Kamis, 06 September 2018

Fakta Tentang BAB: Selama ini Kita Melakukannya Salah!

Sejak jaman dahulu, manusia melakukan buang air besar dengan posisi jongkok. Menurut penelitian memang cara terbaik untuk BAB adalah dalam posisi jongkok. Baru beberapa abad ke belakang ini peradaban manusia suka BAB sambil duduk. Padahal dengan posisi duduk terdapat kemungkinan yang tinggi otot puborectalis menekan saluran anus, yang akan menghambat keluarnya kotoran. Berbeda dengan posisi jongkok yang membuat otot tersebut  lebih relaks sehingga saluran rektum lebih lurus dan lancar.

Ketika kita sedang berdiri, usus besar (colon) tempat sampah hasil penyerapan makanan disimpan , tertekan oleh puborectalis, yang akan terus berkontraksi hingga saatnya ke toilet. Duduk akan melemaskan otot tersebut sebagian dan berjongkok akan membuat otot tersebut relaksasi sepenuhnya. Secara mudah posisi berjongkok membuat arah usus besar menjadi lurus, yang akan memudahkan proses mengeluarkan sisa pencernaan.


Masalah Ketika Pup dengan Posisi Duduk

Sumber: http://www.thehippyhomemaker.com/poop/


Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003, melibatkan 28 orang yang sehat sebagai responden, secara sukarela mengukur waktu BAB dengan tiga posisi yang berbeda: (1) duduk pada toilet ukuran standar, (2) duduk di toilet yang rendah, dan (3) berjongkok. Para responden tidak hanya mencatat waktunya saja, tetapi juga usaha yang dibutuhkan dalam BAB. Hasil penelitian tersebut menunjukkan BAB dengan posisi jongkok membutuhkan waktu yang paling cepat dan usaha yang paling sedikit.

Budaya BAB sambal jongkok sebenarnya sudah mengakar di kebudayaan Indonesia. Di desa-desa masih sering ditemui bentuk kamar mandi terbuka yang didirikan di atas sungai. Penggunanya tentu harus berjongkok. Atau kadang-kadang ada yang BAB di ladang dengan menggali lubang dan menutupnya kembali setelah selesai. Budaya ini seringkali terbawa walau bentuk WCnya adalah WC duduk. Beberapa kali saya melihat peringatan untuk tidak jongkok di WC duduk. Bahkan ada toilet yang menempelkan instruksi manual penggunaan WC duduk yang benar.

Apabila di rumah kita dudukan WCnya adalah yang berbentuk duduk, jangan khawatir. Dengan sedikit modifikasi kita dapat menjadikan buang air di WC duduk serasa jongkok. Alat tambahan yang dibutuhkan hanya sepasang dudukan pendek. Kursi plastik ini bisa dibeli di took alat rumah tangga atau toko perabotan. Dudukan yang saya pakai dibeli di Mutiara Super Kitchen Bandung seharga Rp17.500 per buah.

Kursi Pendek Sebagai Pijakan

Cara menggunakan kursi ini pun sederhana, cukup taruh kursi di sebelah kiri dan kanan dudukan WC. Kemudian kita tinggal jongkok di atasnya. Dengan begitu posisi kita menyerupai posisi berjongkok (sudut tubuh membentuk 35°). Dan saya jamin, sampah dari perut dapat dikeluarkan dengan mudah. Selamat menerapkan tips ini.  

Penggunaan di Kamar Mandi


Manusia Didesain untuk BAB dengan Cara Jongkok
https://www.gillianb.com/ancient-indian-secret-to-better-poops/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar