Jumat, 22 Februari 2019

Mulai dari Hal Kecil untuk Merubah Negara ini


Apa hal kecil yang Anda anggap dapat berdampak besar terhadap diri sendiri, bangsa hingga negara?

Menurut pendapat Saya, bangun bagi merupakan hal kecil yang memiliki manfaat luar biasa. Sudah banyak penelitian yg membuktikan bahwa manfaatnya tidak hanya baik bagi kesehatan, tapi juga bagi psikis. Pada awalnya untuk dapat terjaga sebelum fajr mungkin akan sulit bagi sebagian orang. Namun jika sudah terbiasa akan menjadi lebih ringan.

Bukanlah suara alarm yg keras dan berulang-ulang, melainkan tekad yg kuat agar dapat menolak gravitasi kasur dan selimut. Jangan lupa untuk meminta kepada Yang Tak Pernah Tidur. Bagi yang muslim amat elok jika dikombinasikan dengan shalat sunnah untuk menghidupkan malam kemudian shalat shubuh berjamaah.

Steven Covey dalam buku 7 Habits mengatakan bahwa untuk membangun sebuah kebiasaan dapat dimulai dengan melakukan suatu hal berulang selama 21 satu hari berturut-turut. Artinya jika kita mau memiliki kebiasaan bangun pagi tanpa alarm dengan kondisi segar dan bugar, paling tidak butuh waktu 21 hari sebagai pembiasaan. Beberapa tips yang saya dengar adalah tidur di awal waktu, paling lambat pukul 10 malam. Hal ini sesuai dengan ritme kerja fungsi tubuh yang mulai mengolah racun atau zat berbahaya pada tubuh lainnya pukul 11 malam. Selain itu tidur dengan kondisi lampu padam (gelap) akan membantu otak mensekresi hormon melatonin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Terakhir, sebelum tidur sugestikan kalimat “saya besok akan bangun pukul sekian dengan kondisi segar bugar” minimal 3 kali ke diri sendiri sebelum tidur. Biasanya ketika bangun pagi otak akan terprogram seperti yang kita bilang.

Dampak positif bagi diri sendiri misalnya memiliki waktu yg lebih banyak untuk bersiap diri. Dengan begitu kita akan memiliki mood yg baik dan bersikap positif kepada lingkungan. Dalam skala makro, apabila kebiasaan ini sudah diterapkan oleh mayoritas orang, maka lingkungan sekitar akan menjadi positif dan negara pun mengikutinya kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar