Langsung ke konten utama

Trolley Problem pada Manga Jagaaaaaan

Bayangkan kamu melihat sebuah troli yang sedang melaju ke arah lima orang pekerja yang tidak dapat kabur. Kebetulan kamu berada dekat sebuah tuas untuk mengalihkan laju troli ke jalur kedua. Di jalur lainnya juga ada pekerja, tetapi hanya satu orang. Apa yang akan kamu lakukan, mengorbankan satu orang atau membiarkan lima nyawa melayang?

Tolley Problem
Ilustrasi Trolley Problem

Permasalahan tersebut dikenal sebagai Trolley Problem, sebuah versi dilema secara etis (ethical dilemma) yang dipikirkan oleh seorang filsuf, Phillippa Foot, pada tahun 1967. Berdasarkan survei, 90% responden mengatakan bahwa it’s okay to flip the switch. Dalam situasi tersebut mayoritas orang membenarkan untuk menarik tuas dan mengalihkan jalur untuk kemudian mengorbankan satu nyawa untuk dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa. Pilihan ini sejalan dengan prinsip utilitarian, yang menyebutkan bahka keputusan yang benar secara moral adalah keputusan yang memaksimalkan kesejahteraan untuk jumlah orang terbanyak.

Ada salah satu manga yang menggunakan trolley problem ini dalam salah satu bagian ceritanya. Manga supranatural berjudul Jagaaaaaan, yang bercerita mengenak seorang polisi yang mendapatkan kekuatan super karena “frienzied frog” dan memburu orang lainnya yang terinfeksi, pada chapter 85 menampilkan permasalahan ini. Ketika sang tokoh utama kencan ke taman bermain, sang kekasih diculik. Kemudian sang tokoh utama berada pada sebuah roller coaster yang bercabang: salah satu jalur ada kekasihnya yang terikat dan di jalur lainnya ada lima orang asing yang juga terikat. Setelah berkontemplasi,bobot emosi ketika mengambil keputusan. Belle, sang kekasih, lebih penting dibandingkan lima orang yang tak dikenalnya. Sang protagonis akhirnya mengambil keputusan menggilas lima orang lainnya dapat untuk menyelamatkan belahan hatinya.

MC yang Dihadapkan dengan Dua Pilihan Berat

Nyawa Kekasihnya Lebih Berharga dibandingkan Nyawa 5 Orang Asing

Dari contoh cerita pada Jagaaaaaan ini kita bisa belajar bahwa ketika mengambil keputusan manusia tidak sepenuhnya logis, tapi juga melipatkan emosi dan perasaan. Makanya ada pembelian yang didasarkan oleh emosi. Banyak kita temui pembeli yang tidak begitu butuh barang, tapi karena terpikat dengan desain, kemasan, atau cerita di balik produk jadi akhirnya memutuskan untuk membeli. Sebagai penjual atau produsen perlu melibatkan unsur emosi dalam merancang produk dan konten pemasaran untuk menyentuh sisi emosional customer. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali