenalan bernama Game Bohong berdasarkan ide dari Kak Dadit (Rakha Perkasa, MTI ’08).  Pemenang game akan mendapatkan hadiah yang menarik


  • Cara bermainnya adalah pertama kita harus menyiapkan kertas yg isinya biodata kosong, tapi yang agak aneh, jangan sekedar nama & angkatan. Misal ada 7 data: nama, angkatan, hobi, pekerjaan, makanan favorit, habit yg dilakukan pertama kali pas bangun tidur, mimpi terakhir yang diingat. 
  • Nanti kertas ini langsung dibagikan ketika alumni datang, lalu diisi, kemudian dimasukin ke wadah. Game dimulai dengan salah satu (mulai dari sekarang kita sebut A) mengambil random kertas, tetapi tidak boleh sampai dapat namanya sendiri. Lalu si A buka dan dia harus tahu itu biodata siapa tanpa bertanya dan tanpa menyebutkan isinya.
  • Setelah si A sudah bener mengenali siapa org yg punya biodata itu (mulai dari sekarang kita sebut B), si B harus berdiri. nah si B harus nunjuk salah satu orang lainnya (mulai dari sekarang kita sebut C).
  • Game dimulai. Si A akan menyebutkan isi biodata si B satu persatu, boleh jujur sesuai yang tertera atau boleh bohong.Ssi C harus menebak data-data mana yang jujur dan data-data mana yang bohong.
  • Hukumannya kalau dia salah tebak lebih dari 3 kali maka dihukum sesuatu sesuai instruksi panitia
  • Kemudian berlanjut, si C akan jadi si A utk memilih kertas berikutnya... dst..dst..
Kak Dadit telah capek-capek dan serius menge-chat aturan game di komunikator tapi sayangnya game tidak jadi dimainkan. Padahal di awal ketika datang alumni telah mengisikan biodata pada kertas pemainan. Ketika bukber para alumni terlarut dalam perbincangan melepas kangen, meng-update kabar dan menyimak cerita dari “tamu” yang datang. Alhasil permainan tertunda dan doorprize yang telah disiapkan untuk memenang dengan terpaksa harus ditahan.
Sorry ya Kak Dadit game-nya gak dipake. Tapi makasih idenya ya!

  1. Ada Tamu Tak Diundang
Undangan bukber kali ini sebenarnya ditujukan untuk alumni-alumni MTI, tetapi jika ada mahasiswa yang sedang KP (Kerja Praktek) atau magang di Balikpapan pun dipersilakan untuk hadir. Awalnya kami hanya mengajak 2 orang MTI 2013 yang sedang menekuni masa KP di Balikpapan, yaitu Angga (Angga Ratna Sari, TI ’13) dan Tania (Yohana Betania, MRI ’13). Tapi kebetulan mereka berdua berhalangan hadir karena ada acara lain.

Tepat sebelum acara dimulai, tiga sosok familiar masuk ke ruangan. Mereka adalah Deedee (Diningtyas Aulia, TI ’13), Sarah (Maisarah Firdaus, TI ’13) dan Zeli (Zeliana Yuanisa, TI ’13) yang juga sedang KP di salah satu perusahaan migas di Balikpapan.  Ternyata mereka baru pulang dari bermain di Pantai Melawai yang terletak berseberangan dengan UPIK, terlihat jejak pasir dari sepatunya. Kebetulan mentor mereka di bagian HSE menyarankan untuk mencoba menu padang di UPIK yang terkenal kenikmatannya itu. Berbekal rekomendasi tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk berbuka puasa di sana.

Awalnya waktu masuk ruangan AC yang dipesan mereka bertiga terlihat celingukan bingung. Saya kira mereka datang karena diundang oleh Angga jadi langsung Kami sambut dengan meriah. Ekspresi bingung mereka semakin menjadi jadi karena ternyata mereka tidak tahu menahu mengenai acara buka puasa bersama ini. Tidak ada undangan maupun pemberitahuan yang diterima oleh mereka. Pun demikian mereka tetap penasaran masuk ke ruangan AC di UPIK.
 “Kok kalian berani masuk?”, tanya Malik
“Soalnya kami liat logo MTI, Kak.” Jawab mereka bertiga kompak.
Ternyata dekorasinya memiliki manfaat lain selain sebagai backgorund foto ya. 

Berhubung Deedee, Sarah dan Zeli merupakan angkatan termuda (dan statusnya masih anggota aktif) kami banyak mendengarkan cerita seru mengenai perkuliahan, dosen-dosen, himpunan, gedung labtek III yang baru dan banyak hal lain perihal kemahasiswaan. Alumni yang sudah senior dapat merasa terkenang kembali kepada masa-masa kuliah dulu. Saya pribadi jadi kangen dan rencananya ketika pulang ke Bandung pas lebaran nanti ingin menyempatkan diri datang ke kampus. 


Alumni MTI + 3 orang anggota aktif MTI di Balikpapan


Benar-benar kejutan karena ternyata tahun ini ada total 5 orang anak MTI yang KP di kota minyak ini. Selain ajang silaturahmi dan lepas kangen momen bukber MTI kali ini bisa juga jadi sarana jalin komunikasi dan koneksi dengan alumni. Terima kasih kepada kakak-kakak dan adik-adik yang telah hadir di acara Bukber MTI cabang Balikpapan tahun ini. Ditunggu di acara MTI dan IA selanjutnya!


Avanti MTI!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali