Jumat, 05 Agustus 2016

Mati Lampu Ketika Nonton di Bioskop itu Rasanya... SERU!



Suicide squad adalah film terbaru dari DC Comics yang bercerita bagaimana penjagan-penjahat berkekuatan super (super villain) berjuang mengalahkan musuh yang akan menghancurkan bumi. Film ini menarik karena jarang film yang membahas dari segi antagonis. Awalnya Saya tidak ngeh mengenai film ini. Setelah diceritakan oleh rekan-rekan bahwa di film ini ada Joker yang diperankan oleh Jared Leto dan sempat ramai diperbincangkan, akhirnya Saya memutuskan untuk menontonnya.

Saya bersama Mas Galieh (Galieh Wicaksono), Taufiq (Al Taufiq Arifin), Mimin (Muslimin), Aini (adiknya Mimin), dan Malik (Abdullah L Malik) memutuskan untuk menonon Suicide Squad di hari penayangan premier-nya, pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 18.00 WITA di Mall Balcony Balikpapan. Harga tiket nonton di Balcony terbilang cukup murah, pada hari biasa adalah Rp 45.000. Terlebih dulu kami membeli tiketnya online dengan member Mas Galieh.

Poster Suicide Squad di Bioskop


Kami keasyikan ngobrol, baru sekitar jam 6 sore Saya dan Malik berangkat ke Balcony. Malik terlihat agak kesal dan ia memutuskan untuk mengambil alih kemudi. Sekitar Pukul 18:15 kami tiba di bioskop, tiket telah dititipkan oleh Mas Galieh terlebih dahulu kepada pramuniaga. Ini merupakan kali pertama Saya memasuki bioskop di tersebut. Bioskop ada di lantai 6 dan akses elevator cukup terbatas. Naik dengan menggunakan eskalator tidak menjadi pilihan karena hampir seluruh eskalator tidak aktif.

 
Ngantri cukup panjang, untung sudah beli tiket duluan :P


Balcony adalah contoh mall yang sudah “sekarat” dan butuh perombakan agar dapat menjadi lebih hidup lagi. Banyak toko yang tutup. Kalaupun masih buka terlihat sepi dan cukup mengenaskan melihat pegawai tokonya berkeringat kepanasan karena AC di mall tersebut tidak dihidupkan. Tapi nanti ada wacana Carefour akan masuk ke toko ini dan menjadi pesaing berat Hypermart di mall sebelahnya. Bisa jadi mall Balcony hidup kembali.

Walaupun mallnya sepi, bioskop cukup padat kok.


Kembali ke film, nampaknya beberapa adegan pembuka terlewatkan. Saya masuk ketika adegan Waller menerangkan proposal rencananya  kepada Batman. Pukul 18.24 alarm tanda waktu maghrib bergetar. Saya, Malik dan Taufiq keluar untuk sholat Maghrib terlebih dahulu di mushola di lantai 3A.

Film tersebut sebenarnya cukup seru, Saya menyukai konsep mengunakan kekuatan super “penjahat”—jahat baik sebenarnya relatif—untuk menaklukan musuh yang lebih jahat. Namun, ketika adegan helikopter yang dipakai Mas Joker menyelamatkan Mbak Harley meledak mendadak lampu mati. Erangan kecewa penonton terdengar menggaung di gedung bioskop. Mati lampu berlangsung sekitar 2 – 3 menit. Mungkin selama waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan genset terlebih dahulu. Setelah itu lampu menyala namun layar belum menayangkan film kembali.


MATI LAMPU saat nonton

Sekitar 5 menit menunggu kami menghabiskan waktu dengan membahas mengenai konten film. Dengan menyalanya lampu Saya dapat lebih bebas mengamati keadaan sekitar. Ruangan teater terlihat agak lengang, kurang dari setengah bangku yang terisi, padahal hari itu penayangan premier-nya. Terlihat ada remaja-remaja yang asyik foto selfie, keluarga yang bermain dengan anaknya serta penonton pria yang keluar untuk membeli popcorn. Rombongan kami sendiri mengobrol di kursi dan tidak beranjak.

Ini bukan teater bioskopnya yang sepi, emang lagi pada keluar dulu


Kemudian lampu mati dan proyektor kembali menyorotkan film Suicide Squad. Sorak sorai penonton pun terdengar riuh di ruangan. Lucunya, adegan diulang sekitar 3 menit dari adegan terakhir. Layar menayangkan adegan ketika Pak Deadshot mengeker dan menembak Mbak Harley.

“Yaah, kayak nonton DVD”, seru Mas Galieh.

Adegannya Déjà Vu, kayak udah pernah lihat sebelumnya, haha


Pengalaman-pengalaman sebelumnya nonton bioskop belum pernah berhenti karena mati lampu dan filmnya dimundurkan seperti ini. Lucu dan menarik untuk diceritakan sih. Ketika di kota lain belum tentu Saya dapat merasakan hal yang sama, hahaha. Bagi Saya malah jadi terhibur, bukan kesal atau kecewa.


Credit akhir film Suicide Squad

Selanjutnya pemutaran film berlangsung aman dan lancar hingga credit terakhir. Karena spoiler itu kurang elok, tulisan ini tidak memuat bocoran adegan lebih banyak lagi. Akhirnya setelah film selesai kami berfoto ria di depan bioskop. 
  
 

 Boleh lah, ikut mejeng sedikit

1 komentar: