Langsung ke konten utama

Cara Membuat Password yang Kuat (dan Mengingatnya)

Ketika mendaftar ke sebuah situs, biasanya selain harus memasukkan alamat email, kita akan diminta untuk membuat password juga. Apabila kita sudah mendaftar banyak situs, seringkali masalahnya adalah kita lupa password kita. Terlebih untuk akun email, media sosial, dan perbankan sebaiknya kita mengganti passwordnya berkala. Berikut ini adalah tips untuk membuat kata kunci yang kuat (strong), sulit di-hack oleh orang lain, namun mudah diingat bagi kita yang membuat.

Kebanyakan orang membuat password hanya dari kombinasi kata dan angka. Apabila passwordnya hanya ‘aditya001’ atau  ‘bandung1994’, akan mudah diingat tetapi tidak akan kuat. Namun apabila psswordnya merupakan kombinasi huruf capital, huruf kecil, angka, dan tanda baca dengan urutan yang random, seperti ‘a4dDy@tYY4!’ kekuatannya akan lebih besar, namun sulit diingat. Dengan algoritma computer, sebenarnya kombinasi password seperti itu masih bisa ditebak.

Password dengan kombinasi 4 kata yang random akan sangat sulit ditebak namun mudah diingat. Metode ini dikenal dengan passphrase/diceware. Caranya adalah:
1.       Pilih 4 benda secara random
Misalkan di ruangan saya melihat ada cangkir, pisang, lampu dan lemari
Benda-Benda yang Tidak Saling Berhubungan

2.       Buat password dari rangkaian keempat kata tersebut
Dengan keempat benda di atas, password-nya adlaah ‘cangkirpisanglampulemari’

3.       Gunakan metode mnemonik untuk mengingat password tersebut dalam cerita
Buat cerita seimajinatif mungkin hingga benda-benda tersebut dapat membuat cerita yang jelas. Gunakan warna, musik, ukuran yang besar dan berada di luar nalar.  Misalkan ceritanya seperti ini.

Sebuah cangkir yang awalnya berisi teh kepanasan hingga akhirnya semua air di dalamnya menguap. Dia harus memadamkan sumber panasnya, kalau tidak badan si cangkir bisa ikut meleleh. Dia pun memakan seekor pisang untuk menambah energinya. Sang pisang sempat memberontak ketika dimakan. Kemudian si cangkir terbang ke langit-langit untuk mematikan sang lampu raksasa yang ukurannya hampir sebesar matahari. Setelah pertarungan sengit akhirnya sang lampu berhasil dikalahkan. Jasad sang lampu disegel ke dalam sebuah lemari yang tidak akan pernah bisa dibuka untuk selama-lamanya.
Berikan Warna, Nada dan Cerita pada Objek

4.       Modifikasi dapat dilakukan apabila diminta kombinasi huruf besar dan kecil, diminta ditambahkan angka, dan tanda baca.
Perubahan yang ditambahkan tetap bisa dikatikan dengan cerita. Misalkan passwordnya menjadi ‘cangkir&pisang1000LAMPUlemari’. Bayangkan ceritanya sang cangkir bekerja sama dengan pahlawan pisang untuk bertarung melawan 1000 pasukan lampu raksasa agar dapat menyegelnya kembali di lemari logam terkuat di alam semesta.

Dengan menggunakan password yang bisa bercerita seperti ini, mengingatnya akan lebih mudah, akun kita akan aman dan kita tidak akan kesulitan untuk mengganti password secara berkala, tinggal membuat cerita baru saja. Selamat mencoba tips ini!

Komentar

  1. These illegal gambling sites could also be} operated by a personal individual, groups, or organized crime figures. Problem gamblers usually become excellent at asking for money, either immediately or indirectly. They may use pleading, manipulation, and even threats to get it. It takes follow to ensure you aren't enabling liked one|your beloved|the one you love}'s gambling dependancy. While 1xbet compulsive and problem gamblers need the support of their family and pals to assist them of their battle to stop gambling, the choice to quit has to be theirs. As a lot as you might want to, and as onerous as it's seeing the consequences, you can't make someone stop gambling.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali