Langsung ke konten utama

Cerita Nikmat Dunia

Cerita islami kali ini akan menceritakan kisah perumpamaan yang diberi judul Singa, Ular, Tikus Kembar dan Madu.

Seorang pria muda sedang berjalan-jalan di tengah hutan, ketika tiba-tiba seekor singa mengaum keras dan mengejarnya, tentu saja pria itu berlari secepat mungkin untuk menyelamatkan diri.

Dia melihat ada sebuah sumur di depannya dan tanpa pikir panjang ia langsung melompat masuk ke dalam sumur itu untuk menyelamatkan diri.

Setelah masuk ke dalam sumur ia langsung menangkap tali timba yang menggantung. Pria itu merasa lega karena ia tidak terus jatuh ke bawah. Tapi ketika ia mengarahkan pandangannya ke ke dasar sumur, ia melihat seekor ular besar dengan mulut terbuka lebar siap mencaplok dan menelannya.

Lalu anak muda itu mendongakkan kepalanya ke atas dan dia melihat dua ekor tikus yang berwarna hitam dan putih menggigit tali timba yang sedang dipegangnya. Sedangkan singa yang tadi mengejarnya masih terdengar mengaum dan berkeliaran di luar sumur.

Jantung anak muda itu berdetak kencang, hatinya berdebar-debar dan akalnya bertanya-tanya bagaimana ia bisa keluar dari sumur dan menyelamatkan diri dari singa?

Ketika ia sedang berfikir keras, tiba-tiba dia melihat sebuah sarang lebah tepat di depan matanya, madu segar terlihat lezat dan menetes dari sarang itu. Diapun segera mencolek madu itu dengan jarinya, dan kemudian menjilatnya. Madu itu benar-benar lezat. Sesaat ia pun lupa dengan Singa, ular dan tikus kembar yang mengunyah tali timba.

Dia pun memutuskan untuk terus merasakan nikmatnya madu, sementara tikus kembar pun terus memakan tali timba dengan nikmat pula. Sampai tiba saatnya tali terputus dan si pemuda jatuh masuk ke dalam mulut ular yang menunggu di dasar sumur.

Imam al-Ghazali mengibaratkan bahwa singa adalah seperti malaikat maut yang berada di atas kita dan siap mencabut nyawa kapan saja. Sedangkan Ular itu adalah seperti kuburan yang sedang menunggu kematian kita. Sementara tikus hitam dan putih yang menggigit tali adalah seperti siang dan malam yang selalu menggigit dan menghabiskan hari-hari dalam kehidupan kita. Dan madu itu seperti dunia ini yang terasa manis dan lezat untuk sesaat dan membuat kita lupa akan kematian dan hari akhirat.

Sumber: https://bahaudinonline.blogspot.com/2013/12/singa-ular-tikus-kembar-dan-madu.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali