Kamis, 20 Desember 2018

3 Tips Kombinasi Font untuk Membuat Desain Presentasi yang Menakjubkan


Dalam presentasi, jenis tulisan yang kita pilih ibarat pakaian yang akan kita gunakan untuk menampilkan diri kita. Memilih font atau jenis huruf yang tepat akan membantu kita dalam membuat tayangan presentasi lebih menarik. Kesalahan yang sering dilakukan para pembuat desain slide presentasi adalah hanya menggunakan satu jenis font sepanjang presentasi, yang akan membuat kontennya terlihat monoton. Padahal kita bisa bekreasi dengan memilih jenis font yang sesuai untuk judul, sub judul, dan konten pada slide presentasi kita.

Untuk judul utama di setiap slide, kita dapat menggunakan jenis font bersudut yang memiliki kesan tegas, kuat dan bold. Jenis font yang disarankan seperti Bebas Neue, Century Gothic, Lato Black, Garamond, dan League Spartant. Font-font jenis ini akan memberikan kesan tangguh dan membuat informasi kita dianggap penting di benak pemirsa. Tampilan yang kuat juga dapat membentuk image yang powerful dari pembicara.

Dalam menulis sub judul pilihan jenis font yang lebih artistik dapat digunakan. Font berseni seperti huruf sambung atau huruf yang memiliki tarikan garis yang panjang di awal atau di akhir katanya. Apabila kita menggunakan font jenis ini dan mengombinasikannya dengan jenis font Judul Utama yang kaku dan strong, akan memberikan kesan lebih hangat. Kurang lebih pesan yang disampaikan kepada audiens adalah ‘konten kita penting dan serius, namun dalam penyampaiannya tetap santai. Font Sub Judul yang bisa dipilih misalkan Lobster 1.4, Lavenderia Sturdy, Impact, Kaushan Script, dan Script Mt. Bold.

Konten tulisan biasanya merupakan bagian presentasi yang memuat teks paling banyak. Untuk memudahkan audiens untuk membaca konten dengan mudah, pilihan font yang digunakan harus yang nyaman dilihat mata untuk waktu yang lama dan memberikan kesan ringan. Kemudahan dalam membaca juga berperan penting agar presentasi yang disampaikan mudah ditangkap oleh audiens. Jenis-jenis tulisan yang cocok digunakan untuk konten antara lain Open Sans, Lato, Roboto, Trebuchet MS, Calibri dan Arial.

Pilihan font yang akan digunakan dalam presentasi dapat mengacu pada tabel di atas. Pilihan untuk Judul Utama, Sub Judul dan Konten dapat ditentukan dengan bebas, bukan berarti harus memilih dalam satu baris yang sama. Jika saya menggunakan font BEBAS NEUE untuk Judul Utama, saya bisa menggunakan font Kaushan Script untuk menghiasi sub judul dan memiliih Arial sebagai basis menulis konten. Font-font tersebut dapat diperoleh secara gratis.

Situs yang paling sering saya gunakan untuk mengunduh font adalah 1001fonts.com, kontennya lengkap dan cara mengunduhnya mudah. Selamat berkreasi dengan pilihan font yang lebih kaya dan membuat presentasimu lebih menarik!

Contoh Slide yang Menggunakan Ketiga Kombinasi Font di Atas

Materi ini saya dapatkan dari Mas Panji Priambudi, seorang master dalam teknik membuat desain presentasi dengan Ms. Power Point dalam pelatihan Ganesha Public Speaking School di Bandung. Mas Panji juga menerbitkan sebuah buku yang membahas mengenai teknik-teknik mendesain slide presentasi yang stunning. Buku yang diberi judul Street Smart Slide ini tidak hanya membahas font saja, namun juga desain presentasi yang lengkap menyeluruh. Yuk, gali lebih banyak ilmu dalam membuat media pendukung visual yang menakjubkan melalui buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar