Senin, 11 Maret 2019

Mandi Bersama Bidadari di Air Terjun Doyam Seriam

Dalam Bahasa Paser, Kata Doyam Berarti Air in Riam Berarti Tingkat. Secara harfiah nama air terjun ini berarti air yang bertingkat-tingkat. Air terjun yang indah ini juga dibilang sebagai tempat pemandian bidadari oleh warga sekitar. Setelah merasakannya, saya akui bahwa julukan air terjun bidadari 7 tingkat pun cocok untuk disematkan padanya. 


Air Terjun Tertinggi di Doyam Seriam

Doyam Seriam merupakan keindahan ditengah-tengah ketenangan. 

Untuk mencapainya pertama dari Kota Balikpapan harus menyebrang ke penajam (via Pelabuhan Semayang atau Pelabuhan Kariangau, jika membawa kendaraan roda empat). Perjalanan diteruskan ke arah paser sekitar satu setengah jam. Dari pos pertama, sebaiknya disarankan menyewa mobil offroad karena jalannya berbatu dan tidak rata yang membelah kebun sawit. Mulai dari pos kedua yang ada di seberang sungai, jalanan terjal dan licin. Cukup menegangkan karena kanan-kiri jurang.

Setelah tiba di puncak, pemandangannya amat memukau. Bentang alam Borneo yng indah terbentang sepanjang mata memandang. Lalu kita akan menapaki tangga turun sepanjang 200 m menuju riam pertama. 

Bersama Adam & Zul, Salah Dua Bubuhan Balikpapan Terbaik Saya

Segala rasa lelah, dahaga, dan penat sirna ketika merasakan kesegaran air di kolam pertama yang jernih. Kolam ini merupakan yang paling nyaman untuk berenang dan bermain air. 

Perjalanan dapat dilalui dengan jalan setapak menuju riam-riam selanjutnya yang tak kalah menarik. Akan ada hal baru yang kiata jumpai setiap naik tingkatan. Waktu tiga jam serasa tak cukup untuk mengagumi dan mensyukuri keindahan alam di tanah grorot ini. 

Keakraban Relawan 1000 Guru Balikpapan
Di akhir pekan, sering ada pengunjung yang mendirikan tenda dan bermalam di sini. Kondisinya cukup aman, tidak ada binatang buas dan air bersih pun mudah diperoleh. Ingat untuk membawa pulang seluruh sampah dan membiarkan lingkungan tetap bersih setelah camping.

Saling Bantu untuk Mendaki Jalan yang Licin

Apabila ingin berkunjung ke air terjun Doyam Seriam, disarankan menggunakan sendal gunung yang tidak licin, atau sepatu trekking sekalian karena medannya yang curam dan licin. Selain baju ganti dan baju renang, bawa juga kaca mata renang karena air di kolam sangat jernih dan kita bisa snorkeling untuk melihat batu-batu kali yang indah dan ikan-ikan yang berenang dengan riang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar