Jumat, 22 Februari 2019

[DIY] Membuat Papan Countdown Pengingat Waktu untuk Seminar


Dalam setiap acara seminar, pelatihan, pidato atau sejenisnya fungsi penjaga waktu (time keeper) dibutuhkan untuk memastikan bahwa pembicara memberikan sambutan atau pemaparannya sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. Kadangkala sang pembicara lupa waktu ketika sudah berbicara di depan. Apabila waktu sudah melebihi, akan berdampak kepada sulitnya menyesuaikan rundown acara. Apabila memotong pembicara di tengah-tengah akan terkesan kurang sopan dan tidak hormat. Oleh karena itu peran time keeper yang menjadi pengingat waktu dibutuhkan.

Bisanya orang yang bertugas sebagai time keeper berdiri di belakang peserta suatu acara dan berdiri menghadap pembicara. Peran ini penting tapi entah mengapa sering dilupakan. Alhasil pada acara-acara seminar dan pelatihan yang saya temui seringkali alat untuk mengingatkan sisa waktu hanya dibuat seadanya dengan kertas dan spidol. Hal tersebut akan terlihat kurang profesional oleh pembicara. Dan seringkali tulisan tidak terbaca dengan jelas. Di luaran sana, ada yang menggunakan papan LED sebagai pengingat sisa waktu kepada pembicara. Namun biayanya akan tinggi.

Pada tulisan ini, saya akan memberikan tips untuk membuat papan countdown untuk time keeper yang mudah, murah, tahan lama, dan terbaca dengan jelas. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut:
  1. Silakan buat tulisan angka di Ms. Word. Angka pengingat waktu yang umum digunakan adalah 10 menit, 5 menit, 3 menit dan 1 menit. Gunakan font yang tebal seperti Arial dengan ukuran yang dapat memenuhi 1 kertas A4 untuk masing-masing angka. Kalau dengan font Arial ukuran yang digunakan antara 540 – 600.
  2. Gunakan kertas putih dengan tulisan hitam karena jenis tulisan ini yang memiliki tingkat keterbacaan paling tinggi secara ergonomi.
  3. Tambahkan juga tulisan ‘WAKTU HABIS’ dan ‘TIME’S UP’ utuk acara berbahasa Inggris.
  4. Setelah dicetak, tempelkan dua angka yang berurutan (seperti 10’ dengan 5’) agar kertas penanda waktu memiliki 2 sisi yang berbeda.
  5. Selanjutnya laminating kertas yang sudah ditempel tadi. Hasilnya adalah 3 buah papan countdown dengan 6 sisi yang berbeda.
  6. Tautan untuk mengunduh contoh file countdown ada di sini. 

Dengan menggunakan font dengan ukuran besar serta tinta warna hitam yang ditulis di atas kertas putih akan membuat papan penunjuk waktu ini lebih mudah terlihat oleh pembicara yang berdiri di depan. Laminating kertas membuat countdown tersebut lebih kaku dan tahan basah dan lecek, serta mirip papan. Pada timer countdown tersebut sengaja dibuat polos, hanya angka saja, agar dapat digunakan di setiap jenis acara. Selamat membuat papan countdown sendiri untuk digunakan pada acaramu sesuai kebutuhan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar