Minggu, 06 Januari 2019

Kaligrafi Arab Macan Ngali di Museum Sribaduga Bandung


Salah satu koleksi di Museum Sribaduga Bandung yang menarik perhatian saya adalah kaligrafi bergambar macan ali. Macan Ali adalah panji kesultanan cirebon yang bergambar harimau (macan). Bentuk macan tersebut disusun dari kaligrafi kalimat Syahadat. Gambar tersebut dilukis berdasarkan piktogram stilasi dari "Macan Duduk" dengan medium kaca.

Seni lukis kaca di Cirebon ada sejak abad ke-17 Masehi. Seni lukis ini memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Cirebon. Motif dan corak khas Islam berupa kutipan ayat Al Qur'an dan Hadist mudah ditemui pada peninggalan Panembahan Ratu di Cirebon. Media dakwah yang digunakan antara lain seni lukis kaca dan seni lukis wayang.



Jika diperhatikan lebih lanjut, kaligrafi ini dapat memadukan nilai-nilai islam dengan budaya Cirebon yang kental. Bentuk gunungan yang berada di bawah kaki macan merupakan motif batik Mega Mendung, yang memiliki arti awan mendung. Karya seni ini merupakan bukti bahwa agama dan budaya dapat berjalan beriringan, bukuan berarti salah satu menutupi datau mendominasi lainnya. Hasil karya kaligrafi macan ali ini merupakan simbol cantik penyebaran Islam di daerah Cirebon yang dilakukan melalui pendekatan seni dan budaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar