Minggu, 10 Maret 2019

Pemuda diantara Kekuatan dan Ketaatan

Ceramah oleh Ust Ahmad Saheri S.IKOM.I
[Ditulis oleh Azhar Umam]

بسم الله الر حمن الر حيم

Pemuda dalam bahasa Arab سباب : yang memiliki kekuatan, yang memiliki semangat dan yang memiliki ketaatan
" Subbanul yaum rijaalulghad " (pemuda sekarang adalah bapak masa depan)

 Pemuda adalah dia yang memiliki keimanan dan keteguhan dalam hati

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

13. Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَنْ نَدْعُوَ مِنْ دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا

14. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran". (Qs. Al- Kahfi: 13-14)

 Pemuda " Aqorobu ilal fitroh " (ialah dia yang dekat dengan fitroh/fitroh kesucian)

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِفَتَاهُ لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun". (Qs. Al- Kahfi: 60)

Dan Pemuda ialah dia yang memiliki kesiapan diri sampai batas kemampuannya dalam membela agama Allah dan siap tampil paling depan untuk menggentarkan musuh-musuh Allah SWT.

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (Qs. Al- Anfal: 60)

 Pemuda Muslim itu apapun yang dia lakukan harus bernilai ibadah " Hayaatuna kulluhaa ibadah " (Hidup kita semuanya ibadah)
Memanah, berkuda dan berenang dan aktifitas kita sehari-hari harus kita jadikan ibadah

 Pemuda itu memiliki prinsip " Anaa muslim qobla kulli syaiin " (Saya muslim sebelum/melakukan segala sesuatu).

Wallahu a'lam..
الحدلله

Tidak ada komentar:

Posting Komentar