Langsung ke konten utama

Mengasah Kemampuan Presentasi pada Kelas Advanced Ganesha Public Speaking (Part 2)

Melanjutkan cerita sebelumnya, post ini akan membahas mengenai aktivitas di kelas pada training Advanced dari Ganesha Public Speaking hari ke-2. Materinya yang dibahas adalah make over slide presentasi dan praktik presentrasi masing-masing orang. Sesi pagi mengenai pembuatan slide dipandu penuh oleh trainer Mas Panji Priambudi.

Peserta dan Tim Training Advanced Public Speaking Angkatan ke-167

Pada training ini, media untuk membuat slide presentasi yang digunakan adalah Ms. Power Point. Walaupun banyak media lain untuk mendesain slide seperti Prezi, Canva, Corell Draw, dsb, power point sudah familiar, mudah diaplikasikan dan up-to-date. Kami berfokus untuk menyiapkan slide yang memukau. Kuncinya 2 hal, sederhana dan optimal. Mas Panji membedah bagaimana membuat slide yang Sederhana *menyajikan hanya 1 pesan dalam 1 slide) dan Optimal (memenuhi kaidah desain dan seni: font, image, & color). Mas Panji, yang spesialisainya di bidang slide, memberikan materi yang berbobot dan aplikatif. Pembuatan slide terutama mengambil referensi pada buku Slide:ology dari Duarte serta PresentationZen dari Reynolds. Mas Panji juga menyajikan makeover dari slide yang sebelumnya kami kirimkan. Dan hasilnya beda banget, lebih powerful slide yang telah dipercantik.

Untuk setiap jenis kegiatan, desain slide yang digunakan belum tentu sama, walaupun kontennya sama. Penyampaian materi perkuliahan untuk mahasiswa pasti berbeda dengan proposal untuk pitching proyek kepada investor. Namun konsep fundamental yang diaplikasikan sama.

Setelah makan siang, setiap peserta diberi kesempatan tampil selama 15 menit untuk mempersiapkan materinya. Dan masing-masing memperoleh feedback dari Mas Taruna & Mas Fauzi. Para peserta, terutama Saya pribadi, dapat memperoleh ilmu baru dari presentasi yang disajikan. Saya terpukau mendengar cerita mengenai serunya kisah hidup di Jerman dari Firman, teredukasi mengenai jurusan Planologi dari Firari sang Planner dan banyak hal lainnya. Ketika sesi Grafologi dari Rahmah, walaupun waktu sudah habis orang masih mau mendengarkan penjelasan mengenai grafobusiness: bagaimana memperbaiki sedikit tulisan tangan dapat berdampak bagi kenaikan finansial kita. Feedback yang diberikan kepada setiap pembicara juga menjadi pelajaran bagi seluruh peserta.

Presentasi Grafologi dari Mbak Rahmah sang Grafolog dari Zenlife
  
Bagi Saya pribadi, materi yang diajarkan pada training ini ibarat sebuah kunji yang membuka pintu menuju public speaking yang lebih besar. Tentu Saya harus mengaplikasikan ilmu ini agar bermanfaat. Dan apabila Saya mau mengeksplorasi lebih dalam Saya sudah memiliki bekalnya. Jadi, Saya merekomendasikan training ini bagi kawan-kawan, baik profesional maupun pelajar, yang ingin mengasah kemampuan presentasi dan public speaking-nya dapat menyampaikan presentasi dengan lebih efektif dan materinya sampai ke audiens yang ditargetkan!

Pose  "Salam 4 Jari" Bersama Trainer Taruna Perdana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali