Jumat, 22 Februari 2019

My Top 10 Postcards from Abroad

Saya mulai aktif berkirim kartu pos dengan kawan-kawan di luar negeri sejak awal bulan Februari 2018. Hingga hari ini sudah ada sekitar 77 kartu pos, baik dari dalam dan luar negeri, yang mampir ke alamat saya. Dari puluhan kartu pos tersebut, sebenarnya sangat sulit untuk memilih mana kartu pos yang favorit karena setiap kartu memiliki cerita masing-masing yang unik. Berikut adalah kumpulan kartu pos yang berada dalam daftar 10 postcard kesukaan Saya.

1. Kartu pos yang dikirimkan Emese dari Hungaria ini bergambar foto gedung oktagon, salah satu tempat terkenal di Budapest, di tahun 1900 dan 2009. Dua foto dari masa yang berbeda yang digabung dalam satu gambar merupakan konsep yang unik, seperti mesin waktu.

2. Mary dan Suaminya dari Amerika bilang mereka menyukai seri Star Wars dan kebetulan mereka memiliki postcard seri ini edisi terbatas. Beruntung sekali mereka bersedia mengirimkan satu buah ke Indonesia. Jadi ingat teman saya, Ardi Hendharto, yang fans berat Star Wars ini.

3. Postcard bergambar Pulau Crimea di Rusia ini dikirimkan oleh Kurgan & Maria yang beberapa pekan lalu berlibur ke pulau itu. Walaupun belum sempat ke Crimea, setidaknya saya senang membaca keseruan liburan mereka di sana.


4. Ketika perkembangan sistem informasi yang memudahkan orang untuk chatting dan berkirim pesan dalam hitungan detik ke seluruh dunia, Sun masih mengucapkan ulang tahun melalui kartu pos bergambar animasi SHAG dari Hawaii.

5. Postcard infografis dari Marjatta ini sangat informatif perihal Finlandia. Saya suka konsepnya, terutama gambar Aurora (Northen Light) yang tidak bisa kita jumpai di Indonesia.

6. Ketika pertama kali mendapatkan postcard ini saya langsung berpikir "ini keren banget!". Foto armor samurai yang dipakai oleh samurai yang menjaga kastil Osaka dulu dengan latar belakang hitam memberikan kesan bahwa jubah perang ini tangguh dan sudah melewati berbagai macam peperangan.

7. Di tempat tinggal saya tidak ada salju, makanya saya senang ketika mendapatkan kartu pos bergambar cottage kayu kecil di tengah-tengah pegunungan bersalju di Jerman dari Angela. Ketika musim dingin, duduk di rumah singgah untuk menikmati indahnya hamparan salju dengan ditemani secangkir coklat hangat merupakan kombinasi yang pas!

8. Gambar bangunan dengan kubah di atasnya dengan halaman yang ditumbuhi pohon palem beserta kolam air memberikan asumsi awal kartu pos ini dikirimkan dari timur tengah. Ternyata bangunan tersebut adalah The Durbay pallace di Russia yang didesain oleh Nikolay Krasnov.

9. Saya suka membaca, karenanya kartu pos bergambar buku-buku antik ruang dikirimkan Laura dari Finlandia masuk ke daftar favorit. Kesannya buku-buku tersebut memiliki beragam ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan dari masa lalu.
10. Foto kastil di Leipzig yang diberikan Manuela dari Jerman memberikan impresi dé jàvu. Rasanya saya pernah melihat kastil ini entah di film atau buku. Ada yang merasa familiar dengan kastil ini juga?

Website Postcrossing (PC) sudah cukup baik dalam memfasilitasi hobi membernya berkirim kartu pos. Sistemnya rapi dan mudah dipahami. Yuk gabung dengan menjadi member komunitas postcrossing untuk mulai memperoleh kartu pos pertama ke alamatmu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar