Selasa, 28 Agustus 2018

Lifehack Agar dapat Santai Parkir Dimanapun

Sebagai penghuni rumah pernahkah Kamu merasa kesal karena ada kendaraan yang sembarangan parkir di depan pagar rumahmu? Atau mungkin ada kendaraan besar yang melintang di depan tokomu? Kalau kamu membawa mobil, pernahkah merasa kesulitan mencari tepat parkir atau khawatir menghalangi jalan kalau parkir? Tips pada tulisan ini semoga bisa memberikan alternatif cara untuk parkir “sembarangan” tetapi tidak menyusahkan orang lain.

Terkadang ada kalanya kita harus parkir mendadak di pinggir jalan walau hanya sebentar. Dan tidak ada tempat lain selain didepan rumah atau toko orang. Ditambah lagi kita khawatir apabila parkir di sana akan mengganggu orang lain. Padahal belum tentu ketika parkir ada kendaraan lain yang mau keluar dan/atau masuk bangunan di depan tempat kita parkir.

Masalah utama yang perlu diketahui adalah ketimpangan informasi: pemilik rumah/bangunan yang terhalangi oleh mobil yang parkir tidak tahu siapa pemilik kendaraan dan bagaimana menghubunginya. Untuk menuntaskan masalah tersebut, dan membuka peluang kita untuk parkir di depan rumah/toko orang, Saya mengusulkan untuk membuat papan informasi mengenai pemilik mobil dan bagaimana menghubunginya. Sign board yang Saya buat kira-kira berbentuk seperti ini:

Walaupun namanya board tapi bahannya kertas biasa

Papan informasi tersebut dibuat pada kertas HVS ukuran A4 dengan jenis tulisan Impact berukuran 90. Tulisan dicetak tebal berwarna hitam. Setelah dicetak, kertas tersebut kemudian dilaminating agar tidak lecek dan tidak rusak jika terkena air. Biasanya Saya pasang di depan dashboard kendaraan ketika parkir.

Kata-kata yang dicantumkan adalah “Maaf, izin parkir sebentar. Darurat. Hubungi : (bukan nama asli) (nomor telepon)”. Kata ‘darurat’ membuat seolah-olah alasan parkir kita di sana penting; walaupun ternyata hanya mampir ke minimarket untuk beli minuman saja. Pastikan juga kata-kata tersebut jelas terbaca dari luar.

Bisa dipasang di dalam atau di luar kendaraan (diselipkan di wiper)

Alasan penggunaan nama alias pada sign board tersebut adalah untuk menghindari penipuan. Apabila mencantumkan nama asli. Orang yang memiliki niat jahat dapat kemudian menghubungi nomor tersebut dengan menggunakan nama asli Saya untuk penipuan (undian berhadiah hingga anak kecelakaan), Saya akan langsung tahu bahwa sang penelepon mengetahui nomor Saya dari sign board yang dipasang di mobil.

Sepengalaman Saya menggunakan trik ini, belum pernah ada yang menghubungi karena merasa terhalangi. Tetapi manfaat terbesar Saya adalah tidak lagi merasa nggak enak, takut ngalangin ketika harus parkir di depan rumah atau bangunan milik orang lain di pinggir jalan. Jadi dapat melakukan aktivitas dengan tenang. Kawan-kawan dapat juga mempraktikkan tips ini, tetapi juga perhatikan bahwa tempat parkir tersebut tidak ada marka dilarang parkir atau berhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar