Senin, 01 Agustus 2016

Mudahnya Menjual Motor Bekas di Situs OLX.co.id

Di awal bulan Agustus 2016 ini, Malik (Abdullah L. Malik) mendadak harus pulang ke Jakarta. Pada bulan November 2015 lalu dia membeli motor Honda CS 1 Sport warna merah. Dari pada tidak terpakai, kami memutuskan untuk menjual motor tersebut. 


Honda CS 1 Sport Red kesayangan Pak Abdul


Rencana awalnya karena masih ada tenggat waktu satu minggu, kami bertanya harga pasar terlebih dahulu di dealer-dealer motor second di daerah Karang Rejo Balikpapan. Dari 4 dealer yang disurvei, seluruhnya mematok harga motor tahun 2010 tersebut 3 juta rupiah pas. Padahal motor CS1 tersebut masih mulus dan deru mesinnya halus. Kalau transaksi di dealer atau showroom motor seringkali mereka menjual motor bekas dengan harga tinggi dan membeli motor tangan kedua dengan harga yang serendah-rendahnya.

Berharap mendapatkan penawaran yang lebih menarik, kami berinisiatif mencoba memasang iklan di situs olx.co.id (dulu bukalapak.com). Situs ini memposisikan dirinya sebagai tempat transaksi barang bekas online dengan tagline-nya “Punya barang tidak terpakai? Jual saja di olx.co.id”. Rencananya jika sampai 1 bulan setelah pemasangan iklan motor tersebut belum laku juga, Saya diperbolehkan melepasnya di dealer dengan harga Rp 3 juta.

Sebelumnya Saya ataupun Malik belum ada yang pernah menjual sesuatu via olx.co.id. Namun kebetulan sebelumnya Saya telah memiliki akun, akhirnya pemasangan iklan menggunakan akun tersebut. Saya pribadi suka desain layout website olx yang sederhana dan tidak banyak warna, membuat mata tidak cepat lelah. Pengategorian produk juga sudah berdasarkan kota dan provinsi, jadi memudahkan untuk mencari produk yang dekat dengan domisili.

Prosedur pemasangan iklan cukup mudah. Kita tinggal mengisi kolom-kolom yang telah disediakan. Bahkan menariknya ketika memilih kategori motor, sudah ada pilihan scroll-down yang berisi pilihan merk motor, tipe kendaran dan tahun. Harga penjualan kita dapat menentukan di awal, tapi terdapat juga opsi untuk Nego apabila ada kemungkinan menurunkan harga jual. 


 
 Memasang Iklan di OLX


Dengan menggunakan prinsip ATM (Amati-Tiru-Modifikasi), Kami mengisi kolom deskripsi iklan dengan meniru contoh dari iklan-iklan CS1 yang lainnya. Kebetulan di Balikpapan hanya ada dua orang yang menjual motor CS1, jadi kebanyakan Kami mengambil referensi deskripsi dari pemasang iklan CS1 di kota lain.

Ketika menuliskan iklan tuliskan kondisi yang sebenarnya, termasuk kekurangan dalam produk yang diiklankan.  Selain menuliskan bahwa - Surat-surat lengkap (STNK & BPKB), mesin halus dan siap pakai, body full orisinil, kami juga menuliskan terdapat minus lecet pemakaian, spion modif (merk Monster), dan minus Speedometer agak buram. Susun deskripsi iklan sejelas dan selengkap mungkin agar calon pembeli lebih percaya dan tertarik untuk menghubungi kita.

Gambar yang dipajang juga mendukung proses penjualan barang. Menurut olx, pemasangan gambar dapat menaikkan probabilitas pembelian hingga 5 kali lipat. Wajar saja, jika pasang iklan tanpa gambar bagaimana orang dapat membayangkan produknya seperti apa? Ketika memfoto motor, kami berasumsi bahwa latar belakang memegang peranan penting untuk menghasilkan foto motor yang keren. Kami memilih pelataran Mesjid Jami Al-Mahmud di Karang Jawa sebagai latar belakang foto. Jika foto di samping motor terdapat selokan atau gang yang kumuh agaknya orang akan enggan untuk melirik. Kebetulan matahari sedang cerah sehingga tidak dibutuhkan pencahayaan tambahan untuk membuat motor terlihat gagah. Plat nomor sengaja kami sensor agar tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Foto-Foto yang Minimal ada:

 Tampak Depan
 Tampak Samping Kanan
  
 Tampak Samping Kiri
 Tampak Belakang

 
Situs olx juga menawarkan tiga jenis promosi berbayar, yakni:  (1) Top Listing:  iklan akan ada di bagian paling atas di kategori produk yang diiklankan, berlaku selama 7 hari  dengan biaya Rp 50.000, (2) Latar kuning:  Iklan akan diberikan latar belakang kuning, sehingga berbeda dengan iklan lainnya, akan berlaku selama 30 hari dengan biaya Rp 10.000 serta (3) Label Istimewa: Iklan akan diberikan label “Istimewa” yang menandakan kondisi produk, akan berlaku selama 30 hari dengan harga Rp 10.000. Untuk kali ini kami memilih untuk tidak mengeluarkan biaya untuk beriklan.


 Iklan di OLX


Sekitar jam 17 WITA iklan selesai dibuat dan di-posting di olx dengan harga bukaan Rp 4.7 jt. Selang sepuluh menit, sudah ada dua orang yang mengirim pesan singkat menanyakan motornya. Ada juga yang menanyakan via WA dan menelepon langsung. Antusiasme pengunjung olx sepertinya cukup tinggi terhadap motor sport tersebut. Honda CS1 memang tidak diproduksi lagi dan untuk ukuran motor sport tergolong murah dan cukup keren jika dibandingkan dengan Suzuki Satria. Menjelang pukul 6, kurang lebih ada 11 orang yang menyatakan berminat dan bertanya-tanya mengenai motornya. Bahkan dua orang diantaranya meminta bertemu untuk mengecek kondisinya secara langsung. Agar memudahkan, Saya simpan nomornya di HP dengan nama ‘Calon Motor 1’ s/d ‘Calon Motor 11’.


Banyaknya peminat motor CS1 di Balikpapan


Pukul 19 WITA Saya dan teman-teman Balikpapan yang lain ada janji untuk makan malam di Sabindo. Di tengah obrolan Seru, ada telepon masuk dari Calon Motor 9 yang bilang sudah di Karang Jawa untuk melihat produknya. Singkat cerita, Saya, Malik, Mimin (Muslimin) dan Taufiq (Al Taufiq Arifin) langsung menuju TKP untuk transaksi.

Orang yang berminat menawar bernama Mas Akbar (Syaiful Akbar) yang tinggal di daerah Sepinggan. Kondisi motor, mesin dan body, di cek. Sesuai deskripsi. Selain kondisi fisik, kekurangannya hanya pajaknya yang mati satu tahun (habis bulan Juni 2016 namun belum sempat perpanjang karena bulan puasa dan pulang ketika lebaran). Malik sempat melakukan beberapa serangan persuasif seperti mesinnya yang tidak pernah rewel, oli yang rutin diganti dengan yang kualitas baik (Oli merk Shell) serta air radiator yang masih bagus. Proses penawaran berlangsung cukup cepat. Katanya kalau penggemar otomotif telah menjatuhkan pilihan akan cepat untuk deal.  

Akhirnya motor dilepas dengan kesepakatan harga 4 juta rupiah pas. Dalam 4 jam setelah pasang iklan, sudah closing 1 motor secondhand tanpa memasang iklan berbayar dan effort yang besar! Menurut Saya itu sesuatu yang luar biasa. Kalau kata Malik waktu transaksi dengan pembelinya, ketika beli motor bekas yang penting mesin dan elektronikanya masih bagus. Jika salah satu atau keduanya rusak jangan sekali-kali membeli motor tersebut.

Setelah sepakat, kami mengambil STNK dan BPKB di kostan Malik di Karang Jawa. Hal menarik terjadi di sini. Pengecekkan nomor rangka dan nomor mesin menguras banyak dan tenaga dan waktu kami. Kami berlima sempat kesulitan untuk mencari letak kedua nomor tersebut walau sudah dengan bantuan senter HP sekalipun. Akhirnya setelah googling dan melihat video tutorial di youtube nomor mesin dapat ditemukan di rumah mesin di dekat standar motor, dan nomornya cocok. Namun seberapa keras usaha dan banyaknya posisi yang kami coba setelah sejam belum dapat menemukan dimana letak nomor rangka.

Akhirnya kami menyerah karena lelah. Mas Akbar memutuskan untuk percaya dan segera mentransfer uangnya karena sudah hampir tengah malam. Transaksi dilakukan secara tunai di ATM BCA di Karang Jati. Setelah itu kami mengantarkan motornya ke rumah kakak Mas Akbar di Karang Rejo. Setelah itu tak lupa kami menutup iklan di olx dan mengirim SMS kepada seluruh peminat motor sebelumnya bahwa SC1 merah tersebut telah terjual. Hingga keesokan pagi masih ada yang menghubungi. Total ada 13 orang yang mengontak dari referensi iklan tersebut.


Malik, pemilik motor sebelumnya yang masih belum rela melepas kendarannya
Akbar, pemilik motor baru yang sudah tidak sabar memamerkan motor barunya


Transaksi di olx.co.id relatif mudah dan cepat, bahkan lebih cepat dari estimasi awal. Dalam waktu kurang dari satu hari saja iklan yang kami pasang sudah laku. Impresi penjualan pertama Saya di olx sangat bagus. Tidak menutup kemungkinan akan ada iklan barang-barang bekas lainnya yang Saya jual di olx.

1 komentar: