Sabtu, 25 Agustus 2018

Tips Do'a Perjalanan Lancar dari Pak Asep

Di masa pembangunan LRT, MRT dan fasilitas transportasi publik lainnya di daerah Jabodetabek, perjalanan Jakarta-Bandung melalui tol yang sebelumnya antara 2 s/d 3 jam pada kondisi normal, dapat mencapai 5 jam bahkan lebih. Dan 80% waktu tempuh biasanya dihabiskan di 20% kilomoter pertama di daerah Jakarta. Bahkan rekor yang pernah Saya alami adalah 11 jam perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandung. Padahal hari tersebut adalah hari kamis pagi dan Saya tidak berangkat pada rush hour.

Banyak orang beralih dari travel/shuttle menggunakan kereta untuk menempuh perjalanan Jakarta-Bandung, karena memiliki jadwal yang lebih pasti. Namun dengan keterbatasan kapasitas dan jadwal keberangkatan kereta, seringkali tiket KA Argo Parahyangan cepat habis. Perjalanan degan mobil tidak bisa dielakkan lagi kalau begitu.

Dalam suatu perjalanan lewat tol dari Bandung-Jakarta, Saya memperoleh tips menarik dari Pak Asep Sudrajat. Beliau adalah dosen jurusan Teknik Industri di Universitas Widyatama, Bandung. Domisili beliau adalah Cianjur, jadi beliau rutin bolak-balik Bandung-Cianjur untuk bekerja. Perjalanan pulang pergi dari Bandung – Cianjur bukanlah perjalanan yang sebentar. Bahkan ada beberapa titik kemacetan pada jam berangkat kerja dan pulang kantor, misalnya di kawasan industri di Padalarang. Di setiap perjalanan, beliau juga selalu berdo’a:
“Ya Allah, semoga ketika Saya lewat jalannya lancar”
Beliau tidak butuh selama 2 jam perjalanan lancar atau sepanjang jarak tempuhnya lancar. Beliau hanya butuh ketika lewat jalannya lancar. Beliau bahkan mengetakan bahwa boleh saja di Google Maps atau Waze lajurnya merah, atau mungkin ada lakalantas di jalur yang kita lewati. Namun beliau hanya meminta ketika lewat, jalannya lancar. Dan Allah itu sesuai prasangka hambanya. Yakinlah bahwa Allah Maha Mendengar do’a kita.  

Terdapat beberapa aktivitas yang membuat Saya pergi ke Jakarta dari Badung sampai 3 hari dalam sepekan, dan itu menggunakan mobil kantor atau travel. Ketika sudah mengamalkan ilmu dari beliau, Alhamdulillah jalannya selalu lancar. Bahwkan waktu itu kami sempat berangkat ke Jakarta senin pagi dan juga sempat mengalami pulang ke Bandung hari Kamis sore sebelum long weekend. Alhamdulillah jalannya lancar. Kawan-kawan juga bisa menerapkan do’a ini dalam perjalanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar