Senin, 27 Agustus 2018

Mengasah Kemampuan Presentasi pada Kelas Advanced Ganesha Public Speaking (Part 2)

Melanjutkan cerita sebelumnya, post ini akan membahas mengenai aktivitas di kelas pada training Advanced dari Ganesha Public Speaking hari ke-2. Materinya yang dibahas adalah make over slide presentasi dan praktik presentrasi masing-masing orang. Sesi pagi mengenai pembuatan slide dipandu penuh oleh trainer Mas Panji Priambudi.

Peserta dan Tim Training Advanced Public Speaking Angkatan ke-167

Pada training ini, media untuk membuat slide presentasi yang digunakan adalah Ms. Power Point. Walaupun banyak media lain untuk mendesain slide seperti Prezi, Canva, Corell Draw, dsb, power point sudah familiar, mudah diaplikasikan dan up-to-date. Kami berfokus untuk menyiapkan slide yang memukau. Kuncinya 2 hal, sederhana dan optimal. Mas Panji membedah bagaimana membuat slide yang Sederhana *menyajikan hanya 1 pesan dalam 1 slide) dan Optimal (memenuhi kaidah desain dan seni: font, image, & color). Mas Panji, yang spesialisainya di bidang slide, memberikan materi yang berbobot dan aplikatif. Pembuatan slide terutama mengambil referensi pada buku Slide:ology dari Duarte serta PresentationZen dari Reynolds. Mas Panji juga menyajikan makeover dari slide yang sebelumnya kami kirimkan. Dan hasilnya beda banget, lebih powerful slide yang telah dipercantik.

Untuk setiap jenis kegiatan, desain slide yang digunakan belum tentu sama, walaupun kontennya sama. Penyampaian materi perkuliahan untuk mahasiswa pasti berbeda dengan proposal untuk pitching proyek kepada investor. Namun konsep fundamental yang diaplikasikan sama.

Setelah makan siang, setiap peserta diberi kesempatan tampil selama 15 menit untuk mempersiapkan materinya. Dan masing-masing memperoleh feedback dari Mas Taruna & Mas Fauzi. Para peserta, terutama Saya pribadi, dapat memperoleh ilmu baru dari presentasi yang disajikan. Saya terpukau mendengar cerita mengenai serunya kisah hidup di Jerman dari Firman, teredukasi mengenai jurusan Planologi dari Firari sang Planner dan banyak hal lainnya. Ketika sesi Grafologi dari Rahmah, walaupun waktu sudah habis orang masih mau mendengarkan penjelasan mengenai grafobusiness: bagaimana memperbaiki sedikit tulisan tangan dapat berdampak bagi kenaikan finansial kita. Feedback yang diberikan kepada setiap pembicara juga menjadi pelajaran bagi seluruh peserta.

Presentasi Grafologi dari Mbak Rahmah sang Grafolog dari Zenlife
  
Bagi Saya pribadi, materi yang diajarkan pada training ini ibarat sebuah kunji yang membuka pintu menuju public speaking yang lebih besar. Tentu Saya harus mengaplikasikan ilmu ini agar bermanfaat. Dan apabila Saya mau mengeksplorasi lebih dalam Saya sudah memiliki bekalnya. Jadi, Saya merekomendasikan training ini bagi kawan-kawan, baik profesional maupun pelajar, yang ingin mengasah kemampuan presentasi dan public speaking-nya dapat menyampaikan presentasi dengan lebih efektif dan materinya sampai ke audiens yang ditargetkan!

Pose  "Salam 4 Jari" Bersama Trainer Taruna Perdana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar