Selasa, 11 September 2018

Cara Download Jurnal Nasional dan Internasional Resmi dari Perpustakaan Nasional RI

Paper yang dipublikasikan jurnal ilmiah bereputasi penting sebagai rujukan ketika sedang mengerjakan penelitian skripsi, thesis, hingga menulis paper ilmiah. Seringkali keterbatasan akses jurnal sebagai referensi menghambat penelitian kita. Untuk mengatasi masalah itu, kita dapat menggunakan fasilitas publik untuk mengakses jurnal yang resmi dari PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)

Perpustakaan Nasional RI telah melanggan beberapa database jurnal nasional dan internasional terkemuka untuk berbagai bidang ilmu. Di antaranya:

1
12
2
13
3
14
4
15
5
16
6
17
7
18
8
19
9
20
10
21
11
22

(IG Group mencakup koleksi American Library Association, American Society for Training & Development, Amsterdam University Press, Business Expert, Columbia University Press, Hawai, ISEAS, Liverpool University Press, Nias Press, Princeton University Press, RIBA Architecture, dan University Of California Press)
23


24

Untuk mengakses jurnal-jurnal tersebut, kita hanya perlu menjadi anggota perpustakaan secara online. Setelah menjadi anggota perpustakaan, kita dapat mengakses dan mengunduh paper dari jurnal bereputasi tersebut secara GRATIS dan DIMANAPUN.

Persyaratan untuk menjadi anggota antara lain:
  1. Siswa (SD, SMP, SLTA), mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia (WNI/WNA), berdomisili di dalam maupun luar negeri.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di ruang keanggotaan Lt. 2  Perpustakaan Nasional RI Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta
  3. Menunjukkan tanda pengenal asli dan masih berlaku : i. WNI : Kartu Tanda Penduduk atau No. NIK bagi yang belum mempunyai KTP  ii. WNA : Kitas
  4. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  5. Mencantumkan nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi.
  6. Kartu anggota dapat pula digunakan untuk Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional RI Jl. Merdeka Selatan No. 11, kecuali bagi yang berdomisili di luar Jabodetabek.
Cara untuk mendaftar sangat mudah. Mari kita ikuti tutorialnya.
1. Buka web http://keanggotaan.pnri.go.id/, klik tombol DAFTAR

2. Setelah membaca Petunjuk Pendaftaran Anggota, selanjutnya klik tombol LANJUTKAN

3. Isi identitas diri

4. Setelah selesai, kita akan langsung mendapatkan nomor anggota. Nomor anggota tersebut yang akan digunakan untuk log in ke dalam situs Perpustakaan Nasional





Setelah mendaftar, kita bisa langsung mengakses jurnal-jurnal yang mau kita jadikan sebagai referensi. Caranya adalah: 
1. Buka web http://e-resources.perpusnas.go.id/ , kemudian log in dengan menggunakan Nomor Anggota dan Password yang telah diperoleh sebelumnya. 

2. Kita akan diarahkan ke halaman member. Di sini kita dapat langsung mencari paper dengan mengetikkan kata kunci pencarian pada kolom. Misalkan saya ingin mencari paper mengenai ‘Facebook marketing 
 
 
3.    Hasil pencarian akan menambilkan sumber literatur yang relevan dengan kriteria pencarian kita. Bentuknya bisa jurnal, ebook hingga berita.
   


 
4.    Klik hasil pencarian yang sesuai. Setelah itu kita akan diarahkan ke website-nya. Misalkan saya memilih 2 hasil pencari, yang pertama diarahkan mengenai ‘The Use of Facebook as a Marketing Tool by Private Educational Institutions in Singapore’ yang akan diarahkan ke web IGI Global. Selanjutnya tinggal kilk tombol download untuk mengunduh paper yang dimaksud.

Hasil pencarian kedua adalah paper yang berjudul ‘Optimal ways for companies to use Facebook as a marketing channel’ yang diarahkan ke web ProQuest. Lakukan hal yang sama untuk mengunduh paper
 
5.    Paper yang telah di-download langsung dapat digunakan. Tentunya paper yang kita unduh legal.



 
6. Aplikasi pencarian di perpusnas juga memiliki beberapa fitur tambahan untuk lebih memudahkan pencarian seperti jenis konten (paper, bab dari buku, atau ebook), bidang keilmuan, bahasa, waktu, dll.






Selamat mendaftar dan menggunakan layanan dari Perpusnas. Semoga tulisan ini dapat membantu dalam penulisan makalah ilmiah dan penelitian. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar