Langsung ke konten utama

My Top 10 Postcards from Abroad

Saya mulai aktif berkirim kartu pos dengan kawan-kawan di luar negeri sejak awal bulan Februari 2018. Hingga hari ini sudah ada sekitar 77 kartu pos, baik dari dalam dan luar negeri, yang mampir ke alamat saya. Dari puluhan kartu pos tersebut, sebenarnya sangat sulit untuk memilih mana kartu pos yang favorit karena setiap kartu memiliki cerita masing-masing yang unik. Berikut adalah kumpulan kartu pos yang berada dalam daftar 10 postcard kesukaan Saya.

1. Kartu pos yang dikirimkan Emese dari Hungaria ini bergambar foto gedung oktagon, salah satu tempat terkenal di Budapest, di tahun 1900 dan 2009. Dua foto dari masa yang berbeda yang digabung dalam satu gambar merupakan konsep yang unik, seperti mesin waktu.

2. Mary dan Suaminya dari Amerika bilang mereka menyukai seri Star Wars dan kebetulan mereka memiliki postcard seri ini edisi terbatas. Beruntung sekali mereka bersedia mengirimkan satu buah ke Indonesia. Jadi ingat teman saya, Ardi Hendharto, yang fans berat Star Wars ini.

3. Postcard bergambar Pulau Crimea di Rusia ini dikirimkan oleh Kurgan & Maria yang beberapa pekan lalu berlibur ke pulau itu. Walaupun belum sempat ke Crimea, setidaknya saya senang membaca keseruan liburan mereka di sana.


4. Ketika perkembangan sistem informasi yang memudahkan orang untuk chatting dan berkirim pesan dalam hitungan detik ke seluruh dunia, Sun masih mengucapkan ulang tahun melalui kartu pos bergambar animasi SHAG dari Hawaii.

5. Postcard infografis dari Marjatta ini sangat informatif perihal Finlandia. Saya suka konsepnya, terutama gambar Aurora (Northen Light) yang tidak bisa kita jumpai di Indonesia.

6. Ketika pertama kali mendapatkan postcard ini saya langsung berpikir "ini keren banget!". Foto armor samurai yang dipakai oleh samurai yang menjaga kastil Osaka dulu dengan latar belakang hitam memberikan kesan bahwa jubah perang ini tangguh dan sudah melewati berbagai macam peperangan.

7. Di tempat tinggal saya tidak ada salju, makanya saya senang ketika mendapatkan kartu pos bergambar cottage kayu kecil di tengah-tengah pegunungan bersalju di Jerman dari Angela. Ketika musim dingin, duduk di rumah singgah untuk menikmati indahnya hamparan salju dengan ditemani secangkir coklat hangat merupakan kombinasi yang pas!

8. Gambar bangunan dengan kubah di atasnya dengan halaman yang ditumbuhi pohon palem beserta kolam air memberikan asumsi awal kartu pos ini dikirimkan dari timur tengah. Ternyata bangunan tersebut adalah The Durbay pallace di Russia yang didesain oleh Nikolay Krasnov.

9. Saya suka membaca, karenanya kartu pos bergambar buku-buku antik ruang dikirimkan Laura dari Finlandia masuk ke daftar favorit. Kesannya buku-buku tersebut memiliki beragam ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan dari masa lalu.
10. Foto kastil di Leipzig yang diberikan Manuela dari Jerman memberikan impresi dé jàvu. Rasanya saya pernah melihat kastil ini entah di film atau buku. Ada yang merasa familiar dengan kastil ini juga?

Website Postcrossing (PC) sudah cukup baik dalam memfasilitasi hobi membernya berkirim kartu pos. Sistemnya rapi dan mudah dipahami. Yuk gabung dengan menjadi member komunitas postcrossing untuk mulai memperoleh kartu pos pertama ke alamatmu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali