Langsung ke konten utama

Cobra Effect: Ketika Solusi Malah Memperparah Keadaan


Alkisah ketika India masih dijajah oleh Inggris pada abad ke-18, gubernur dari Inggris pada saat itu merasa kesal dengan banyaknya ular kobra yang masuk ke istana dan mengganggu aktivitas. Terlebih ia khawatir bahwa racun dari kobra yang menggigit dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya. Sang gubernur mengadakan sayembara kepada rakyat di India bahwa barang siapa yang dapat menangkap dan membunuh kobra, maka ia akan diberikan hadiah. Warga pun jadi termotivasi untuk membunuh kobra dan membawa bangkainya ke istana untuk ditukarkan dengan uang poundsterling yang dijanjikan.

Pada awalnya sang gubernur senang karena setiap hari banyak warga yang berdatangan untuk mengklaim upeti. Namun lama-kelamaan ia semakin merasa heran karena semakin banyak bangkai ular yang disetorkan oleh warga, semakin banyak pula laporan gangguan ular yang muncul dari orang-orang di dalam istana.

Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya diketahui bahwa warga beternak ular kobra, kemudian membunuhnya, dan menyerahkan bangkai kobra ke pemerintah India untuk diuangkan. Pemerintah Inggris pun menghentikan pemberian hadiah tersebut. Akhirnya warga India melepaskan ular kobra yang sudah tidak berharga, mengakibatkan ular-ular itu berkembang biak dan menimbulkan lebih banyak masalah.

Keadaan pemerintah Inggris yang mengeluarkan solusi yang malah membuat masalah semakin parah, bukannya menyelesaikan masalah, dikenal dengan istilah cobra effect. Istilah ini sering digunakan dalam bidang ekonomi dan politik ketika kebijakan yang dikeluarkan untuk menyelesaikan suatu kendala bukannya menjadi solusi namun malah memperparah kondisi.

Selain dalam politik dan ekonomi, cobra effect juga sering dijumpai. Misalkan dalam keadaan sehari-hari, menghadapi balita yang aktif sang orang tua malah memberikan HPnya dan menyetelkan Youtube kepada sang anak. Aktivitas ini untuk sementara akan membuat anak berhenti beraktivitas dan anteng dengan gadget. Namun dalam jangka panjang malah akan menimbulkan masalah baru seperti menurunkan konsentrasi dan menjadikan anak mudah tersulut emosi apabila kesenangannya direbut. Belum lagi apabila tontonannya mengandung konten-konten negatif, dapat memengaruhi kondisi psikologis sang anak di kemudian hari.

Untuk dapat menghindari salah pemberian solusi dan menimbulkan cobra effect, salah satu caranya dalah dengan melakukan analisis akar masalah (root cause) terlebih dahulu. Seringkali orang menyelesaikan masalah hanya pada gejalanya (symptomp) saja, tidak pada akar permasalahan. Ibarat orang yang pusing kemudian ia meminum obat sakit kepala. Sakit kepalanya tak kunjung sembuh walau sudah semakin banyak obat dan suplemen yang ia konsumsi. Ketika berkonsultasi dengan dokter, ternyata akar masalahnya adalah asam lambung yang berlebihan dan membuat pusing. Dan ketika sudah mengonsumsi obat yang tepat, asam lambungnya pun kembali normal dan sakit kepala sudah tidak menghantuinya kembali.

Salah satu cara untuk menemukan akar masalah yang diajarkan di jurusan saya adalah dengan menggunakan 7 Tools of Quality Control, yang terdiri dari Cause-and-effect diagram (dikenal juga dengan fishbone atau Ishikawa diagram), Pareto Chart, Scatter Diagram, Control Chart, 5-Whys, Cheek Sheet, dan Histogram. Ketujuh metode ini dapat digunakan sendiri-sendiri atau secara bersamaan. Pemanfaatan metode-metode tersebut akan dibahas pada tulisan lainnya. Intinya metode ini dapat dimanfaatkan untuk menemukan root cause sebelum kita mengusulkan solusi yang tepat terhadap suatu permasalahan yang ditemui. Dengan demikian, peluang salah memberikan keputusan dapat lebih diminimasi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali