Minggu, 17 Maret 2019

Pesan para Dosen FTMD ITB.

Tulisan ini dibuat oleh Hakim Masyhur pada wall Facebook-nya, yang dapat diakses di sini

" Goblok itu lebih keliatan daripada Bodoh."
(Prof. Mardjono Siswosuwarno)

" Desainlah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Mending ga lulus sekalian daripada hampir lulus. Hampir lulus = ga lulus, tapi lebih sakit hati rasanya."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Anda tidak akan bisa mengendalikan sesuatu yang Anda tidak bisa ukur."
(Dr. Zainal Abidin)

" Membuat suatu sistem yang semula tidak teratur (Entropi +) menjadi teratur (Entropi -) memang tidak bisa dilakukan secara spontan. Seperti membuat mahasiswa yang semula malas belajar menjadi rajin belajar."
(Dr. Nathanael P. Tandian)

" Hidup di Indonesia itu seperti surga karena kita tidak mungkin meninggal karena cuaca dingin, tapi sebaiknya jangan berurusan dengan Polisi atau Dokter."
(Dr. Zainal Abidin)

" Matematika itu ilmu atau bukan? coba cek singkatan MIPA (matematika dan ILMU pengetahuan alam)!"
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Seorang Scientist boleh saja berhadapan dengan suatu permasalahan/persoalan yang tidak bisa diperoleh solusi/penyelesaiannya. Tapi bagi seorang Engineer, semua permasalahan yang dihadapi harus bisa diselesaikan secara menyeluruh."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

" Operator apabila mengalami gangguan dengan tangannya, maka dia tidak bisa bekerja sebagai operator. Engineer akan tetap bekerja sebagai engineer apabila mengalami gangguan dengan tangannya sekalipun. Biasanya gaji engineer lebih besar daripada operator. Kalau begitu pembalap itu operator atau engineer? Gede mana gaji pembalap dengan orang2 yg bekerja timnya? Bayangkan kalau Lewis Hamilton terkena parkinson."
(Dr. Indrawanto)

" Anda mesti mengetahui maksud dari suatu tindakan yang anda lakukan."
(Dr. Nathanael P. Tandian)

" Ahli elektronik kalau ga ngerti tentang mekanik berarti buta. Ahli mekanik ga ngerti tentang elektronik berarti tuli."
(Dr. Zainal Abidin)

" Apabila kamu punya bakat di bidang tertentu kembangkanlah siapa tau kamu menemukan kepuasan batin kamu di situ. Tetapi tetap background keilmuan kamu jangan pernah dilupakan."
(Dr. Sigit Yoewono)

" Bila kita sudah berkecimpung di dunia teknik maka kita harus mengerti bahasa komunikasi di bidang teknik yaitu gambar teknik."
(Dr. I Wayan Suweca; Dr. Sigit Yoewono; Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Negara Indonesia ini kacau karena sebagian besar orangnya adalah pemalas dan koruptor."
(Prof. Djoko Suharto)

" Kalau Anda mengerjakan soal dan nggak bisa menemukan jawabannya, lebih baik tidur saja. Besok pagi tanya ke teman yang bisa."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Berbeda dengan ilmu seni rupa, dalam ilmu teknik tidak ada yang namanya baik atau kurang baik, hampir benar atau kurang benar, buruk, atau agak buruk. Yang ada hanyalah BENAR atau SALAH."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Apabila Anda kebingungan saat menerima suatu ilmu baru dan kurang berpengalaman, ya teruslah anda pelajari sampai bisa, walaupun ntar ujung2nya bingung juga."
(Dr. I Made Astina)

" Kalau Anda mengatakan bahwa Anda mengerti ketika dosen menjelaskan materi di kelas namun Anda kebingungan ketika mengerjakan soal ujian, itu berarti Anda BELUM mengerti."
(Dr. Nathanel P. Tandian)

" Jika setelah kuliah Anda tidak mengerti apa pun sama sekali, itu suatu hal yang konyol."
(Dr. Toto Hardianto)

" Mahasiswa ITB itu idealnya minimal fasih dalam berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa daerah (Sunda, Jawa, Minang, Batak, dll), dan salah satu bahasa internasional lain (Prancis, Jerman, Jepang, dll)."
(Prof. Djoko Suharto)

" Saudara datang kuliah itu jangan untuk mencari nilai, tapi untuk menuntut ilmu. Kalau Saudara emang niatnya untuk menuntut ilmu, maka nilai baik akan datang dengan sendirinya."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Malam sebelum hari ujian itu harusnya sudah tidak belajar lagi. Mending main aja dan istirahat yang cukup. Belajarnya jauh hari sebelum ujian dengan disertai pemahaman konsep yang benar."
(Dr. Andi Isra Mahyuddin)

" Kalau Anda ingin sukses, maka patuhilah prosedur-prosedur menuju kesuksesan. Ibarat Anda batuk kemudian obat sirup yang diberikan dokter malah Anda gosokkan ke tenggorokkan agar timbul rasa hangat karena mengandung menthol. Atau menengguk obat luka. Anda tidak akan sembuh karena menyalahi prosedur."
(Dr. Nathanael P. Tandian)

" Kehidupan itu tertanam dengan sendirinya dalam tubuh kita."
(Dr. Zainal Abidin)

" Kamu itu lupa atau ga ngerti? mungkin dulu kamu ga ngerti terus skrg udah lupa" (bertanya tentang kuliah terdahulu)
(Prof. Mardjono Siswosuwarno, Dr. Zainal Abidin)

" Meninjau perilaku suatu sistem sampai terperinci itu tidak mudah, oleh karena itu kita tinjau pada keadaan yang kita bisa analisis, sama seperti mempelajari tingkah laku pacar atau gebetan kamu sampai detail itu susah, setidaknya untuk itu kita bisa mempelajari karakteristik pria dan wanita pada umumnya."
(Dr. Zainal Abidin)

" Lebih baik menyadari bahwa dia ga ngerti jika dibanding dengan tidak menyadari kalo dia ga ngerti, itu lebih berbahaya."
(Dr. Zainal Abidin)

" Kamu boleh ga ngerti atau bingung tapi jangan sampai kamu GA TAU di mana letak bingung dan ga ngerti nya kamu. Kalau kamu ga tau letak bingungnya berarti sama dengan kamu GA BINGUNG alias mengerti. Saya takut tampang2 orang yg ga ngerti."
(Prof. Mardjono Siswosuwarno)

" Cobalah Anda apabila setelah lulus nanti bekerja di perusahaan lokal pemerintahan semacam PT.KA atau menjadi seorang wakil rakyat yang bertanggung jawab. Karena bila bekerja di swasta Anda kemungkinan besar hanya menjadi pegawai saja, tetapi bila anda bekerja dengan jujur dan etos kerja tinggi pada suatu perusahaan nasional, Anda suatu saat pasti akan menjadi sang pengambil keputusan, jika itu sudah tercapai Saya harapkan Anda untuk perbaiki sistem di negara Indonesia ini."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Thats Engineering, boleh malas, asal Cerdas...! "
(Dr. Arif Basuki)

" Kalau mau membandingkan kesuksesan, abaikan semua kondisi awalnya. Seperti contoh kekayaan, jika ingin melihat keberhasilannya, abaikan harta awalnya baik punya sendiri atau dari mertua dan liatlah perkembangannya dalam beberapa tahun."
(Dr. Zainal Abidin)

" Engineer itu bukan seperti tentara, Engineer itu harus punya inisiatif."
(Prof. Mardjono Siswosuwarno)

" Mahasiswa sekarang klo disuruh jgn mencontek malah mencontek, disuruh belajar malah gak belajar. Harusnya mahasiswa sekarang tuh disuruh nyontek aja spy gak nyontek dan dilarang bwt belajar aja supaya mau belajar."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Hidup itu penuh perjuangan kan ya!"
(Dr. I Made Astina)

" Kalian mahasiswa, kalau belajar mentalnya jangan seperti mental tentara... kalau tentara itu kan mengerjakan segala sesuatunya dengan buru-buru dan mendadak kan ya?"
(Dr. I Made Astina)

" If you don't seek perfection,you will never reach an excellent!!"
(Dr. Zainal Abidin)

" Bagi kita gesekan itu adalah musuh utama dan teman terbaik. Banyak rugi-rugi energi timbul karena adanya gesekan, tetapi tanpa adanya gesekan bakal banyak mekanisme-mekanisme yang tidak bergerak."
(Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

" Anda ini aneh, klo ditampilkan slide tentang kuliah biasanya anda mengantuk dan bosan, tetapi begitu ditampilkan slide intermezzo anda terlihat sangat antusias."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Klo kalian sebagai engineer menguasai teori tapi tidak tau aplikasi itu suatu hal yang percuma, ibarat kalian memiliki pistol tetapi kalian lari ketika diserang perampok yang hanya berpisau."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

" Sopir truk mengetahui fenomena yg terjadi pada cara2 membuka mur, tetapi jangan tanya mereka tentang teorinya, pasti mereka tidak tau. Nah, Anda jangan kebalikan dari mereka, tau teori tetapi bingung aplikasinya, itu FATAL."
(Ir. Kemas Rifian, M.Sc.)

" Gerakan katak yang menarik yang di atas, mendorong yang di samping, dan menginjak yang di bawah menunjukkan sifat yang ingin menang sendiri, sementara semut-semut selalu bekerja sama ketika mengangkat sesuatu. Oleh sebab itu, JANGAN lah menggunakan cara katak dan GUNAKAN lah cara semut."
(Prof. IGN Wiratmaja Puja)

" Mengetahui setengah-setengah sama dengan setengah tidak tahu."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Kalau kalian mencontek PR jangan seperti mesin fotokopi tinggal salin doank, tapi juga dipahami apa yang kalian contek itu."
(Dr. Priyono Sutikno)

" Semakin banyak kalian belajar, maka kalian akan semakin sadar bahwa semakin banyak yang kalian tidak tahu."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" Ketidaktahuan-mu itu lah yang membuat kamu takut."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Proses untuk mengerti itu memang harus diawali dengan kebingungan."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Jika kalian benar2 paham akan materi yang telah diajarkan, maka kalian akan tetap ingat akan konsep dari materi tersebut dan tidak sulit untuk mempelajarinya kembali apabila kalian lupa di kemudian hari."
(Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

" Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan mengajari orang lain."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

" Setiap kalian memikirkan sesuatu, maka timbulah masalah."
(Prof. Bambang Sutjiatmo)

" For engineers, No Pain No Gain."
(Dr. Zainal Abidin)

" Bangsa Indonesia tidak bisa maju karena sebagian besar orang tidak mengerti betapa pentingnya mengukur."
(Dr. Taufiq Rochim)

" Klo kalian mengerjakan soal ujian baik tuntas maupun tidak dan ada langkah yang membuat jawabannya salah mungkin masih diberi nilai. Tapi klo praktek kerja di lapangan pekerjaan yg tuntas tapi ada langkah yang salah apalagi tidak tuntas sudah pasti kalian tidak akan dibayar kan ya. hahaha...."
(Dr. I Made Astina)

" Sebenarnya kalian mampu untuk mengetahui dan melakukan banyak hal, tetapi yang jadi masalah adalah kalian tidak mau untuk belajar tentang hal2 tersebut."
(Rachman Setiawan, Ph.D)

Sumber: Catatan FB Hakim Masyhur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar