Langsung ke konten utama

Fakta Tentang BAB: Selama ini Kita Melakukannya Salah!

Sejak jaman dahulu, manusia melakukan buang air besar dengan posisi jongkok. Menurut penelitian memang cara terbaik untuk BAB adalah dalam posisi jongkok. Baru beberapa abad ke belakang ini peradaban manusia suka BAB sambil duduk. Padahal dengan posisi duduk terdapat kemungkinan yang tinggi otot puborectalis menekan saluran anus, yang akan menghambat keluarnya kotoran. Berbeda dengan posisi jongkok yang membuat otot tersebut  lebih relaks sehingga saluran rektum lebih lurus dan lancar.

Ketika kita sedang berdiri, usus besar (colon) tempat sampah hasil penyerapan makanan disimpan , tertekan oleh puborectalis, yang akan terus berkontraksi hingga saatnya ke toilet. Duduk akan melemaskan otot tersebut sebagian dan berjongkok akan membuat otot tersebut relaksasi sepenuhnya. Secara mudah posisi berjongkok membuat arah usus besar menjadi lurus, yang akan memudahkan proses mengeluarkan sisa pencernaan.


Masalah Ketika Pup dengan Posisi Duduk

Sumber: http://www.thehippyhomemaker.com/poop/


Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003, melibatkan 28 orang yang sehat sebagai responden, secara sukarela mengukur waktu BAB dengan tiga posisi yang berbeda: (1) duduk pada toilet ukuran standar, (2) duduk di toilet yang rendah, dan (3) berjongkok. Para responden tidak hanya mencatat waktunya saja, tetapi juga usaha yang dibutuhkan dalam BAB. Hasil penelitian tersebut menunjukkan BAB dengan posisi jongkok membutuhkan waktu yang paling cepat dan usaha yang paling sedikit.

Budaya BAB sambal jongkok sebenarnya sudah mengakar di kebudayaan Indonesia. Di desa-desa masih sering ditemui bentuk kamar mandi terbuka yang didirikan di atas sungai. Penggunanya tentu harus berjongkok. Atau kadang-kadang ada yang BAB di ladang dengan menggali lubang dan menutupnya kembali setelah selesai. Budaya ini seringkali terbawa walau bentuk WCnya adalah WC duduk. Beberapa kali saya melihat peringatan untuk tidak jongkok di WC duduk. Bahkan ada toilet yang menempelkan instruksi manual penggunaan WC duduk yang benar.

Apabila di rumah kita dudukan WCnya adalah yang berbentuk duduk, jangan khawatir. Dengan sedikit modifikasi kita dapat menjadikan buang air di WC duduk serasa jongkok. Alat tambahan yang dibutuhkan hanya sepasang dudukan pendek. Kursi plastik ini bisa dibeli di took alat rumah tangga atau toko perabotan. Dudukan yang saya pakai dibeli di Mutiara Super Kitchen Bandung seharga Rp17.500 per buah.

Kursi Pendek Sebagai Pijakan

Cara menggunakan kursi ini pun sederhana, cukup taruh kursi di sebelah kiri dan kanan dudukan WC. Kemudian kita tinggal jongkok di atasnya. Dengan begitu posisi kita menyerupai posisi berjongkok (sudut tubuh membentuk 35°). Dan saya jamin, sampah dari perut dapat dikeluarkan dengan mudah. Selamat menerapkan tips ini.  

Penggunaan di Kamar Mandi


Manusia Didesain untuk BAB dengan Cara Jongkok
https://www.gillianb.com/ancient-indian-secret-to-better-poops/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali