Minggu, 30 Desember 2018

Antara Matahari Terbenam, Pantai dan Pisang

Ada tiga persamaan yang dapat kita temukan pada kebiasaan warga Kota Makassar, Manado dan Balikpapan dalam menghabiskan waktu senja mereka. Warga di ketiga kota tersebut memilih pantai untuk menyaksikan matahari perlahan terbenam di ufuk barat. Sambil menikmati momen memesona tersebut, biasanya ditemani oleh camilan khas yang dibuat dari olahan pisang.

Di kota anging mamiri, warga biasanya memenuhi Pantai Akkarena atau pPantai Losari untuk menyaksikan golden sun set sambil menikmati pisang eppe, olahan pisang kepok bakar yang diguyur saus gula merah, kadang ada variasi rasa lain seperti durian, coklat dan stroberi. 



Sun Set di Pantai Losari, Makassar
Penduduk kota minyak senang duduk santai di Pantai Melawai atau batu-batu Pantai Benua Patra untuk menyaksikan terbenamnya matahari. Cemilan khasnya itu pisang gapit, mirip dengan pisang eppe. Kata gapit diambil dari bahasa setempat yang berarti jepit. Setelah dibakar, pisang tersebut diletakkan di antara 2 buah papan kaku dan dijepit sehingga bentuknya lebih pipih. 


Sun Set di Pantai Banua Patra, Balikpapan


Di sisi utara Pulau Sulawesi, orang-orang di kota tinutuan gemar nongkrong di pantai Malalayang atau pantai sepanjang Boulevard sambil menunggu hari beranjak petang. Kuliner yang paling setia menemani biasanya adalah pisang goroho, olahan pisang yang enak dicocol dengan sambel. Iya sambel yang pidis. Awalnya saya agak kaget karena baru pertama melihat pisang yang biasanya diolah menjadi makanan manis, kali ini ditemani dengan sambel yang biasa diasosiasikan dengan santapan asin. Tapi setelah dicoba, yumm, rasanya maknyus!


Sun Set di Boulevard, Manado
Pemandangan sun set di ketiga kota tersebut sama-sama indah dan camilannya sama-sama lezat. Kalau berkunjung ke tiga kota itu jangan lupa untuk mencoba pengalaman menyaksikan keindahan terbenamnya sang surya. Bagi para pegawai yang lelah dan capek setelah pulang bekerja, coba istirahatkan pikiran dan manjakan mata Anda dengan pesona fenomena alam tersebut dan berikan hadiah pada lidah anda dengan lezatnya kuliner khas menjelang sun set.

Favorit saya tetap Pantai Benua Patra. Alasannya sesimpel karena dekat dengan kostan yang lama, cukup berjalan kaki 5 menit, dan karena setiap pulang kantor melewati pantai itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar