Langsung ke konten utama

Surat Mimpi Anak TuOn: Berbagi Inspirasi dengan Anak di Tapal Batas Utara Indonesia

Surat Mimpi berkolaborasi dengan Bu Vera Ningsih, Pengajar Muda Indonesia Mengajar di SDN 003 Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Lokasi sekolah TuOn (TUlin ONsoi) berdasarkan cerita Bu Vera agak jauh ke pedalaman. Dari Kabupaten perlu menyusuri sungai sekitar 2 jam, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar 1 jam.

Desa TuOn kehidupannya masih menggunakan hukum adat. Suku yang dominan yaitu suku Dayak Agabang. Mata pencaharian masyarakat yaitu berkebun, terutama kebun sawit. Permasalahan yang ditemui untuk anak usia sekolah adalah masih banyak anak yang menikah muda setelah lulus SD serta tidak melanjutkan sekolah karena bekerja di kebun.

Anak-Anak TuOn berpose di depan sekolah
Sumber: Galeri Foto Grup WA Kakak Surat

Konsepnya adalah 20 anak di sekolah TuOn dipasangkan dengan satu orang kakak asuh yang akan rutin berbalas surat untuk memberikan akses informasi, semangat, inspirasi, dan kasih sayang secara personal. Target periode pengiriman surat adalah 1 tahun. Bu Vera dan tim akan mengusahakan dapat berkirim surat satu bulan sekali dengan estimasi: 2 minggu perjalanan surat ke lokasi adik surat, 1 minggu adik menulis surat, 1 minggu penyusunan konden dan kakak surat menulis balasan. Jadi selama 1 tahun bila tidak ada kendala bisa berkirim surat 12 kali.

Setelah dilakukan perjodohan adik surat, tibalah instruksi untuk menulis surat yang pertama. Saya memperoleh sepucuk surat dari Adik Yeremias. Para adik menuliskan surat mereka di selembar kertas dengan tangan kanan mereka. Ketika membacanya, jujur. Saya merasa terharu karena walaupun struktur bahasa di tulisan tersebut masih belum rapi, mereka sudah berusaha keras mencurahkan isi hati mereka dan dalam secarik kertas. Ada yang mencantumkan banyak sekali pertanyaan, ada yang menceritakan kondisi desa mereka, ada pula yang membubuhkan gambar-gambar di suratnya.

Surat pertama dari Yeremias, gambarnya bagus

Terdapat beberapa kakak surat yang mengalami kendala ketika mendapat surat pada awalnya. Misalkan Kak Riska yang agak kesulitan membaca surat dik Claudio yang menulis menggunakan Bahasa daerahnya. Atau Kak Reza yang sedikit kebingungan dengan beberapa kata dan istilah pada surat dari adik Marianus. Tapi secara umum maksud dari surat tersebut dapat kami pahami.

Surat dari adik Marianus

Tulisan tangan Claudio

Awalnya kami mengirimkan surat ke pengelola surat mimpi via email atau pos ke alamat di Jogja. Selanjutnya surat yang terlah terkumpul akan diteruskan ke alamat Bu Vera di Tulin Onsoi. Biaya mengiriman mencapai Rp 107.400 dengan berat paket 1.3 kg. Cukup berat karena ada beberapa kakak yang berinisiatif lebih dengan menyumbangkan buku, peta atau alat pendukung pendidikan lainnya. Bianyanya lebih mahal dibandingkan mengirimkan paket ke negeri Sakura, hahaha! Pengiriman menggunakan kilat khusus pos Indonesia mencapai 11 hari. Akhirnya dengan perantara Bu Vera, surat yang ditunggu dapat diterima oleh masing-masing anak kelas 5.
                                                                     
Kotak mimpi anak TuOn sudah sampai dengan selamat 
Sumber: Galeri Foto Grup WA Kakak Surat

Unboxing surat-surat dari kakak surat TuOn akan Saya tulis dalam sebuah post khusus berikutnya.                

Tulisan ini Saya buat dalam rangka antusias menunggu balasan surat ke-2 dari adik TuOn serta untuk memotivasi diri sendiri agar lebih semangat dan lebih totalitas dalam mencurahkan cinta kasih untuk mengembangkan pendidikan adik asuh di TuOn. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali