Langsung ke konten utama

Komik Pokemon Nuzlocke Challenge: Membuat Permainan Pokemon Lebih Hidup

Nuzlockle challenge adalah tantangan dalam bermain game main series Pokemon dengan beberapa aturan tertentu yang dikembangkan oleh Nick Franco. Kata Nuzlocke sendiri berasal dari sebuah seri komik dengan Nuzlocke adalah nama panggilan untuk Pokemon Nuzleaf pada komik tersebut.

Komik Pokemon Nuzlockle oleh Petty

Ada dua aturan utama dalam tantangan ini, yakni:
(1) hanya boleh menangkap pokemon pertama yang ditemui pada suatu rute. Misalkan di Route 1 berjumpa pertama kali dengan Ratata, maka trainer hanya boleh menangkap Pokemon tersebut dan tidak boleh menangkap Pidgey yang berjumpa pada encounter ke-2, serta 
(2) pokemon yang kalah dalam pertarungan & fainted dianggap mati dan tidak dapat digunakan lagi (disimpan di Box atau di-release).
Dua aturan ini juga yang membuat banyak orang yang menyebut tantangan ini dengan Pokemon Hard Mode.

Tantangan ini semakin populer, hingga dibuat sebuah forum khusus yang membahas megenai para pemain yang memainkan tantangan ini di beragam game, baik di GBA, NDS maupun 3DS. Pada perkembangannya, banyak juga trainer yang menambahkan beberapa aturan tambahan agar menambah keseruan bermain, seperti:
  • Mewajibkan memberikan nickname untuk setiap pokemon yang ditangkap
  • Melarang pembelian item (baik healing item maupun hold item lainnya
  • Tidak boleh menggunakan legendary Pokemon 
  • Tidak boleh menggunakan pokemon yang berasal dari fosil, diberikan atau dibeli dari NPC
Hal yang menarik adalah di forum Nuzlockle tersebut masing-masing pemain membagikan cerita petualangan Nuzlocklenya dengan cara yang asyik untuk dinikmati. Ada yang bercerita dengan screen capture game  beserta tambahan narasi yang lucu, narasi teks seperti rangkaian cerita bersambung, serta berbentuk komik. Setiap orang menggambarkan cerita Nuzlocke dari perspektifnya masing-masing

Penggambaran Pokemon yang Diserupakan dengan Manusia

 Character Development
Karena imajinasi setiap trainer berbeda-beda, maka penggambaran tokoh antagonis di game tersebut pun berbeda-beda. Ada yang menggambarkan bahwa sang trainer sangat dekat dengan keluarga atau malah rivalnya adalah teman bertualang yang memiliki impian yang sama. Ada yang menggambarkan Gym Leader yang kharismatik ada juga yang pathetic akibat selalu kalah dari pemain.

Memberikan Karakter Hidup pada Pokemon - Zach (Dewott)

Ada juga yang sedikit mengubah alur cerita di game agar lebih dramatis. Misalkan ada penulis yang menceritakan bahwa Gym Leader Brycen di Pokemon Black & White dibunuh oleh team Galatic dan seorang Galatic Grunt menyabar menggantikan Brycen & menjaga Gym di Icirrus City

Sesama pemain seringkali saling berinteraksi dengan bertukar Pokemon untuk evolusi dan saling menampilkan karakter dalam bentuk cameo.

Unanswered Questions in Game
Kadangkala ketika memainkan game pokemon terdapat pertanyaan-pertanyoaan yang muncul namun kita belum menemukan jawabannya. Misalkan dimana player tidur ketika malam hari, mengapa para Gym Leaders hanya menggunakan satu tipe Pokemon saja, bagaimana nasib unpicked starter (starter Pokemon yang tidak dipilih oleh Player dan Rival), hingga bagaimana pokemon belajar move baru dari TM. Beberapa pemain Nuzlockle menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cerdas dan lucu. Misalkan TM atau HM yang berbentuk CD berisi film yang harus ditonton oleh Pokemon untuk belajar move baru.

Menghancurkan Master Ball yang Berisi Mewtwo. 

Pokemon Interaction
Kebanyakan Nuzlocke memodelkan bahwa trainer dapat berkomunikasi dengan Pokemonnya. Ini yang membuat cerita Nuzlocke semakin menarik. Biasanya karakter yang ditampilkan disesuaikan dengan nature Pokemon di dalam game. Misal seekor Galvantula yang memiliki timid nature digambarkan penakut. Sesama pokemon di dalam tim juga digambarkan saling berinteraksi, mulai dari penyambutan ketika ada pokemon baru yang menjadi anggota tim, saling menyemangati ketika pertarungan hingga perselisihan kecil dalam berebut makanan.

Diagram Ilustrasi Hubungan Antar Anggota Tim

Apabila pokemon ada yang fainted maka seringkali kejadiannya digambarkan dengan tragis. Apalagi jika ditambah scene ketika trainer mendoakan Pokemon yang telah mati di Laveder town, lebih sedih lagi jadinya. Ada penulis yang menceritakn bahwa si starter Pokemon berusaha menenangkan dan menghibur sang trainer yang sedang sedih karena ada aggota tim yang mati.


Beberapa Adegan Kematian Pokemon di Komik Nuzlockle

Alur cerita Nuzlocke juga semakin diperkaya dengan menampilkan Pokemon sesuai karakteristik pada Pokedex Entry dan Ability-nya. Misalkan Zigzagoon yang memilki abiltypick up’ digambarkan sering mengambil berries yang bergeletakan di jalan, Yamask yang terlihat sedih karena mengingat kehidupan sebelumya yang kelam atau trainer yang kepanasan kemudian men-summon Gengar agar menyerap hawa panas di sekitarnya.


Favorit Saya:
Dari beragam cerita dan jenis Nuzlockle yang ada di internet, favorit Saya adalah Myth of Unova yang ditulis oleh Ky-Nim. Seperti judulnya, sang penulis membuat cerita tantangan Nuzlocke berdasarkan game Pokemon White yang bertempat di Region Unova. Saya senang dengan interaksi antara sang tokoh utama, Nina, dengan pokemon-pokemonnya. Dan yang lebih utama, dengan apik sang penulis membuat sketsa Gijinka, personifikasi manusia untuk setiap pokemonnya.

Gijinka Zach (Samurott), Laila (Liligant), Andy (Galvantula), dan Rex (Krokodile)

Pengembangan para karakter di game ini sangat seru, bahkan jauh merubah alur cerita original di game, seperti Tim Galatic berani membunuh Brycen sang Gym Leader, mengisahkan sang tokoh utama dan N (tokoh antagonis di game) saling terhubung dengan dua pahlawan di legenda Unova, hingga ternyata ibu dari Nina adalah sang Champion di region Sinnoh yang juga merupakan tokoh utama dari komik Nuzlocke Tales of Sinnoh yang ditulis oleh pengarang yang sama. Sebagai tambahan, artwork komik ini rapi dan penyajiannya full color.

Pokemon dalam Tim Nina

Menarik untuk menikmati beragam komik, cerita atau video para pemain yang melakukan tantangan ini. Kita bisa melihat berbagai perbedaan perspektif dalam memahami sebuah objek game yang sama. Game Pokemon Blue & Red generasi pertama pun dapat ditambilkan baru dan menarik oleh para nuzlockle runner. Siapa tau kamu tertarik untuk mencoba tantangan ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali