Langsung ke konten utama

Record of Ragnarok: Kritik Terhadap Sebuah Karya

Record of Ragnarok

Di pertengahan bulan Juni kemarin, ada satu anime yang langsung tayang sebanyak 12 episode di Netflix berjudul Record of Ragnarok. Jarang-jarang ada seri yang tayang satu season sekaligus. Anime yang diadaptasi dari manga yang berjudul Record of Ragnarok: Shuumatsu no Valkyrie ini bercerita tentang perkelahian antara dewa dan manusia. Premisnya dimulai dengan dewa-dewa yang ingin membinasakan umat manusia karena terlalu banyak berbuat kerusakan di muka bumi, namun Valkyrie (mahluk dari mitologi Skandinavia) menentang keputusan tersebut dan mengusulkan untuk membuat turnamen antara 13 tokoh dari umat manusia dan 13 representasi dewa. Bagi saya selling point dari manga ini bukan dari action bertarungnya yang seru, namun dari backstory setiap karakter yang membuat mengapa karakter tersebut berbuat demikian, mengapa menjadi seperti ini, dan bagaimana motivasinya. Flashback yang diselipkan di setiap pertarungan membuat ceritanya lebih berbobot, tidak hanya tonjok-tonjokan doang.

Record of Ragnarok
Daftar Petarung dari Kubu Heaven dan Humanity

Komentar dari penonton anime ini lebih banyak poin negatifnya, rating di web MyAnimeList juga tidak sampai angka 7. Karenanya saya jadi tidak jadi menonton bahkan episode pertama sekalipun. Terlepas dari kepercayaan dan agama, alur cerita manga-nya cukup menarik, yang membuat saya merekomendasikan kepada kakak saya.

Beberapa hari kemudian, kakak cerita lagi kalau sudah baca hingga chapter terbaru (chapter 40-an, pertarungan Buddha melawan Zerofuku). Kakak banyak memberikan kritik terhadap manga tersebut. Keritik pertamanya tentang prmilihan karaker. Ada 13 petarung dari sisi humanity, yang dipilih dari tokoh penting, di antaranya ada Adam, sang manusia pertama, Nikola Tesla, hingga Nostradamus. Kenapa yang dipilih dari pihak manusia orang-orang tersebut, padahal masih banyak tokoh bersejarah lain yang lebih hebat. Misalnya kenapa ditunjuk Sasaki Kojiro, bukan Miyamoto Mushahi yang pencapaian dan kekuatan tarungnya lebih hebat. Atau kenapa Lu B u, bukan Zengish Khan? Kenapa pula ada Jack the Ripper, kan dia seorang kriminal. Bahkan kakak juga mempertanyakan bagaimana tokoh Simo Häyhä, sang snipper dari Finlandia, dapat bertarung. Bukankah lebih baik Arjuna sang pemanah yang dilibatkan?

Record of Ragnarok
Salah Satu Panel Keren dari Pertarungan Ke-2 (Adam Vs Zeus)

Kritik lainnya dari kakak tentang interaksi antar karakter. Dalam cerita Record of Ragnarok, setting yang digunakan adalah seluruh dunia dan seluruh zaman, terlalu besar. Ia mengkritisi kurang banyaknya interaksi antar tokoh dan membandingkan dengan anime favoritnya. Misalnya pada cerita Fate/Zero yang bercerita tentang perang cawan suci di kota Fuyuki, King Arthur dapat bertemu lagi dengan Lancelot. Sedangkan di Record of Ragnarok tidak ada interaksi yang signifikan antara petarung manusia. Teman atau keluarga yang diperlihatkan hanya di bangku penonton. Walaupun banyak kritik, sepertinya kakak menikmati membaca cerita ini. Saya pun senang bisa merekomendasikannya.

Feedback yang konstruktif dapat membuat kita terus berkembang. Pada kasus ini, kakak saya yang hanya seorang pembaca dan tidak kenal dengan pengarangnya dapat memberikan pendapat dan kritiknya terhadap manga ini. Apalagi jika ada orang yang secara tulus memberikan feedback kepada kita. Catat dan renungkan masukan dan saran tersebut agar dapat membuat kita terus menjadi pribadi yang lebih baik. 

 


PS: ada juga video yang membahas mengenai kritik untuk anime-nya dari Megane Sensei di YouTube. Bisa dicek pada video di bawah ini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali