Langsung ke konten utama

Focus Group Discussion (FGD) Seleksi Relawan Creavill Bandung



Melanjutnya tulisan sebelumnya perihal 3 Jurus Ampuh Menghadapi FGD, saya ingin berbagi mengenai contoh-contoh soal FGD yang digunakan dalam proses rekrutmen relawan. Tidak hanya untuk seleksi karyawan di perusahaan saja, tetapi saya pernah menggunaan sesi FGD dalam proses rekrutmen asisten di laboratorium di kampus serta seleksi relawan program pemberdayaan masyarakat di komunitas Creavill Bandung. Alasan penggunaan jenis seleksi ini karena tim relawan akan bekerja bersama-sama untuk merancang, mengorganisasi, melaksanakan, dan melakukan pemantauan terhadap program-program di desa binaan Creavill Bandung selama kurang lebih 6 bulan. Karenanya, kerja sama tim, inisiatif, dan kemampuan mensistesis ide dari para relawan dapat dinilai dari sesi FGD ini.


Dalam proses seleksi, calon relawan dibagi ke dalam beberapa tim yang terdiri dari 5-7 orang. Masing diberikan secarik kertas yang berisi kasus untuk dipecahkan bersama. Waktu membaca selama 3 menit dan diskusi selama 25 menit. Di akhir masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan alat bantu sebuah kertas buram ukuran A2 selama 5 menit. Kasus-kasus yang kami gunakan dalam FGD adalah kasus nyata yang kami hadapi dalam proses pengelolaan rumah baca, perumusan program, dan kerja sama dengan masyarakat dan kader lokal yang kami termui dalam keberjalanan aktivitas creavill. Beberapa kasus yang kami gunakan, dan dapat dijadikan referensi adalah sebagai berikut: 

RELAWAN PROGRAM

Tema 1 – Menyamakan Presepsi
Di awal Creavill sudah melakukan pendekatan dengan warga, perangkat desa (ketua RT & RW, serta tokoh masyarakat), dan pelaku usaha. Creavill juga melibatkan kader lokal untuk mengelola rumah baca sebagai langkah pendekatan dengan warga. Namun masih ada segelintir warga yang masih skeptis dengan kegiatan Creavill dan belum menerima kehadiran komunitas ini di tengah-tengah mereka. Apa stategi yang dapat tim Creavill lakukan untuk menyamakan presepsi masyakarat mengenai kehadiran Creavill di desa?

Tema 2 – Melibatkan Warga
Creavill telah melakukan pendekatan awal dengan warga dan membangun rumah baca kreatif di sana. Harapannya rumah baca tidak hanya berfungsi sebagai media edukasi anak-anak saja, namun lebih jauh sebagai tempat warga untuk berdiskusi, bermusyawarah, hingga merancang program pengembangan desanya. Namun belum semua warga aktif terlibat apabila ada program yang diadakan oleh Creavill atau program yang diadakan di rumah baca. Jelaskan stategi yang dapat tim Creavill lakukan untuk meningkatkan partisipasi warga?

Tema 3 - Program Pengembangan Rumah Baca
Setelah rumah baca selesai dibangun, diharapkan adanya keberlanjutan program sehingga rumah baca dapat terus aktif dan produktif memberdayakan masyarakat desa. Bagaimana cara tim Creavill untuk merawat dan memonitor produktifitas program rumah baca? Program-program apa sajakah yang akan tim Creavill kembangkan di rumah baca selain mengajar?

Tema 4 - Rekomendasi Program
Menurut tim Creavill apakah program pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan rumah baca cukup efektif? Mengapa? Berikan rekomendasi program lain yang dapat membantu mempercepat pemberdayaan masyarakat.

Tema 5 - Program spesifik
Jika tim Creavill dihadapkan pada kondisi pemberdayaan masyarakat urban yang lokasi tempat tinggalnya padat penduduk dan tidak ada sumber daya alam potensial yang dapat dikembangkan, apa yang akan tim Creavill lakukan untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia di lingkungan tersebut? Rancanglah program-program yang memungkinkan untuk dilaksanakan.

Tema 6 – Sinergi Dua Desa Binaan
Hingga saat ini, Creavill Bandung sudah memiliki 2 desa binaan. Desa binaan yang pertama adalah Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabubapten Bandung Barat. Desa yang merupakan penghasil paprika ini terletak di dataran tinggi dan banyak lahan pertanian & green house. Desa binaan yang kedua adalah Kelurahan Braga yang terletak di pusat Kota Bandung. Sedangkan desa yang kedua memiliki potensi kuliner dan pariwisata. Rancanglah strategi untuk mensinergikan kedua desa binaan Creavill!

Tema 7 - Kader lokal
Jika tim Creavill diminta untuk berkolaborasi dengan masyarakat desa binaan untuk mengelola dan mengembangkan rumah baca, siapakah yang akan tim Creavill ajak untuk berkolaborasi? Urutkan prioritas pihak untuk diajak berkolaborasi oleh tim Creavill. Mengapa? Bagaimana caranya?
·         Karang Taruna
·         Ibu-Ibu PKK
·         Pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Masjid)
·         Koperasi
·         UMKM
·         Korporasi yang berlokasi di sekitar desa
·         Intansi pemerintahan
·         Mahasiswa atau komunitas

Tema 8 - Fundraising
Untuk melanjutkan program pembedayaan masyarakat, dibutuhkan sumber daya keuangan yang berkelanjutan. Salah satu cara untuk mencari dana adalah dengan melakukan kegiatan fundraising (dana usaha). Bagaimana cara tim Creavill untuk mencari dana secara kreatif dan efektif yang melibatkan warga di dua desa binaan?
·         Potensi Desa Pasirlangu: pertanian & perkebunan (hasil: paprika, bunga potong, tomat cherry, kaktus, timun kyuri)
·         Potensi Desa Braga: pariwisata kota & kuliner

Tema 9 – Tahapan Pengembangan Program
Di awal proses pemberdayaan masyarakat, Creavill mendirikan rumah baca kreatif sebagai jembatan untuk mengenalkan komunitas dan mengajak warga terlibat dalam program Creavill. Setelah partisipasi warga cukup meningkat dari program rumah baca, target jangka panjang Creavill mengarah kepada penguatan bidang social entrepreneurship melalui program OVOP (One Village One Product) atau OVOB (One Village One Brand) di mana masing-masing desa binaan dapat menghasilkan produk khas dari desa mereka sendiri untuk dipasarkan. Bagaimana cara mengembangkan program rumah baca kreatif yang nantinya dapat berlanjut menjadi program OVOP & OVOB?

Tema 10 – Pemberdayaan Kader Lokal
Koordinator kader lokal di desa binaan yang menjadi kunci berjalannya kegiatan suatu waktu harus meninggalkan desanya karena ada prioritas keluarga (menikah, punya anak, dsb). Sedangkan di desa tersebut masih kekurangan kader lokal yang bisa diandalkan. Meskipun cukup banyak anak muda di desa binaan tersebut, tetapi mayoritas dari mereka masih disibukan dengan sekolah atau kuliah. Bagaimana caranya supaya program di desa binaan tetap berjalan ketika dihadapkan pada situasi tersebut?


RELAWAN FOTOGRAFI

Tema – Strategi Publikasi Media Sosial
Media publikasi komunitas Creavill yang paling sering digunakan adalah media sosial. Bagaimana strategi konten media sosial agar audiens tidak hanya sekedar like, comment, sharing tetapi juga ada melakukan aksi yang diharapkan (misalnya berdonasi atau mendaftar menjadi relawan)?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali