Langsung ke konten utama

Tak Perlu Kesulitan Mengeja Huruf Lagi dengan NATO Phonetic Alphabet

Di suatu pelajaran di kelas, sang guru sedang membacakan jawaban soal ulangan.
“Nomor 1, A. Nomor 2, B.”
“Apa Pak?”, tanya murid-muridnya.
“B, Bandung. Nomor 3, D.”.
“Apa Pak?”, murid-murid bertanya kembali.
“D, Dodol”.

Ketika mengeja abjad seringkali kita menggunakan objek yang familiar dengan nama depan yang sama dengan huruf yang dieja. Kata Bandung untuk menegaskan huruf B dan kata dodol untuk menegaskan huruf D. Cara ini efektif untuk membedakan dua huruf yang pengucapannya mirip tersebut karena kota Bandung dan makanan Dodol diketahui secara luas dan pelafalan keduanya berbeda.

Ketika bekerja di lingkungan internasional bisa jadi cara mengeja huruf B dan D seperti contoh di atas tidak efektif. Pengalaman pertama saja kerja bersama ekspatriat adalah ketika karir pertama di bagian Human Resource pada perusahaan oil & gas asal Perancis. Sebagai karyawan yang intens berhubungan dengan telepon, saya pernah merasa kesulitan ketika mengkomunikasikan nama dan nomor karyawan (yang terdiri dari angka dan nomor). Pendengar diseberang kabel telepon pernah kebingungan ketika saya menyebutkan nama & mengeja huruf. Ditambah lagi kecadelan saya membuat pelafalan huruf ‘r’ tidak jelas.

Secara tidak sengaja saya menemukan Phonetic Alphabet dari NATO. Cara ini adalah cara pelafalan alfabet dengan menggunakan set kata-kata, bukan huruf per huruf, dalam komunikasi lisan yang dulu digunakan oleh NATO (North Atlantic Treaty Organization) dalam komunikasi di radio atau melalui telepon. Setiap kata dipilih untuk mewakili huruf inisialnya. Ada 26 kata yang berasosiasi dengan setiap huruf alfabet dalam bahasa Inggris sebagai berikut:

Sumber: Pinterest

Untuk mengeja huruf B misalnya, kita menggunakan kata ‘Bravo’ dan mengeja huruf D dengan menggunakan kata ‘Delta’. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengeja huruf yang pelafalannya mirip seperti B, D, dan P. Saya sampai mencetak dan nemempel NATO phonetic alphabet ini di depan telepon di meja kantor agar memudahkan mengeja ketika berkomunikasi via telepon.

Belakangan ini, saya baru tahu juga bahwa menggunakan kata untuk mengeja huruf ini juga dipakai di berbagai bisang, misalnya Telemarketing. Pernah ada sales asuransi yang menelepon dan ketika mengeja abjad dia menggunakan ejaan kata pada NATO phonetic alphabet. Sepertinya cara ini sudah digunakan secara standar dalam industri dan saya terlambat mengetahuinya. Spelling alphabet seperti ini bisa jadi referensi ketika berkomunikasi secara virtual seperti sekarang, mulai dari kuliah daring, mengerjakan tugas secara online, hingga telepon kasual bersama teman-teman. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert