Sabtu, 09 Maret 2019

Oleh-Oleh Buku Penambah Ilmu dari Tanah Suci

“Budaya kita bukanlah valentine, tapi budaya kita adalah nitip oleh-oleh kalau ada yang pergi ke luar kota atau ke luar negeri”

Apabila kita berkesempatan haji atau umrah ke tanah suci, seringkali keluarga, kerabat dekat dan teman-teman menitipkan oleh-oleh. Biasanya buah tangan yang dibawa dari arab itu tidak jauh-jauh dari kurma, kacang-kacangan, kismis, dan air zam-zam. Niatnya bagus sih agar dapat langsung dikonsumsi dan sedikit merasakan “rasa” tanah suci walau belum pernah menjajaki kaki ke sana. Namun kekurangan hadiah berupa makanan itu cepat habis dan kalau sudah dimakan tidak ada yang bisa dikenang.

Salah satu alternatif barang yang dapat dijadikan buah tangan bagi orang-orang terdekat di tanah air adalah buku. Ya, buku. Karena banyak orang yang menuliskan bahwa hobinya adalah membaca. Di sekitaran pintu Masjid Nabawi di Madinah, banyak toko buku yang menjual buku dengan beragam isi, mulai dari buku tentang Fiqih, sejarah, hingga buku berisi kumpulan foto kedaaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Hal yang mengejutkan adalah banyak buku yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Buku yang beirisi kumpulan foto bagian dalam Masjidil Haram misalnya. Dengan harga 10 Real (sekitar Rp30.000), kita sudah dapat memiliki buku full-color. Buku semacam ini cocok sebagai buah tangan untuk dibawa ke Indonesia, soalnya akan tahan lama dan dapat dipajang juga. Namun apabila tidak mau diberikan kepada orang lain, bisa untuk koleksi sendiri.

Berikut adalah beberapa buku yang saya rekomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh ataupun untuk koleksi sendiri.

Buku tentang Makam Al-Baqi' (Full Color, Harga 10 Real)

Buku Sejarah & Tempat-Tempat Istimewa di Madinah Al-Munawarah (Full Color)

Buku yang Sama namun Versi Inggrisnya (Full Color)

Buku Kumpulan Foto Panorama Masjid Nabawi (Full Color)

Buku Kumpulan Foto Panorama Ka'bah dan Masjidil Haram (Full Color)

Buku tentang Batasan, Keutamaan, Monumen, dan Peristiwa Penting yang Terjadi di Raudhah (Full Color, Harga 10 Real)

Buku Sejarah Madinah Al Munawwarah (Full Color)

Buku Sejarah Madinah Al Munawwarah (Full Color, Lebih Banyak Gambar)

Buku Sejarah Mekah (Full Color)

Buku Sejarah Masjid Nabawi (Full Color)

Buku The End of The World tulisan Dr. Muhamad Al-'Areefi (Full Color, Hard Cover, Harga 40 Real)

Selain buku-buku di atas masih banyak buku-buku lainnya yang dapat dibeli untuk menambah wawasan dan sebagai alternatif buah tangan bagi orang-orang terkasih di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar