Minggu, 06 Januari 2019

10 Kesalahan Logika yang Sering Kita Lakukan

Ada 10 kesalahan berpikir (logical fallacies) yang sering kita lakukan dalam berpikir dan membangun argumen:

1.       Rombongan Kereta (Bandwagon)
Kesalahan ini terjadi ketika kita menganggap sesuatu itu benar hanya karena banyak juga orang yang mempercayai atau melakukan hal yang sama

2.       Ah Hominem
Kesalahan ini terjadi ketika kita tidak membantah isi argumen, melainkan justru menyerang hal-hal pribadi lawan yang tidak ada hubungannya dengan argumen yang sedang dibicarakan

3.       Penalaran Berputar (Circular Reasoning)
Kesalahan ini terjadi ketika argumen kita mengandung asumsi atau pembuktian yang berputar.

4.       Ambigu
Kesalahan ini terjadi ketika kita mencari-cari celah pada kata atau kalimat yang bersifat ambigu/ dapat diartikan dengan makna yang lain.

5.       Beban Pembuktian (Burden of Proof)
Kesalahan ini terjadi ketika kita tidak menyediakan bukti atas klaim kita, melainkan justru meminta lawan untuk mencari bukit bahwa klaim kita salah. Padahal kita lah yang semestinya bertanggung jawab menyediakan bukti di awal atas klaim kita.

6.       Kesalahan Argumen (Argument from Fallacy/ Fallacy Fallacy)
Kesalahan ini terjadi ketika menemukan klaim yang memiliki kesalahan argumen, kemudian kita menganggap bahwa klaimnya juga pasti salah secara keseluruhan. Padahal kita saja klaim itu benar kerena ada alasan-alasan lainnya.

7.       Sebab Palsu (False Cause)
Kesalahan ini terjadi ketika kita menyimpulkan sebab suatu kejadian secara keliru

8.       Hitam Putih (Black or White)
Kesalahan ini terjadi ketika kita membuat asumsi di awal bahwa hanya ada dua pilihan atau kemungkinan saja. Sementara bisa jadi masih banyak kemungkinan lainnya.

9.       Titik Tengah (Middle Ground)
Kesalah ini terjadi ketika kita menemukan dua pendapat yang berlawanan, lalu kita berasumsi bahwa yang benar adalah titik tengah di antara keduanya. Padahal mungkin saja suatu pendapat memang betul-betul keliru, sementara yang lainnya benar.

10.   Keraguan Pribadi (Personal Incredulity)
Kesalahan ini terjadi ketika kita gagal memahami suatu konsep yang cukup rumit bagi orang awam, misalnya teori-teori tertentu dalam fisika atau biologi, lalu kita menganggapnya tidak masuk akal.

Dengan memahami 10 kesalahan logika di atas, mari merawat akal sehat dengan lebih teliti dan rapi dalam berpikir dan membangun argumen.

Sumber: BFROTE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar