Jumat, 07 September 2018

Komik Pokemon Nuzlocke Challenge: Membuat Permainan Pokemon Lebih Hidup

Nuzlockle challenge adalah tantangan dalam bermain game main series Pokemon dengan beberapa aturan tertentu yang dikembangkan oleh Nick Franco. Kata Nuzlocke sendiri berasal dari sebuah seri komik dengan Nuzlocke adalah nama panggilan untuk Pokemon Nuzleaf pada komik tersebut.

Komik Pokemon Nuzlockle oleh Petty

Ada dua aturan utama dalam tantangan ini, yakni:
(1) hanya boleh menangkap pokemon pertama yang ditemui pada suatu rute. Misalkan di Route 1 berjumpa pertama kali dengan Ratata, maka trainer hanya boleh menangkap Pokemon tersebut dan tidak boleh menangkap Pidgey yang berjumpa pada encounter ke-2, serta 
(2) pokemon yang kalah dalam pertarungan & fainted dianggap mati dan tidak dapat digunakan lagi (disimpan di Box atau di-release).
Dua aturan ini juga yang membuat banyak orang yang menyebut tantangan ini dengan Pokemon Hard Mode.

Tantangan ini semakin populer, hingga dibuat sebuah forum khusus yang membahas megenai para pemain yang memainkan tantangan ini di beragam game, baik di GBA, NDS maupun 3DS. Pada perkembangannya, banyak juga trainer yang menambahkan beberapa aturan tambahan agar menambah keseruan bermain, seperti:
  • Mewajibkan memberikan nickname untuk setiap pokemon yang ditangkap
  • Melarang pembelian item (baik healing item maupun hold item lainnya
  • Tidak boleh menggunakan legendary Pokemon 
  • Tidak boleh menggunakan pokemon yang berasal dari fosil, diberikan atau dibeli dari NPC
Hal yang menarik adalah di forum Nuzlockle tersebut masing-masing pemain membagikan cerita petualangan Nuzlocklenya dengan cara yang asyik untuk dinikmati. Ada yang bercerita dengan screen capture game  beserta tambahan narasi yang lucu, narasi teks seperti rangkaian cerita bersambung, serta berbentuk komik. Setiap orang menggambarkan cerita Nuzlocke dari perspektifnya masing-masing

Penggambaran Pokemon yang Diserupakan dengan Manusia

 Character Development
Karena imajinasi setiap trainer berbeda-beda, maka penggambaran tokoh antagonis di game tersebut pun berbeda-beda. Ada yang menggambarkan bahwa sang trainer sangat dekat dengan keluarga atau malah rivalnya adalah teman bertualang yang memiliki impian yang sama. Ada yang menggambarkan Gym Leader yang kharismatik ada juga yang pathetic akibat selalu kalah dari pemain.

Memberikan Karakter Hidup pada Pokemon - Zach (Dewott)

Ada juga yang sedikit mengubah alur cerita di game agar lebih dramatis. Misalkan ada penulis yang menceritakan bahwa Gym Leader Brycen di Pokemon Black & White dibunuh oleh team Galatic dan seorang Galatic Grunt menyabar menggantikan Brycen & menjaga Gym di Icirrus City

Sesama pemain seringkali saling berinteraksi dengan bertukar Pokemon untuk evolusi dan saling menampilkan karakter dalam bentuk cameo.

Unanswered Questions in Game
Kadangkala ketika memainkan game pokemon terdapat pertanyaan-pertanyoaan yang muncul namun kita belum menemukan jawabannya. Misalkan dimana player tidur ketika malam hari, mengapa para Gym Leaders hanya menggunakan satu tipe Pokemon saja, bagaimana nasib unpicked starter (starter Pokemon yang tidak dipilih oleh Player dan Rival), hingga bagaimana pokemon belajar move baru dari TM. Beberapa pemain Nuzlockle menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cerdas dan lucu. Misalkan TM atau HM yang berbentuk CD berisi film yang harus ditonton oleh Pokemon untuk belajar move baru.

Menghancurkan Master Ball yang Berisi Mewtwo. 

Pokemon Interaction
Kebanyakan Nuzlocke memodelkan bahwa trainer dapat berkomunikasi dengan Pokemonnya. Ini yang membuat cerita Nuzlocke semakin menarik. Biasanya karakter yang ditampilkan disesuaikan dengan nature Pokemon di dalam game. Misal seekor Galvantula yang memiliki timid nature digambarkan penakut. Sesama pokemon di dalam tim juga digambarkan saling berinteraksi, mulai dari penyambutan ketika ada pokemon baru yang menjadi anggota tim, saling menyemangati ketika pertarungan hingga perselisihan kecil dalam berebut makanan.

Diagram Ilustrasi Hubungan Antar Anggota Tim

Apabila pokemon ada yang fainted maka seringkali kejadiannya digambarkan dengan tragis. Apalagi jika ditambah scene ketika trainer mendoakan Pokemon yang telah mati di Laveder town, lebih sedih lagi jadinya. Ada penulis yang menceritakn bahwa si starter Pokemon berusaha menenangkan dan menghibur sang trainer yang sedang sedih karena ada aggota tim yang mati.


Beberapa Adegan Kematian Pokemon di Komik Nuzlockle

Alur cerita Nuzlocke juga semakin diperkaya dengan menampilkan Pokemon sesuai karakteristik pada Pokedex Entry dan Ability-nya. Misalkan Zigzagoon yang memilki abiltypick up’ digambarkan sering mengambil berries yang bergeletakan di jalan, Yamask yang terlihat sedih karena mengingat kehidupan sebelumya yang kelam atau trainer yang kepanasan kemudian men-summon Gengar agar menyerap hawa panas di sekitarnya.


Favorit Saya:
Dari beragam cerita dan jenis Nuzlockle yang ada di internet, favorit Saya adalah Myth of Unova yang ditulis oleh Ky-Nim. Seperti judulnya, sang penulis membuat cerita tantangan Nuzlocke berdasarkan game Pokemon White yang bertempat di Region Unova. Saya senang dengan interaksi antara sang tokoh utama, Nina, dengan pokemon-pokemonnya. Dan yang lebih utama, dengan apik sang penulis membuat sketsa Gijinka, personifikasi manusia untuk setiap pokemonnya.

Gijinka Zach (Samurott), Laila (Liligant), Andy (Galvantula), dan Rex (Krokodile)

Pengembangan para karakter di game ini sangat seru, bahkan jauh merubah alur cerita original di game, seperti Tim Galatic berani membunuh Brycen sang Gym Leader, mengisahkan sang tokoh utama dan N (tokoh antagonis di game) saling terhubung dengan dua pahlawan di legenda Unova, hingga ternyata ibu dari Nina adalah sang Champion di region Sinnoh yang juga merupakan tokoh utama dari komik Nuzlocke Tales of Sinnoh yang ditulis oleh pengarang yang sama. Sebagai tambahan, artwork komik ini rapi dan penyajiannya full color.

Pokemon dalam Tim Nina

Menarik untuk menikmati beragam komik, cerita atau video para pemain yang melakukan tantangan ini. Kita bisa melihat berbagai perbedaan perspektif dalam memahami sebuah objek game yang sama. Game Pokemon Blue & Red generasi pertama pun dapat ditambilkan baru dan menarik oleh para nuzlockle runner. Siapa tau kamu tertarik untuk mencoba tantangan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar