Langsung ke konten utama

Ternyata Lirik Lagu-Lagu Anime Keren!

Lirik Lagu Anime 

Sebuah anime tak lengkap tanpa lagu opening dan ending, bagai burger tanpa roti. Sebagai penonton anime yang tidak pandai dalam bahasa Jepang, ketika mendengarkan lagu-lagu anime, saya menikmati musiknya dahulu sebelum tahu liriknya. Sering juga saya menyukai sebuah lagu Jepang tanpa tahu arti liriknya dan tidak mau repot mencari tahu artinya. Biasanya saya baru mencari tahu arti lirik ketika ada yang bilang bahwa lagu tersebut liriknya keren, atau berhubungan dengan cerita anime. Misalnya kemarin saya baru penasaran dengan arti lagu Cry Baby dari grup band Official HIGE Dandism. Lagu yang merupakan opening pertama dari anime Tokyo Revengers ini ditulis oleh sang vokalis yang suka akan seri manga-nya dan membuat lagunya sebagai persembahan untuk Takemichi Hanagaki, sang tokoh utama cerita tersebut.

Setelah mencari tahu arti liriknya, ternyata saya menemukan bahwa banyak lagu anime yang liriknya bagus. Ada yang memiliki arti mendalam, ada juga yang memotivasi.

Misalnya pada lagu Kanashimi wo Yasashisa ni ((Turn Sadness Into Kindness), sebuah ending anime Naruto, ada bait yang artinya:

Do you like meeting all people’s expectation
And being praised for it?
Do you always have a wonderful smile
Even if you don’t turn out the way you want to?

Saya jadi refleksi diri sendiri. Penah ada masa ketika saya selalu ingin memenuhi ekspektasi orang lain, jadinya malah capek sendiri. Mentor di tempat kerja juga pernah bilang saya selalu memasang fake smile di wajah saya, walaupun tidak mau. Lagunya menggambarkan diri saya ketika itu. Untungnya sejak diberikan feedback saya perlahan mulai berubah.

Ada juga bagian lirik pada lagu dari Little by Little yang terjemahannya seperti ini:

Yeah, turn sadness into kindness
Turn the things that make you yourself into strength
It’s OK to get lost, start walking
One more time, one more time

Tidak mudah memang untuk mengubah rasa sedih menjadi motivasi untuk berbuat kebaikan. Tapi bisa kita coba dari mulai hal kecil, tidak perlu langsung berlari dan bisa mulai dari berjalan dulu. Jika satu kali belum berhasil, coba lagi dan coba lagi.

Beberapa lagu anime tahun 90-an juga ternyata memiliki arti yang baik, misalnya lagu Winning Run ~ Kaze ni Naritai yang merupakan OST anime Tamiya. Liriknya ada yang berarti

Aku ingin menjadi angin, berlarilah mimpiku
Dengan tidak pernah menyerah, berlari dan menang!
Merasakan angin, berlarilah sampai tujuan
Dengan mendapatkan kilauan kemenangan itu

Liriknya menceritakan tentang jangan menyerah untuk menggapai kemenangan dan juga nadanya bersemangat.

Jadi kalau dilihat-lihat ternyata arti dari lirik lagu-lagu anime ada yang berkesan dan bagus juga. Saya jadi lebih mengapresiasi para penulis lagu, komposer, dan pemusik yang memainkannya. Dan kalau liriknya bagus, saya pun senang menikmatinya. Sedangkan kalau liriknya negatif saya bisa mengantisipasi dengan tidak mendengarkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali