Langsung ke konten utama

Bagaimana Sebaiknya Menentukan Batas Waktu Pengumpulan Tugas?

Deadline Tugas 

Ketika masa kuliah dulu, biasanya dosen memberikan deadline pengumpulan tugas yang aneh. Seringkali kami mendapatkan pekerjaan rumah yang batas waktu pengumpulannya jam 23.59. Dan banyak diantara kami yang baru mengumpulkan memet-mepet batas waktu. Untuk tugas besar atau laporan akhir semester yang durasi pengerjaannya lebih dari satu pekan, biasanya mahasiswa baru on beberapa hari sebelum dikumpulkan.

Kalau salah satu tujuan pembelajaran di perkuliahan itu untuk menyiapkan lulusan siap berkarir di dunia kerja, deadline pengumpulan seperti ini tidak efektif. Hampir tidak ada pekerjaan kantor yang diminta mengumpulkan tengah malam. Tidak ada atasan atau klien yang mau membaca di waktu tidur pada umumnya (kecuali kasus tertentu seperti insomnia). Walaupun teman-teman saya yang bekerja dikonsultan bekerja semalam suntuk, namun bukan berarti klien mengharapkan laporan sudah selesai jam 00.00.

Di dunia kerja, contoh nyata yang banyak saya temui misalnya akan ada rapat sore hari dan pada pagi hari bos meminta untuk menyiapkan presentasi sebelum makan siang. Atau ada beberapa kejadian pada rapat jumat sore, tim diminta menyiapkan laporan untuk dipresentasikan kepada komisaris di rapat senin pagi pekan depannya. Waktu akhir pekan terpaksa digunakan untuk mengerjakan laporan ini.

Ketika berwirausaha misalnya ada klien yang meminta proposal penawaran barang/jasa, belum pernah saya menemui ada klien yang bilang ingin mendapatkan proposal sebelum jam 11.59 malam. Kalaupun kami mengirimkan malam, seringkali baru dibaca di pagi hari. Jadi kami berusaha mengirim di waktu-waktu yang masih memungkinkan klien untuk langsung membacanya.

Ketika saya menjadi dosen, saya sebisa mungkin menghindari memberikan batas submission pekerjaam pukul 23.59. Karena saya tahu mahasiswa akan mengumpulkan mepet-mepet batas tersebut. Kalau ada kuliah pagi, mereka mungkin tidak ikut dengan alasan begadang hingga malam hari. Dan saya pun tidak akan langsung membacanya. Waktu yang mungkin saya set untuk pengumpulan misalnya sebelum makan siang (jam 12.00). Saya pun masih sempat membaca dan memberikan feedback sebelum jam kerja berakhir. Kalau misalkan pengumpulan jam 7 pagi (seperti laporan praktikum di jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekaysa Industri), masih ada mahasiswa yang tidak tidur semalam penuh. Bahkan setelah shubuh sering saya temui teman-teman seangkatan yang sedang mencetak laporan di Dipati Ukur.

Untuk tugas besar yang waktu pengerjaannya lebih lama, dibandingkan langsung menentukan batas pengumpulan langsung di akhir semester, saya akan membagi jadi beberapa milestone kecil. Waktu pengumpulan yang masih jauh seringkali membuat mahasiswa berleha-leha di awal dan baru tancap gas ketika sudah mepet; the power of kepepet. Misalnya jika waktu pengerjaan tugas paper penelitian selama 4 pekan, saya akan buat pekan pertama sudah ada topik, latar belakang, dan rumusan masalah. Pekan kedua mulai mengembangkan model dan membuat alat ukur. Pekan ketika mulai melakukan pengumpulan data. Dan pekan terakhir menyajikan analisis serta finalisasi laporan. Dengan begitu pekerjaan yang besar tidak akan terasa begitu membebankan dan setiap pekan ada progres yang dapat terlihat.

Dengan penentuan waktu pengumpulan yang lebih realistis dan pengumpulan berkala seperti ini, dapat lebih membiasakan mahasiswa terhadap tanggung jawabnya ketika masuk ke dunia kerja nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali