Langsung ke konten utama

Pengalaman Pengajuan Visa Taiwan yang Tertunda

“Maaf, visanya belum jadi, Mas. Masih di Officer”.

Padahal hari itu seharusnya jadwal pengambilan visa dan batas waktu pengumpulan visa untuk diproses keberangkatan oleh kampus.


Pengalaman pertama pengajuan visa yang belum selesai pada saat waktu pengambilan adalah ketika saya mengajukan visa Taiwan untuk belajar bahasa mandarin.

Pada bulan Agustus 2021, Taiwan mengumumkan telah membuka perbatasan untuk pelajar dan kamus saya sudah menerima mahasiswa untuk datang ke Taiwan. Ketika itu saya akan mengajukan visa kunjungan untuk belajar bahasa karena mendapatkan Huayu Enrichment Scholarship dari Ministry of Education Taiwan.

Hari Jum’at tanggal 10 September 2021 saya berangkat dari Bandung ke Jakarta untuk mengunjungi kantor Taiwan Economic and Trade Office (TETO) untuk mengajukan pembuatan visa. Sebelumnya saya mengirimkan email ke bagian pendidikan TETO mengenai syarat pengajuan visa. Selain syarat-syarat yang tercantum di website, di email menyatakan bahwa financial statement dapat diganti dengan surat penerimaan beasiswa. Alhasil saya tidak mencetak rekening koran di bank. Dan ketika berkas-berkasnya dicek oleh petugas di loket pengajuan, beliau bilang dokumennya lengkap. Padahal saya juga sudah membawa buku tabungan siapa tahu ternyata tetap dibutuhkan rekening koran. Namun karena lolos pengecekkan, saya tidak mencetak buku taungannya. Akhirnya saya membayar biaya visa dan mendapatkan receipt untuk pengambilan tanggal 17 September 2021.

Konfirmasi dari Divisi Pendidikan TETO tentang Financial Statement

Di masa pandemi hari kerja TETO hanya tiga hari sepekan (Senin, Rabu, dan Jumat) dan pembuatan visa selama empat hari kerja. Jadi jika masuk Jum’at tanggal 10 September, pengambilan terhitung dari hari Jum’at, Senin, Rabu, dan Jum’at pekan depannya tanggal 17 September.

Receipt Pengambilan Visa

Sepekan setelahnya, saya pergi lagi ke Jakarta untuk pengambilan visa di siang hari. Hal yang mengejutkan adalah ternyata visa saya belum jadi, masih di-review oleh officer. Setelah menunggu beberapa lama saya dipanggil oleh officer dan dijelaskan bahwa visa belum dapat dikeluarkan oleh TETO karena ada dokumen yang kurang, yakni rekening tabungan. Saya coba jelaskan dari email mengenai financial statement yang dapat diganti surat beasiswa serta berkasnya lengkap ketika pemeriksaan. Namun tetap dibutuhkan cetak rekening koran. Di TETO, pengajuan visa termasuk dokumen susulan hanya bisa dilakukan pagi hari. Akhirnya hari Senin pekan depannya saya harus ke TETO lagi untuk mengajukan dokumen susulan.

Terlambatnya keluar visa paling ini paling berdampak ke keberangkatan saya. Dari kampus awalnya meminta untuk mengirimkan paspor, visa, tiket pesawat, dan bukti pembayaran kuliah maksimal tanggal 17 September 2021 jam 23.59 waktu Taipei. Namun karena pada tanggal pengambilan visa saya belum jadi, sempat hampir tidak dapat berangkat. Untungnya setelah dijelaskan bahwa visa belum jadi kampus mengerti dan dapat memfasilitasi kedatangan yang terlambat.

Lesson Learned: Ketika mengajukan visa ke negara manapun dari Indonesia dan untuk kepentingan apapun, sebaiknya menyiapkan dokumen selengkap-lengkapnya, termasuk rekening koran. Saya ingat lagi ketika sebelum-sebelumnya mengajukan visa pasti melampirkan fotokopi buku tabungan atau cetak rekening koran. Bahkan ketika pertama kali mengajukan visa ke Taiwan tahun 2019 saya pun melampirkan cetak rekening koran. Satu-satunya yang ada persyaratan bukti keuangan dalah ketika pengajuan visa ke Mainland China ketika tinggal di Hong Kong. Pada kasus Taiwan ini saya mengangap enteng tentang syarat pengajuan visa karena berbekal email dari bagian pendidikan TETO. Padahal di email juga ditulis bahka kebijakan tetap tergantung otoritas visa. Jadi penundaan pemprosesan visa Taiwan pada kasus ini murni kesalahan saya. Untungnya hanya tertunda saya visanya, tidak sampai ditolak. 

 

Update

Hari Senin tanggal 20 September 2021 pagi saya kembali ke TETO untuk menyusulkan rekening koran. Jam 10 pagi dikabari bahwa visanya sudah selesai dan bisa diambil. Pengambilan mulai dari pukul 13.30 WIB. Alhamdulillah visanya bisa jadi di hari yang sama, jadi tidak perlu bolak-balik ke Jakarta lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali