Langsung ke konten utama

Sukses Menggaet Target Pasar ala Muse Indonesia

MUSE Communication merupakan salah satu media yang menyediakan fasilitas untuk menonton anime secara legal. Media ini memiliki beberapa kanal besar di YouTube, diantaranya Muse Asia, yang menyediakan anime dengan subtitle Bahasa Inggris dan Mandarin, serta Muse Indonesia yang menayangkan anime dengan takarir Bahasa Indonesia. Berdasarkna namanya, kanal Muse Asia menargetkan pasar yang lebih besar dibandingkan dibandingkan kanal yang khusus untuk negara Indonesia saja. Potensi jangkauan penonton Muse Asia juga lebih luas karena menggunakan bahasa internasional. 

Hal menarik dari dua channel ini adalah jumlah subscriber Muse Indonesia lebih banyak dibandingkan Muse Asia. Walaupun perbedaannya tidak terlalu besar (Muse Asia 3,5 juta dan Muse Indonesia 3,9 juta subscriber per tanggal 21 Juli 2021), namun ada fenomena menarik mengenai jumlah penggemar anime di Indonesia dibandingan dengan Asia secara umum. Penduduk Indonesia memang banyak, jadi wajar jika penggemar anime juga banyak. Tapi apakah jumlah fans di sebuah negara saja melebih total penggemar dari satu benua? Hal ini belum dapat disimpulkan karena beragam faktor, seperti jumlah subscriber yang tidak representatif dan akses tayang yang dibatasi.

Muse Asia Muse Indonesia
Subscriber Muse Asia vs Muse Indonesia

Kalau kata sepupu saya, Gandhi, salah satu penyebab Muse Indonesia mendapatkan tambahan pengikut yang signifikan karena banyak anak-anak SD-SMP penggemar anime Tokyo Revengers. Salah satu buktinya adalah rata-rata penonton anime tentang perkelahian antar gang di Tokyo ini pada kanal Muse Asia sekitar 1-2 juta views sedangan pada kanal rekanan Indonesia sekitar 5-7 juta views.

Alasan lain mengenai jumlah follower yang lebih banyak bisa dikarenakan karena strategi marketing yang diimplementasikan oleh Muse Indonesia. Karena target pasarnya merupakan warga satu negara, sang pengelola dapat membuat kegiatan-kegiatan yang lebih personal. Muse Indonesia pernah membuat talkshow dengan mengundang animator Jepang, streaming game show, hingga konser virtual dari VTuber Andi Adinata. Karena demografi audiensnya sama (warga +62), maka taktik yang diluncurkan bisa tepat sasaran dalam meningkatkan brand awareness dan customer retention.

Muse Asia Muse Indonesia
Beberapa Events dari Muse Indonesia

Dengan audiens lokal, interaksi antar user juga dapat lebih meningkat karena penonton dapat saling berkomentar tanpa  khawatir tembok penghalang bahasa.  Misalnya pada video-video di Muse Asia, jumlah komentar biasanya sekiar ribuan, jarang yang sampai di atas 10.000. Namun pada video di kanal Muse Indonesia, tak jarang ada video yang mendapatkan komentar hingga belasan atau bahkan puluhan ribu. Yah, walaupun isinya ada juga yang berteori, saling berdebat, hingga spoiler dari manga. Jumlah view & comment yang banyak dapat meningatkan peluang untuk muncul di rekomendasi pada algoritma YouTube > menambah peminat & subscriber > meningkatkan view. Nantinya akan terus bertambah banyak mengikuti efek bola salju (snowball effect).

Jadi, dalam melakukan pemasaran produk atau jasa, fokus pada pasar domestik, atau pada satu negara terentu bisa jadi lebih efektif dibandingkan menargetkan secara luas. Contoh kasusnya adalah Muse Indonesia yang bisa menawarkan konten-konten yang cocok dengan audiens lokal untuk meningkatkan engangement & retention. Dalam konteks produk anime legal, cara yang dilakukan kanal Muse Indonesia sudah cukup efektif. Namun untuk konteks produk atau jasa lain, perlu dikaji ulang dan disesuaikan dengan target pasar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali