Sabtu, 25 Juni 2016

3 Kejutan di Buka Bersama MTI Chapter Balikpapan



Momen Bukber (Buka Bersama) seringkali dimanfaatkan untuk momen bersilaturahmi. Dalam setahun bisa jadi ajang bertatap muka dengan teman SD, SMP, SMA atau jenjang pendidikan tinggi bisa jadi hanya terjadi satu kali, yakni saat buka puasa bersama tersebut. Bukber sering juga terdengar dalam rangkaian huruf yang berbeda, misalkan ifthar, bukpus (buka puasa) dan bubar (buka bareng) tetapi istilah yang paling sering didengar adalah bukber.

Di Balikpapan, Kalimantan Timur, alumni MTI (Keluarga Mahasiswa Teknik Industri) rutin mengadakan acara buka puasa bersama dan gathering setiap tahunnya. Mungkin komunitas alumni MTI di daerah lain pun sering mengadakan acara sejenis. Konseptor dan panitia acara tersebut biasanya angkatan termuda. Kebetulan Saya (MTI 2011) dan Malik (Abdullah L. Malik, MTI 2010) merupakan angkatan termuda yang sedang berdomisili di Balikpapan ketika Ramadhan 1437 H ini.


 Poster Publikasi yang Dibuat di MS Word


Acara diselenggarakan pada tanggal 23 Juni 2016, sehari setelah acara buka puasa bersama IA (Ikatan Alumni) kampus sektor Kaltim. Buka bersama IA digelar di kediaman Pak Hary Setyawan (Sipil ’85) di Kompleks Perumahan Gunung Karang No. 17, Jl. Longikis. Sebanyak 48 orang alumni menghadiri acara tersebut. 


 
 Sebagian Alumni yang Ada di Kalimantan Timur


Dalam mata acara terdapat kajian dan bedah buku oleh Ust. Akmal Sjafril (Sipil ’99). Beliau aktif full-time di dunia dakwah dan passion beliau ada di ghazwul fikri (perang pemirikan) gerakan Indonesia Tanpa JIL (Jaringan Islam Liberal). Beliau baru menerbitkan dua buah buku berjudul Wujudkan Ramadhan Terbaikmu dan Islam Liberal: Ideologi Delusional. Diskusi menarik mengenai ghazwul fikri di Indonesia berlanjut bahkan hingga 2 jam setelah shalat tarawih.




Dua Buah Buku yang Baru Diterbitkan oleh Ust. Akmal Sjafril 


Kembali ke topik awal, acara bukber A-MTI kali ini bertempat di RM Padang UPIK di daerah Klandasan, dekat RS Pertamina Balikpapan. Menu andalannya adalah makanan minang. Setelah disurvei, rumah makan ini memiliki tempat tertutup ber-AC yang cukup privat, enak untuk dijadikan tempat makan bersama. Jika dibuat kurva regresi, pemilihan tempat di UPIK ini sepertinya membuat garis tren menurun. Tahun-tahun sebelumnya buka bersama digelar di Hotel Blue Sky (4 star hotel), Ocean (restoran sea food yang cozy di pinggir laut) dan Golden Palace (rumah makan chinese food yang top).  

Ada dua tipe penyajian menu di RM Padang UPIK, yakni saji dan hidang. Pada tipe saji beragam makanan disajikan di meja dan kita bebas memilih makanan. Pengunjung hanya membayar apa yang mereka makan. Kebalikannya, hidang adalah tipe penyajian menu ketika pengunjung memilih menu apa saja yang ingin ia santap di etalase kemudian membawanya ke meja. Agar lebih akrab dan suasana kekeluargaan lebih terasa, pada acara bukber ini Kami memilh menu saji.

Ada tiga hal yang berbeda dan tidak biasa dalam acara ini.

  1. Ada Penghias Tempat Acara
Masih terbawa-bawa suasana kampus ketika setiap acara memiliki dekorasi tematiknya, Kami berinisiatif untuk menambahkan hiasan-hiasan pada tempat acara buka puasa bersama. Ternyata dalam acara bukber sebelum-sebelumnya dekorasi tidak lazim ditemui, pun begitu untuk acara makan bersama lainnya. Dengan modal yang sangat terbatas dan barang-barang re-use, jadilah dekorasi minimalis yang menghiasi dinding UPIK. Lambang MTI dicetak di kertas A3 biasa, flag-decoration diperoleh dari hiasan di acara sebelumnya (tulisan ditimba dengan tulisan ‘BUKBER AMTI-BPN’, serta balon (yang kebetulan warna biru) juga diperoleh secara kebetulan. Hampir tidak ada biaya yang keluar untuk desain tersebut. Untungnya walau minimalis dekorasi tersebut diapresiasi oleh kakak-kakak alumni MTI yang datang. Terima kasih, Kakak-kakak!

  1. Ada Doorprize yang Menghilang 
Rencananya akan ada game perkenalan bernama Game Bohong berdasarkan ide dari Kak Dadit (Rakha Perkasa, MTI ’08).  Pemenang game akan mendapatkan hadiah yang menarik


  • Cara bermainnya adalah pertama kita harus menyiapkan kertas yg isinya biodata kosong, tapi yang agak aneh, jangan sekedar nama & angkatan. Misal ada 7 data: nama, angkatan, hobi, pekerjaan, makanan favorit, habit yg dilakukan pertama kali pas bangun tidur, mimpi terakhir yang diingat. 
  • Nanti kertas ini langsung dibagikan ketika alumni datang, lalu diisi, kemudian dimasukin ke wadah. Game dimulai dengan salah satu (mulai dari sekarang kita sebut A) mengambil random kertas, tetapi tidak boleh sampai dapat namanya sendiri. Lalu si A buka dan dia harus tahu itu biodata siapa tanpa bertanya dan tanpa menyebutkan isinya.
  • Setelah si A sudah bener mengenali siapa org yg punya biodata itu (mulai dari sekarang kita sebut B), si B harus berdiri. nah si B harus nunjuk salah satu orang lainnya (mulai dari sekarang kita sebut C).
  • Game dimulai. Si A akan menyebutkan isi biodata si B satu persatu, boleh jujur sesuai yang tertera atau boleh bohong.Ssi C harus menebak data-data mana yang jujur dan data-data mana yang bohong.
  • Hukumannya kalau dia salah tebak lebih dari 3 kali maka dihukum sesuatu sesuai instruksi panitia
  • Kemudian berlanjut, si C akan jadi si A utk memilih kertas berikutnya... dst..dst..
Kak Dadit telah capek-capek dan serius menge-chat aturan game di komunikator tapi sayangnya game tidak jadi dimainkan. Padahal di awal ketika datang alumni telah mengisikan biodata pada kertas pemainan. Ketika bukber para alumni terlarut dalam perbincangan melepas kangen, meng-update kabar dan menyimak cerita dari “tamu” yang datang. Alhasil permainan tertunda dan doorprize yang telah disiapkan untuk memenang dengan terpaksa harus ditahan.
Sorry ya Kak Dadit game-nya gak dipake. Tapi makasih idenya ya!

  1. Ada Tamu Tak Diundang
Undangan bukber kali ini sebenarnya ditujukan untuk alumni-alumni MTI, tetapi jika ada mahasiswa yang sedang KP (Kerja Praktek) atau magang di Balikpapan pun dipersilakan untuk hadir. Awalnya kami hanya mengajak 2 orang MTI 2013 yang sedang menekuni masa KP di Balikpapan, yaitu Angga (Angga Ratna Sari, TI ’13) dan Tania (Yohana Betania, MRI ’13). Tapi kebetulan mereka berdua berhalangan hadir karena ada acara lain.

Tepat sebelum acara dimulai, tiga sosok familiar masuk ke ruangan. Mereka adalah Deedee (Diningtyas Aulia, TI ’13), Sarah (Maisarah Firdaus, TI ’13) dan Zeli (Zeliana Yuanisa, TI ’13) yang juga sedang KP di salah satu perusahaan migas di Balikpapan.  Ternyata mereka baru pulang dari bermain di Pantai Melawai yang terletak berseberangan dengan UPIK, terlihat jejak pasir dari sepatunya. Kebetulan mentor mereka di bagian HSE menyarankan untuk mencoba menu padang di UPIK yang terkenal kenikmatannya itu. Berbekal rekomendasi tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk berbuka puasa di sana.

Awalnya waktu masuk ruangan AC yang dipesan mereka bertiga terlihat celingukan bingung. Saya kira mereka datang karena diundang oleh Angga jadi langsung Kami sambut dengan meriah. Ekspresi bingung mereka semakin menjadi jadi karena ternyata mereka tidak tahu menahu mengenai acara buka puasa bersama ini. Tidak ada undangan maupun pemberitahuan yang diterima oleh mereka. Pun demikian mereka tetap penasaran masuk ke ruangan AC di UPIK.
 “Kok kalian berani masuk?”, tanya Malik
“Soalnya kami liat logo MTI, Kak.” Jawab mereka bertiga kompak.
Ternyata dekorasinya memiliki manfaat lain selain sebagai backgorund foto ya. 

Berhubung Deedee, Sarah dan Zeli merupakan angkatan termuda (dan statusnya masih anggota aktif) kami banyak mendengarkan cerita seru mengenai perkuliahan, dosen-dosen, himpunan, gedung labtek III yang baru dan banyak hal lain perihal kemahasiswaan. Alumni yang sudah senior dapat merasa terkenang kembali kepada masa-masa kuliah dulu. Saya pribadi jadi kangen dan rencananya ketika pulang ke Bandung pas lebaran nanti ingin menyempatkan diri datang ke kampus. 


Alumni MTI + 3 orang anggota aktif MTI di Balikpapan


Benar-benar kejutan karena ternyata tahun ini ada total 5 orang anak MTI yang KP di kota minyak ini. Selain ajang silaturahmi dan lepas kangen momen bukber MTI kali ini bisa juga jadi sarana jalin komunikasi dan koneksi dengan alumni. Terima kasih kepada kakak-kakak dan adik-adik yang telah hadir di acara Bukber MTI cabang Balikpapan tahun ini. Ditunggu di acara MTI dan IA selanjutnya!


Avanti MTI!

1 komentar:

  1. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus