Langsung ke konten utama

5 Latihan Vokal Bagi MC untuk Memperindah Suara

Bagi seorang Master of Ceremony (MC) atau Public Speaker, suara yang bagus dan nyaman didengar oleh audiens merupakan poin plus yang menjual. Contohnya adalah presenter televisi Jeremy Teti yang kerap membacakan berita dengan suaranya yang unik. Bahkan ada juga MC yang dikenal akan kekhasan suaranya, misalkan MC Agung Wibisono dari Bandung yang mendapatkan julukan ‘suara khas selembut kapas’ karena suaranya yang berat namun halus.


Banyak orang yang mengira bahwa suara yang bagus merupakan bawaan dari lahir. Padahal sebenarnya suara yang nge-bass, jernih, dan nyaring dapat dilatih. Ada beberapa teknik latihan vokal yang umum digunakan para MC dan pembicara dalam melatih suaranya sebelum tampil. Metode-metode ini saya pelajari dari Bu Lusy Luksita (pendiri Lusy Luksita Public Speaking School), Kang Fauzi Noerwenda (pendiri Sanggar MC di Bandung), dan Kang Agung Wibisono (MC Profesional).

Teknik yang pertama adalah latihan untuk membuat suara lebih berat dan lebih besar. Caranya adalah dengan humming atau bergumam. Kita dapat menggumamkan apapun, misalkan menyanyikan lagu atau berhitung. Ketika bergumam, usahakan hingga rongga hidung ikut bergetar.

Selain suara yang bagus, perlu juga didukung oleh artikulasi (pelafalan kata) yang benar dan intonasi yang tidak monoton. Oleh karena itu, latihan artikulasi merupakan hal yang penting agar dapat mengucapkan setiap suku kata dengan jelas. Ada 3 latihan utama untuk berlatih artikulasi.

Lion Face. Teknik latihan ini adalah berlatih mengucapkan huruf A, I, U, E dan O, dengan jelas sambil membentuk ekspresi mengikuti huruf yang diucapkan. Usahakan membuka, menarik, dan memonyongkan bibir semaksimal mungkin ketika melafalkan setiap huruf. Karena biasanya ketika latihan seluruh otot di wajah tertarik, hingga membentuk wajah yang seram seperti singa, maka teknik latihan ini mendapatkan nama demikian. Latihan ini bertujuan untuk membuat setiap huruf vokal yang kita ucapkan terdengar dengan jelas oleh audiens.

Brrrr. Saya tidak tahu nama teknik ini, tapi yang jelas teknik ini dilatih dengan cara meniupkan nafas melalui bibir hingga bibir dan lidah bergetar dan mengeluarkan bunyi “brrrrr”. Sangat mungkin ketika berlatih akan ada cairan yang ikut terhempas ke luar. Jadi pilihlah tempat yang cocok untuk berlatih teknik ini. Salah satu tujuanya adalah untuk melemaskan bibir dan lida agar menghindari kesalahan bicara.

Gigit Pensil. Teknik ketika untuk berlatih artikulasi adalah dengan mencoba berbicara dengan cara menggigit pensil. Di awal mungkin kata-kata yang kita ucapkan akan terdengar lucu. Tapi berlatihlah hingga kita dapat berbicara dengan jelas walau dengan pensil yang mengganjal mulut. Logikanya, apabila ada gangguan saja kita dapat berkata-kata dengan jelas, apalagi dengan keadaan mulut yang tanpa hambatan. Pasti akan lebih jelas lagi.

Selain warna suara dan kejalasan pengucapan, supaya tidak monoton, pembawa acara juga perlu mengatur intonasi agar tidak melulu datar. Perlu ada intonasi yang naik dan turun agar membuat audiens lebih tertarik dan menghindari kantuk. Ada tangga nada pengucapan yang biasa digunakan oleh MC, terutama pada acara formal. Untuk berlatih intonasi ini, mula-mula kita dapat berlatih naik turun volume suara dan perubahan suara dari bass ke melengking. Kita dapat menggunakan diagram berikut:


Dengan menggunakan diagram di atas, coba latihan perubahan suara sesuai dengan arah yang dituju. Semakin ke kanan, suara dibuat semakin ngebass sebaliknya semakin ke kiri semakin melengking. Untuk sumbu vertikal, semakin ke atas suara semakin keras dan sebaliknya semakin ke bawah suara akan menjadi lebih pelan.

Teknik pendukung lainnya yang dapat membuat performa penampilan MC semakin memukai adalah dengan berbicara cepat. Kemampuan berbicara cepat harus didukung dengan kemampuan berpikir cepat pula. Teknik ini saya pelajari dari seorang Youtuber bernama Agung Hapsah. Beliau menyarankan untuk berlatih mengucapkan kata “la”, “ba”, “ma” dengan semaksimal mungkin berulang-ulang. Selain itu untuk mempercepat kemampuan berpikir adalah dengan berlatih tounge twister (kumpulan kata-kata yang dapat “melilit lidah” hingga mungkin terjadi salah ucap). Bentuk kata-kata tounge twister dalam bahasa Indonesia misalnya “cengkeh, cengkir, kencur”, “kuku kaki kakakku kaku-kaku”, “satu biru, dua biru, tiga biru . . ., sepuluh biru”. Contoh tounge twister dalam bahasa Inggris misalkan “how much wood could a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood” dan “she sells sea shells on the sea shore”. Usahakan berlatih hingga dapat mengucapkan kata-kata tersebut dengan cepat dan tanpa kesalahan.

Selain berlatih pengucapan, suara yang baik juga dapat didukung oleh konsumsi makanan dan minuman yang dapat menjernihkan suara. Untuk dapat memiliki suara yang jernih dan nyaring, ramuan yang dapat dikonsumsi adalah campuran madu, jahe dan kuning telur. Ramuan ini sebaiknya rutin dikonsumsi selama sepekan tiga kali. Ketika di Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dulu pelatih saya menyarankan untuk minum air embun (air dalam gelas atau botol yang didiamkan di luar semalaman). Katanya dapat membuat suara lebih nyaring di lapangan. Kita juga perlu menghindari makan gorengan atau makanan yang berlemak karena dapat membuat suara yang keluar dari kerongkongan terhambat.

Selamat mencoba dan rasakan perubahan suaramu setelah berlatih dengan konsisten. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali