Langsung ke konten utama

Inspirasi tentang Hadiah untuk Mahasiswa

 “The ain’t a master in the world who wouldn’t be happy when their student does a great job”

-Barbatos Bachiko-

Pada manga Mairimashita Iruma-kun! diceritakan bahwa di akhir tahun pertama bersekolah di Babyl, Iruma dan teman-teman sekelasnya mendapatkan hadiah dari para instruktur mereka. Hadiah tersebut merupakan apresiasi dari para master atas performa baik seluruh murid kelas abnormal dalam acara-acara di tahun pertama—festival panen dan festival musik—serta keberhasilan mencapai ranking 4 (dari total 10 ranking). Bentuk hadiahnya sederhana, mulai dari anting, cincin, kaca mata, hingga kalung.

Mairimashita Iruma-kun!
Aksesoris Baru Anggota Abnormal Class

Apresiasi dari master ke didikannya ini menginspirasi saya untuk melakukan hal yang sama di perkuliahan. Mungkin jika memberikan hadiah kepada seluruh mahasiswa yang diajarkan di kelas agak berat. Namun untuk menyiapkan hadiah bagi mahasiswa bimbingan yang sudah lulus sepertinya masih masuk akal. Selama mengerjakan Tugas Akhir (skripsi), para mahasiswa telah mencurahkan energi, waktu, hingga uangnya untuk mengerjakan yang terbaik hingga mempertahankan hasil penelitiannya ketika sidang kelulusan. Dosen pembimbing juga akan senang dengan hasil kerja mahasiswa bimbingannya yang memuaskan. So, a little bit appreciation for them won’t hurt.

Hadiah yang diberikan bagi mahasiswa bimbingan ketika lulus kalau bisa barang personalized yang bermanfaat di tempat kerja, jika lanjut studi, memulai bisnis, ataupun berkeluarga. Barang yang mungkin akan jadi pilihan saya salah satunya adalah business card case (kotak kartu nama).  Kebetulan di marketplace ada yang menjual tempat kartu nama yang dapat di-custom dengan dituliskan nama. Karir manapun yang akan mahasiswa pilih, kartu nama biasanya tetap dibutuhkan dalam hubugan profesional.

Personalized Business Card Case

Memberi hadiah kepada mahasiswa bisa jadi menuai kritik. Tidak semua dosen di kampus melakukan hal ini, sehingga jika berbeda sendiri dapat membuat kolega mempertanyakan pemberian hadiah ini. Di antara mahasiswa, bisa jadi menimbulkan bias ketika memilih dosen pembimbing. “Aku mau bimbingan sama Pak A, soalnya nanti kalo udah lulus dapat hadiah”. Pilihan dosepm (dosen pembimbing) berdasarkan harapan memperoleh sesuatu yang tangible, bukan berdasarkan keinginan untuk mendapatkan dosen yang menguasi topik penelitian Tugas Akhir. Namun dengan komunikasi yang baik permasalahan yang mungkin muncul dapat dimitigasi.

Saling memberikan hadiah merupakan hal yang baik dan dianjurkan juga dalam agama. Pemberian hadiah bisa dari master ke anak didik, guru ke murid, juga dosen ke mahasiswa. Apresiasi yang diberikan merupakan sebuah bentuk ucapan selamat atas perjuangan dan pencapaian sang binaan. Dan semoga hadiah kecil yang diberikan dapat menemani mereka menjalani karirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert