Minggu, 06 Januari 2019

Kunjungan Creavill Bandung ke Saung Baca Guruminda di Cianjur


Di awal bulan Mei 2018, komunitas Creavill Bandung bersama kawan-kawan LPDP BIT berkesempatan untuk mengunjungi Saung Baca Guruminda Kang Ihsan (@imanfariz). Perjalanan ke Saung Baca yg terletak di daerah Cianjur ini cukup menyenangkan walaupun kami sempat terhambat rombongan serikat pekerja yg berdemo.

Program yang dilakukan bertema Learning from Diversity. Kakak-kakak LPDP BIT mengenalkan kebudayaan, adat, tradisi, dan bahasa dari daerahnya masing-masing. Bahkan mereka membawa pakaian tradisional, asesoris, dan membawakan tarian daerah.
Adik-adik di sana senang karena dapat bertemu dan menyaksikan langsung budaya dari beberapa daerah di Indonesia Timur. Jujur, Saya sendiri baru melihat langsung tarian dan pakaian yang ditampilkan, misalkan hiasan kepala yg dibuat dari bulu burung Kasuari.

Mengenalkan Budaya dari Papua & Indonesia Timur

Mencoba Tutup Kepala Bulu Burung Kasuari

Anak-Anak yang Antusias ingin Mencoba Facepaint

Selain itu, kami juga melakukan semacam studi banding. Salah satu hal menarik dari saung baca ini adalah penerapan sistem reward. Setiap buku diberikan poin dari 1-10 (tergantung konten dan jumlah katanya). Apabila mereka sudah selesai membaca & membuat rangkuman dari buku tsb kemudian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yg diajukan kakak relawan terkait konten bukunya, mereka mendapatkan poin sesuai yg tertera pada buku. Ketika udah terkumpul, poin tersebut dapat ditukarkan dengann mainan atau alat tulis. Misalkan kaos kaki dapat ditukar dengan 10 poin atau tas sekolah dapat diperoleh dengan mengumpulkan 51 poin.

Cara tersebut bisa jadi salah satu cara asyik meningkatkan minat baca anak-anak. Bahkan ada tulisan "membaca hanya boleh di luar jam sekolah", saking rajinnya mereka membaca.

Relawan Saung Baca Guruminda, Creavill, dan LPDP BIT

Terima kasih atas jamuan & sambutan hangatnya, Kang 
Ihsan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar