Selasa, 11 Desember 2018

Aplikasi Keilmuan Manajemen Rekayasa Industri dalam Mendesain Brosur Program Studi

Pada tanggal 15-16 Desember 2018, ITB akan mengadakan Open House yang mengundang, terutama, siswa SMA/SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, orang tua murid, dan guru. Di acara tersebut setiap jurusan akan membuka stand agar pengunjung bisa bertanya langsung dan mendapatkan informasi lebih banyak mengenai jurusan yang diminati. Saya dan Ilham (Ilham Reza Prasetyo, alumni MRI 2012) mendapatkan mandat dari Pak Sukoyo, ketua jurusan Manajemen Rekayasa Industri (MRI), untuk mendesain brosur yang nantinya akan dibagiakan kepada para pegunjung stand.

Sebenarnya, brosur dengan desain awal yang telah dibuat oleh fakultas sudah bagus. Brosur tersebut memuat informasi mengenai apa itu jurusan MRI, kurikulum, dan kontak yang dapat dihubungi. Namun Pak Sukoyo merasa brosur tersebut masih kurang representatif dengan jurusan MRI yang keilmuannya meliputi Riset Pasar, Inovasi, Pengembangan Produk, dan Manajemen Proyek.


Tampilan Desain Brosur MRI (Sebelum)

Mengutip dari dokumen pendirian jurusan MRI di ITB, latar belakang dibentuknya jurusan Manajemen Rekayasa Industri adalah

Lingkungan industri saat ini yang sangat dinamik dan turbulen ditandai dengan daur hidup produk yang makin pendek, perubahan teknologi yang makin cepat, permintaan produk dan jasa yang makin beragam, persaingan yang bersifat global dan sangat ketat. Kesemua ini semakin membutuhkan proses pengelolaan pembaharuan yang sistematis dan baik, sehingga dapat memelihara keberlangsungan usaha industri. Perkembangan ini menimbulkan kebutuhan terhadap ahli-ahli yang sangat memahami konteks permasalahan pembaharuan sistem kerekayasaan dan mampu mengelola proyek-proyek pembaharuan serta mempersiapkan organisasi yang siap menerima dan menjalankan perubahan ini dengan baik.

Berdasarkan hal tersebut, kami mencoba mengaplikasikan keilmuan di MRI dalam membuat desain baru, di antaranya:
(1)   Riset Pasar
Kami melakukan riset bagaimana warna yang menarik bagi Gen Z (karena mayoritas siswa SMA sekarang tergolong kelahiran di atas tahun 2000, desain brosur lipat tiga, hingga font yang disukai. Kami juga menggali masukan dari para alumni MRI mengenai apa yang kira-kira siswa SMA ingin ketahui mengenai MRI dan informasi apa yang perlu dicantumkan. Akhirnya kami menggunakan pilihan warna emas dan hitam agar tampil lebih elegan, meminta tolong mahasiswa MRI untuk mengambil foto mahasiswa secara profesional, serta memilih font yang memiliki kesan rapi dan professional seperti Bebas Neue untuk Heading dan Expressway untuk body tulisan.

(2)  Pengembangan Produk 
Karena sense of art kami tidak terlalu tinggi, kami menggunakan referensi dari beberapa desain brosur yang ada di website pinterest, dan melakukan modifikasi sesuai kebutuhan. Kalau bahasa pemasarannya itu ATM (Amati-Tiru-Modifikasi). Setidaknya kami tidak menjiplak persis, namun ada added value yang ditambahkan, seperti pada halnya ketika kita akan mengembangkan produk baru dari yang sudah ada.

(3)  Manajemen Teknologi
Salah satu komponen teknologi adalah Humanware (sumber daya manusia). Karena saya dan Ilham belum bisa menggunakan aplikasi editing yang canggih seperti Photoshop dan Corel Draw, kami memanfaatkan software yang kami kuasai, yakni Ms. PowerPoint. Daripada mencoba hal baru yang belum kami kuasai dan membutuhkan waktu untuk mempelajari lagi, kami mencoba menggunakan peralatan seadanya untuk mendukung pekerjaan. Walaupun dengan keterbatasan, kami tetap bisa membuat desain yang lumayan memuaskan.

Hasil desain brosur terbaru yang kami buat sebagai berikut:


Desain Brosur MRI (Sesudah)

Perubahan yang kami lakukan (selain pada desain) antara lain menambahkan beberapa data dan angka mengenai jurusan ini, perbedaan dan komplementer dengan jurusan Teknik Industri, struktur kurikulum dan mata kuliah, serta memasang QR Code yang mengarah ke website MRI, agar lebih keren.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan Manajemen Rekayasa Industri di ITB silakan mengacu ke tautan berikut: mri.itb.ac.id
Sampai jumpa di Open House ITB!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar