Sabtu, 09 Maret 2019

Berwisata Sambil Memaknai Kepahlawanan di Pantai Manglalayang, Manado


Ketika berwisata di Kota Manado, Sulawesi Utara, ada tempat wisata yang dapat membuat kita mengenal Pahlawan-Pahlawan Nasional Indonesia sambil menikmati indahnya pantai di sana. Lokasinya adalah di Patung Wolter Monginsidi di dekat Pantai Malalayang ke arah barat dari pusat kota. Terdapat dua patung pahlawan yang dibangun di sini: 

1. Wolter Monginsidi (Kanan) 
Robert Wolter Monginsidi lahir di Malalayang, pada tahun 1925. Pada tahun 1940 beliau berjuang melawan penjajah Belanda, ditangkap dan dibunuh pada tahun 1949. Beliau adalah pencetus gerakan Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS). Bersama pejuang lainnya, beliau berjuang melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai Indonesia. Pria kelahiran Kota Manado ini dianugerahi Sebagai Pahlawan Nasional Indonesia Pemerintah oleh pada November 6, 1973 
 
2. Kapten Stone Tendean (Kiri) 
Pahlawan revolusi Peter Andreas Tendean Kapt CZI (Anumerta) lahir pada tahun 1939 dan meninggal dunia di Jakarta tahun 1965. Pahlawan keturunan campuran Minahasa dan Perancis yang juda seorang korban peristiwa Gerakan 30 September. 

Kedua tokoh ini merupakan pejuang Indonesia asal Minahasa, Sulawesi Utara yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dari kaum-kaum penjajah negara kolonial dan memperjuangkan kedaulatan negara berbangsa Pancasila. 

Di taman tersebut kita dapat menyaksikan diorama perjuangan perebutan kemerdekaan dan perang revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dan di sore hari, menyaksikan matahari terbenam pantal horizon Malalayang merupakan salah satu aktivitas favorit warga Kota Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar