Sabtu, 15 September 2018

Cara Membuat Password yang Kuat (dan Mengingatnya)

Ketika mendaftar ke sebuah situs, biasanya selain harus memasukkan alamat email, kita akan diminta untuk membuat password juga. Apabila kita sudah mendaftar banyak situs, seringkali masalahnya adalah kita lupa password kita. Terlebih untuk akun email, media sosial, dan perbankan sebaiknya kita mengganti passwordnya berkala. Berikut ini adalah tips untuk membuat kata kunci yang kuat (strong), sulit di-hack oleh orang lain, namun mudah diingat bagi kita yang membuat.

Kebanyakan orang membuat password hanya dari kombinasi kata dan angka. Apabila passwordnya hanya ‘aditya001’ atau  ‘bandung1994’, akan mudah diingat tetapi tidak akan kuat. Namun apabila psswordnya merupakan kombinasi huruf capital, huruf kecil, angka, dan tanda baca dengan urutan yang random, seperti ‘a4dDy@tYY4!’ kekuatannya akan lebih besar, namun sulit diingat. Dengan algoritma computer, sebenarnya kombinasi password seperti itu masih bisa ditebak.

Password dengan kombinasi 4 kata yang random akan sangat sulit ditebak namun mudah diingat. Metode ini dikenal dengan passphrase/diceware. Caranya adalah:
1.       Pilih 4 benda secara random
Misalkan di ruangan saya melihat ada cangkir, pisang, lampu dan lemari
Benda-Benda yang Tidak Saling Berhubungan

2.       Buat password dari rangkaian keempat kata tersebut
Dengan keempat benda di atas, password-nya adlaah ‘cangkirpisanglampulemari’

3.       Gunakan metode mnemonik untuk mengingat password tersebut dalam cerita
Buat cerita seimajinatif mungkin hingga benda-benda tersebut dapat membuat cerita yang jelas. Gunakan warna, musik, ukuran yang besar dan berada di luar nalar.  Misalkan ceritanya seperti ini.

Sebuah cangkir yang awalnya berisi teh kepanasan hingga akhirnya semua air di dalamnya menguap. Dia harus memadamkan sumber panasnya, kalau tidak badan si cangkir bisa ikut meleleh. Dia pun memakan seekor pisang untuk menambah energinya. Sang pisang sempat memberontak ketika dimakan. Kemudian si cangkir terbang ke langit-langit untuk mematikan sang lampu raksasa yang ukurannya hampir sebesar matahari. Setelah pertarungan sengit akhirnya sang lampu berhasil dikalahkan. Jasad sang lampu disegel ke dalam sebuah lemari yang tidak akan pernah bisa dibuka untuk selama-lamanya.
Berikan Warna, Nada dan Cerita pada Objek

4.       Modifikasi dapat dilakukan apabila diminta kombinasi huruf besar dan kecil, diminta ditambahkan angka, dan tanda baca.
Perubahan yang ditambahkan tetap bisa dikatikan dengan cerita. Misalkan passwordnya menjadi ‘cangkir&pisang1000LAMPUlemari’. Bayangkan ceritanya sang cangkir bekerja sama dengan pahlawan pisang untuk bertarung melawan 1000 pasukan lampu raksasa agar dapat menyegelnya kembali di lemari logam terkuat di alam semesta.

Dengan menggunakan password yang bisa bercerita seperti ini, mengingatnya akan lebih mudah, akun kita akan aman dan kita tidak akan kesulitan untuk mengganti password secara berkala, tinggal membuat cerita baru saja. Selamat mencoba tips ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar