Langsung ke konten utama

Immortality: Berkah atau Musibah?

Usia panjang dan kesehatan yang prima sudah menjadi impian manusia sejak awal waktu. Doa semoga panjang umur dan sehat sentosa juga merupakan bagian yang diucapkan ketika menyanyian lagu ulang tahun. Obsesi tersebut dapat berkembang menjadi keinginan untuk hidup abadi. Beberapa legenda menceritakan mengenai immortality , misalnya tentang Nicolas Flamel, seorang ahli alkimia dari Prancis yang diceritakan menemukan batu bertuah (phillosopher’s stone) dan kemudian mencapai kehidupan yang kekal. Kisah sang alkimia ini juga sering diangkat dalam berbagai media seperti seri Harry Potter dan The Secret of the Immortal Nicholas Flamel.

 

Walaupun banyak orang yang mengimpikannya, apakah usia panjang merupakah sebuah berkah atau anugrah? Salah satu contoh adaptasi konsep rentang waktu hidup yang lama ini adalah pada manga UQ Holder! Pada manga yang merupakan sekuel dari Negima! Magister Negi Magi ini diceritakan salah satu tokoh yang merupakan seorang vampir hidup dengan usia yang panjang menjalankan kehidupannya sendiri ketika ditinggal mati oleh teman-temannya yang lain. Bahkan sang tokoh berkata bahwa kesetiaan dan keterikatan menjadi tidak mungkin, ia menjadi cepat lupa akan semua hal. Saya mulai menyadari bisa jadi usia yang sangat panjang, malah bisa menjadi kutukan.

Perasaan Sendirian Ketika Hidup Lama dan Ditinggal Teman-teman

Selain vampir, di budaya fiksi juga diceritakan beberapa ras yang memiliki usia panjang, salah satunya ada elf. Saya jadi penasaran pada film Lord of the Rings, apa yang terjadi pada karakter elf (Legolas, Arwend, Elrond) setelah cerita selesai. Karena usia mereka yang panjang, bisa jadi lebih banyak hal menarik yang terjadi di masa hidup mereka yang belum diceritakan di serial utama. Di banyak manga bertema isekai (pergi ke dunia lain), ketika karakter-karakter elf diceritakan berusia panjang, jarang yang membahas apa dampak usia panjang tersebut. Bahkan yang membingungkan ada yang menggambarkan tokoh elf berusia 100-an tahun masih berperikalu seperti anak-anak. Padahal secara logis pada usia tersebut kematangan mentalnya seharusnya memadai.

 

Pertanyaan saya tentang “apa yang terjadi pada tokoh yang berusia panjang” terjawab ketika membaca manga Sousou no Frieren (Frieren di Pemakanan). Bercerita mengenai bagaimana setelah tim para pahlawan menaklukan raja iblis, cerita yang diangkat agak diluar kebiasan. Biasanya cerita fantasi berfokus pada sang tokoh utama yang berpetualang hingga mengalahkan bos terakhir, sang raja iblis.

Sousou no Frieren
Cerita yang dimulai dari "epilog"

Tim pahlawan yang terdiri dari seorang hero, mage, warrior, dan priest berpisah dan menjalani kehidupan masing-masing setelah petualangan selesai. Plot twist dari cerita ini adalah perspektif yang digunakan dari seorang elf yang memiliki rentang hidup hingga ribuan tahun. Ia memiliki persepsi yang berbeda tentang waktu, baginya sepuluh tahun mungkin terasa seperti sehari saja. Namun, akhirnya ketika salah satu karakter dalam kelompok pahlawan tersebut sudah tua dan meninggal, Frieren baru merasakan dampak dari kematian pada dirinya hidup lama. Akhirnya ia memutuskan untuk melakukan perjalanan untuk lebih mengenai manusia.

Sousou no Frieren
"Hanya 10 Tahun", yang Terasa Seperti 1 Hari Bagi Seorang Elf


Cerita Frieren
lighthearted dan heartwarming. Penceritaannya juga dituliskan dengan baik. Manga ini dapat membuat pembaca merasa nostalgia ketika ia mengingat kejadian dahulu dengan grupnya, walaupun kita tidak pernah punya pengalaman ada petualangan tersebut. Misalnya ketika ia merekrut seorang priest untuk bergabung bersamanya, ia teringat mengenai pengalamanya ketika ia diajak oleh sang hero untuk penaklukan raja iblis. Setiap chapter yang mengenang masa lalu membuat hati saya tersentuh hingga menitikkan air mata. Kejadian tersebut sudah berlalu, dan tidak dapat diulang. Salah satu momen paling haru bagi saya adalah ketika tim hero menyaksikan bintang jatuh yang terjadi setiap 50 tahun sekali dan Frieren dengan santai bilang kurang lebih “50 tahun nanti kuajak buat nonton bintang jatuh ini lagi, aku tau tempat yang bagus”, seolah-olah 50 tahun lagi itu pekan depan. Dan ketika 50 tahun lagi mereka bertemu dan menyaksikan bintang itu lagi, anggota tim selain Frieren sudah menua dan kemudian setelahnya sang hero wafat.

Sousou no Frieren
Menyaksikan Bintang Jatuh Bersama untuk Terakhir Kalinya

Selain ditinggal orang-orang terkasih, manga ini mengangkat konsep lain tentang kematian dan konsep hidup panjang yang jadi poin negatif. Misalnya konsep waktu yang terus berjalan membuat banyak hal terlupakan. Seorang pahlawan yang dielu-elukan namanya dan menjadi bintang bagi setiap anak mungkin namanya akan diingat lagi 80 atau 100 tahun kemudian. Hal ini relevan dengan dunia kita saat ini, tentang bagaimana kita harus menjaga sejarah. Karena tonggak-tonggak sejarah merupakan hal penting hingga manusia dapat berkembang seperti sekarang. Senada dengan yang dikatakan oleh Bung Karno; Jas Merah, jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah!

 

Jadi, sepertinya usia yang lebih panjang dari rata-rata bisa jadi berkah. Namun jika usia jauh melampaui orang-orang yang kita kasihi bisa berubah menjadi musibah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali