Langsung ke konten utama

HPku Hitam Putih, Tapi Hidupku Lebih Berwarna

Sejak pandemi saya jadi lebih sering menatap layar smartphone, entah itu karena kerja atau sekedar baca komik dan nonton YouTube. Lama kelamaan jadi muncul rasa ketergantungan terhadap ponsel pintar ini. Jika ada waktu senggang sedikit, cek HP, ada waktu nunggu sebentar, lihat notifikasi. Dan hampir dari bangun tidur hingga tidur lagi tidak terpisah dengan HP.

Akhir tahun 2020 saya sempat menonton video yang membahas mengenai mengurangi ketergantungan terhadap smartphone. Salah satu caranya adalah dengan mengubah setting tampilan layar menjadi hita putih (grayscale). Caranya adalah dengan masuk ke bagian setting (pengaturan) kemudian cari dan aktifkan fitur grayscale, eye comfort, atau bedtime mode (berbeda-beda perintah pengaturannya, tergantung merk dan tipe HP).

Layar HP Saya yang Di-Set Hitam Putih

Sekarang sudah delapan bulan sejak saya menjalankan tips menghitamputihkan layar ini. Awal-awal tentu ada rasak tak nyaman; biasanya melihat layar HP yang berwarna kemudian dirubah menjadi hitam putih. Ada rasa aneh juga karena ketika membaca manhwa Korea yang biasanya full color jadi seperti baca manga yang black & white. Pernah juga beberapa kali saya mengalami kesulitan, misalnya jika ada yang menanyakan perbedaan gambar dengan warna, atau ketika harus mencari detil gambar yang warnanya berbeda beda. Kalau begitu saya perlu mengubah setting menjadi mode warna kembali. Namun lama-lama jadi terbiasa dan nyaman dalam menatap layar yang grayscale. Malahan sekarang kalau tampilan di HP dirubah menjadi warna menjadi tidak nyaman.

Manfaat yang paling saya rasakan adalah berkurangnya ­screen time secara signifikan. Salah satu faktornya karena saya sudah tidak pernah baca manhwa dan webtoon lagi karena tidak nyaman dilihat secara hitam putih. Kalau sebelumnya sehari bisa menghabiskan cukup banyak waktu untuk melahap komik-komik dari korea yang memang didesain untuk dibaca dari smartphone ini, dengan tidak membaca manhwa lagi screen time menjadi jauh berkurang. Manfaat lainnya mungkin ini agak exaggerated—adalah ketika melihat sekeliling jadi lebih berwarna. Misalnya ketika naik sepeda saya perhatikan daun-daun di pohon jadi lebih terang warna hijaunya, mobil-mobil di jalan jadi terlihat warna-warni bak hiasan dan bangunan-bagunan di jalan jadi terlihat lebih cantik. Banyak hal di sekitar kita yang lebih menarik diamati daripada hanya terpaku pada layar gadet di genggaman tangan.

Dengan mengalihkan perhatian dari gadget kecil yang memudahkan mengakses dunia hanya dari sentuhan jari ini bisa membuat kita lebih menikmati dunia nyata di sekitar kita. Kalau pembaca ingin coba mengurangi durasi menatap layar dan ketergantungan terhadap smartphone, bisa mencoba cara ini. Awal-awal mungkin akan merasa tidak nyaman, tapi lama kelamaan akan terbiasa dan manfaatnya akan terasa. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert