Langsung ke konten utama

8 Langkah Pembuatan Kertas ala Anime Ascendance of a Bookworm

Ascendance of a Bookworm
Gambar 1. Main, Sang Kutu Buku, di Dunia Barunya
 

Anime Ascendance of a Bookworm merupakan anime isekai yang bercerita mengenai seorang kutu buku yang bereinkarnasi menjadi seorang anak kecil yang lemah dan sakit-sakitan bernama Main. Di dunia yang baru, ia berimpian untuk membaca buku. Terlahir sebagai seorang anak dari keluarga biasa, akses buku sangat sulit bagi sang tokoh utama karena buku biasanya hanya untuk kalangan bangsawan. Oleh karena itu, Main berusaha untuk membuat buku sendiri.

 Pada seri ini, diceritakan bagaimana proses percobaan yang dilakukan oleh Main sebelum akhirnya buku buatan pertamanya selesai dicetak. Karena harga kertas sangat mahal (dibuat dari kulit hewan) dan tidak mampu dibeli oleh keluarga Main, di awal cerita ia mencoba beberapa alternatif untuk menulis. Alternatif-alternatif tersebut didapatkan dari inspirasi peradaban kuno seperti pseudopapyrus (papyrus yang dibuat dari anyaman serat tumbuhan) dari mesir kuno. Setelah mencoba alternatif ini diurungkan karena setelah mengayam tiga hari, ukuran papyrus masih terlalu kecil untuk dipakai menulis.

Ascendance of a Bookworm
Gambar 2. Inspirasi dari 3 Peradaban Kuno

Alternatif kedua untuk dipakai menulis adalah tablet tanah liat yang idenya diperoleh dari peradaban Mesopotamia. Dibantu oleh temannya, Lutz, Main menggali tanah untuk mendapatkan tanah liat, membentuknya dengan ukuran kotak dan kemudian menjemurnya. Walaupun dapat ditulisi, percobaan tablet tanah liat tersebut gagal karena kehujanan ketika dijemur, diinjak oleh teman-teman Main dan juga meledak ketika dibakar di tungku.

Ide lain yang dicoba oleh Main adalah membuat pelat kayu yang kemudian disusun menjadi rangkaian yang dapat ditulis dengan tinta. Hal ini terinspirasi dari peradaban Tiongkok kuno. Hal ini juga akhirnya diurungkan karena balok-balok kayu tipis yang sudah dikumpulkan malah dijadikan kayu bakar oleh keluarganya.

Di anime ini diceritakan setelah mendapatkan koneksi dengan salah satu pedagang, akhirnya Main & Lutz mulai menggarap pembuatan kertas berbahan baku tanaman sebagai langkah awal membuat buku. Dari sini kita dapat belajar teknik pembuatan kertas yang sederhana. Ada dua tahap dalam pembuatan kertas. Tahap pertama adalah ekstrasi serat dari kulit kayu, yang meliputi:

  1. Pemotongan ranting dari pohon,
  2. Pengukusan ranting tersebut agar lunak,
  3. Pengulitan kulit kayu dari ranting yang sudah lunak,
  4. Perebusan kulit kayu untuk mendapatkan serat, dan
  5. Pemukulan dan penguraian serat dari kulit kayu.

Cara pembuatan kertas
Gambar 3. Tahap Pertama Pembuatan Kertas

Tahap kedua merupakan pencetakan kertas dari serat kulit kayu. Pertama buat campuran yang berisi air, serat kulit kayu, dan sari pati (starch). Kemudian saring larutan tersebut dengan menggunakan saringan khusus. Ketika menyaring, saringan perlu digoyang-goyangkan agar adonan konsisten. Setelah itu, endapkan hasil saringan dan tekan dengan alat press untuk mengeluarkan sisa air. Jemur hasil saringan dan press di bawah sinar matahari untuk mendapatkan kertas berbahan dasar tanaman.

Cara pembuatan kertas
Gambar 4. Tahap Kedua Pembuatan Kertas

Dari awal rencana membuat buku hingga akhirnya jadi selembar kertas, diceritakan sang tokoh utama membutuhkan waktu dua tahun. Jadi tidak langsung jadi semudah membalikkan telapak tangan. Ketika menonton anime, kita juga diceritakan dalam proses pembuatan kertas Main juga membuat inovasi produk lainnya seperti hiasan pin rambut, keranjang anyaman, panekuk, hingga shampo.

Setelah membuat kertas, akhirnya Main semakin dengan dengan impiannya untuk membuat buku. Buku pertama yang dibuatnya adalah buku ilustrasi yang menceritakan mengenai dewa-dewi di dunia tersebut. Pertama, Main membuat berbagai purwarupa kertas dari jenis tanaman yang berbeda. Kemudian untuk menulis, tinta dibuat dari campuran abu (dari tungku & cerobong asap) dengan minyak. Selanjutnya agar dapat mencetak banyak buku sekaligus dengan konten yang sama, dibuatlah cetakan dari kayu yang dipahat. Cetakan kayu tersebut dipahat berdasarkan isi halaman yang mau dicetak, dibubuhi tinta, kemudian kertas ditempelkan ke cetakan tersebut. Ketika diangkat, tinta pada cetakan menempel pada kertas, membuat ilustrasi dan tulisan tercetak. Kertas-kertas yang sudah dicetak kemudian dikeringkan sebelum dijilid.

Membuat buku
Gambar 5. Pembuatan Buku dengan Ilustrasi

Pada pengerjaannya, Main melibatkan para anak yatim piatu dari panti asuhan sehingga prosesnya lebih cepat. Untuk mengelem setiap halaman menjadi satu bundel, ia menggunakan hide glue, lem yang dibuat dari kulit hewan. Caranya tinggal membersihkan kulit hewan dari bulu, direbus dengan api kecil (jangan sampai mendidih) selama 6 – 8 jam. Hasil rebusan disaring untuk memperoleh carian lengket yang berfungsi sebagi lem. Setelah setiap lembar di lem, tumpukan halaman tersebut dijahit dengan benang untuk menjadi sebuah buku.

Membuat buku
Gambar 6. Penyelesaian Pembuatan Buku

Menonton anime ini dapat menambah wawasan pembuatan produk sendiri, mulai dari panekuk, shampo, hingga kertas. Apalagi bahan-bahannya bisa diperoleh di sekitar kita. Yuk, coba di rumah untuk prakarya atau untuk mengisi waktu bersama keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali