Langsung ke konten utama

Pengalaman Mengambil Tes TOEFL IBT Home Edition

Hasil tes bahasa Inggris dibutuhkan untuk berbagai hal, mulai dari mendaftar kuliah lanjut, melamar pekerjaan, hingga mengikuti program penelitian ke luar negeri. Hasil tes bahasa Inggris yang umum digunakan, yakni IELTS dan TOEFL, hanya berlaku dua tahun. Kebetulan hasil tes IELTS saya sudah tidak berlaku bulan Agustus 2020 dan hasil TOELF IBT (Internet-Based Test) sudah expired Januari 2021. Di masa pandemi ini saya agak enggan untuk mengambil tes ulang karena membayangkan harus pergi ke luar rumah dan menghabiskan waktu beberapa jam di tempat tes. Untungnya saya diberitahu Kak Aji (Praditya Ajidarma) bahwa TOEFL IBT ternyata sekarang dapat diambil dari rumah saja. Hal ini sangat menyenangkan karena ketika pertama kali mengambil tes TOEFL IBT bersama Ilham (Ilham Reza Prasetyo) tahun 2019 lalu, kami mengambilnya di Cornell Institute di Pantai Indah Kapuk karena di kota kami tidak ada tempat tesnya. Sehingga kami harus pergi ke Jakarta satu hari sebelumnya.

TOEFL home edition memungkinkan peserta ujian untuk melaksanakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang terdiri dari Listening, Reading, Speaking, dan Writing ini dari tempatnya masig-masing, tidak perlu datang langsung ke tempat tes seperti biasanya. Ketika mendaftar di website ETS, kita dapat memilih opsi Home Edition. Proses registrasi hingga pembayaran dilakukan sepenuhnya secara online. Biaya tesnya sama dengan jika mengambil tes di test center, sebesar 205 USD (per tanggal 3 Oktober 2021). Opsi waktu dan tanggal pelaksanaan dapat disesuaikan dengan pilihan kita yang paling nyaman.

Lalu bagaimana persiapan, pelaksanaan, dan pengiriman hasil tes TOEFL ini jika kita menjalankannya dari kamar sendiri?

 

Persiapan

Ketika mendaftar, saya memilih hari Ahad, tanggal 3 Oktober 2021 pukul 07.00 WIB. Saya lebih suka tes di pagi hari dan memilih hari libur agar tidak terganggu dengan pekerjaan. Sebelum mendaftar, pada website tersebut ada beberapa checklist yang harus dipenuhi, mulai dari spesifikasi komputer, memastikan bahwa kamera, mikrofon, dan browser dapat berfungsi dengan baik serta koneksi internet memiliki kecepatan minimum yang disyaratkan. Pada laman tersebut juga dicantumkan ketentuan kondisi ruangan tempat akan melakukan tes, mulai dari meja tempat akan mengerjakan tes harus bersih dan tidak boleh ada orang yang masuk selama tes berlangsung. Ada juga browser khusus dan add-ons yang harus di-install untuk menjalankan tes.

Saya mendaftar tes pada tanggal 26 September 2021. Artinya hanya memiliki waktu 1 pekan untuk persiapan. Pendaftaran mendadak ini cukup impulsif setelah mendengarkan sharing session dari salah satu teman mentoring. Sebenarnya saya sudah lama ingin mengambil tes kembali, tapi malah ditunda-tunda. Hingga akhirnya memberanikan diri untuk mendaftar tes terlebih dahulu agar persiapannya lebih serius.

Sumber yang saya gunakan untuk belajar adalah Baron’s TOELF IBT edisi ke-14. Buku ini sudah terasuk MP3 untuk bagian listening, speaking, dan writing. Ebook-nya dapat diperoleh di Perpustakaan Pencipaan (Library Genesis). Selain itu saya juga menonton video-video dari kanal YouTube ‘TOEFL with Juva’. Tip dan cerita-cerita dari Mbak Juva sangat membantu untuk lebih mempersiapkan mental ketika akan mengambil tes. Terutama template dari beliau untuk speaking dapat membuat saya tidak kebingungan ketika akan mulai menjawab bagian speaking.

 

Pelaksanaan

Pastikan kita sudah standby sebelum tes dimulai. Pada email konfirmasi pelaksanaan tes, terdapat link ujian yang akan terbuka tepat pada waktu yang sudah kita pilih. Jika terlambat membuka lebih dari 15 menit maka kesempatan untuk mengambil tes akan hangus dan perlu mendaftar dari awal. Jangan lupa bilang pada keluarga di rumah jika akan melaksanakan tes hingga beberapa jam ke depan.

Ketika ujian kita hanya dapat membawa satu lembar kertas A4 kosong yang dimasukkan ke dalam sheet protector atau whiteboard kecil dengan spidol yang dapat dihapus. Kesalahan saya adalah selama latihan saya terbiasa menggunakan kertas A4 biasa dengan pulpen. Padahal jika menulis di atas plastik dengan spidol, terasa lebih licin dan tulisannya tidak sejelas jika menulis dengan pulpen. Maka saran saya semenjak latihan langsung gunakan media menulis yang memang akan digunakan ketika ujian (kertas dilapis plastik atau papan tulis putih) agar ketika mengambil tes sudah terbiasa.

Ketika link sudah terbuka, hal yang pertama dilakukan adalah verifikasi data. Tes TOEFL ini dipantau oleh ProctorU yang dibelakangnya ada orang asli yang mengamati kita selama tes. Makanya pastikan selama tes setidaknya wajah hingga leher kita masuk ke dalam kamera. Selain validasi identitas, kita juga akan diminta untuk memperlihatkan ruangan tempat tes dengan memutar komputer atau webcam 360 derajat. Layar laptop atau komputer kita perlu diperlihatkan ke kamera dengan menggunakan cermin atau kamera HP. Saya menggunakan cermin yang sudah disiapkan sebelumnya di meja. Termasuk saya diminta untuk menaruh ponsel di tempat yang tidak terjangkau dan diminta untuk memperlihatkan dimana tempat menyimpan ponsel tersebut. Kemudian kita disuruh menatap kamera untuk diambil fotonya yang akan dicetak di sertifikat hasil tes. Jadi sangat disarankan untuk memakai pakaian yang rapi. Untungnya ketika proses verifikasi saya cepat sehingga prosesnya hanya sekitar 7 menit.

TOEFL ITB Home Edition
Persiapan Work Station Sebelum Ujian

Setelah selesai, sang Proctor akan meng-input password pada komputer untuk membuka akses memulai tes. Selama tes sang Proctor akan selalu standby, jadi jika ada hal yang ingin ditanyakan dapat langsung bicara atau menggunakan kolom chat. Seluruh aktivitas di layar dan video kita akan direkam selama tes berlangsung. Pastinya kita tidak akan berbuat kecurangan, namun jangan sampai kita melakukan hal-hal yang mencurigakan bagi pengawas yang kemudian membuat tes kita tidak valid, misalnya terlihat sering komat kamit sendirian atau melihat ke arah selain layar dalam waktu lama.

Setelah sesi Reading dan Listening ada waktu istirahat selama 10 menit. Saya menggunakan sesi ini untuk pergi ke toilet dan minum air putih. Untuk melemaskan tubuh yang tegang saya juga melakukan peregangan kecil di depan meja. Pastikan sudah kembali ke depan komputer dan kamera sebelum waktu istirahat habis. Kemudian ketika akan memulai sang pengawas akan melakukan verifikasi data dan melihat ruangan secara keseluruhan kembali.

Untungnya tes berjalan lancar hingga selesai. Satu kesalahan yang saya sesali adalah pada sesi writing. Di bagian kedua, independent esai, saya terlalu lama menghabiskan waktu untuk membuat parafrase dan mencari sinonim dari kata-kata yang akan ditulis. Saya baru sadar bahwa panjang tulisan yang saya buat baru sekitar 300 kata dari 350 kata minimal yang diminta. Padahal selama latihan jumlah kata pada esai bagian ke-2 pasti lebih dari 350 kata. Yaah, sudahlah~.

Ketika tes sudah selesai, Proctor akan meminta kita menghapus isi kertas yang digunakan untuk menulis di depan kamera. Karena kertasnya hanya selembar dan menghapusnya harus ditampilkan di kamera, agak kesulitan juga dalam menghapusnya. Setelah semuanya clear sang Proctor akan meminta kita untuk menekan tombol exit pada broswer. Kemudian kita akan di-direct ke sebuah laman kuesioner feedback. Voila, seluruh rangkaian tes sudah selesai!

 

Pasca Tes

Hasil tes akan keluar dalam waktu 10 hari setelah jadwal ujian. Kata Mbak Juva bisa lebih cepat (hanya 6 hari) atau bahkan bisa lebih lama. Kalau setelah 10 hari belum dapat email, kita bisa menunggu lebih lama atau menanyakan ke pihak ETS. Saya mendapatkan email notifikasi bahwa hasil tes sudah dapat diakses tepat 10 hari setelah jadwal ujian, yaitu pada tanggal 13 Oktober, sekitar pukul 13 WIB. Jika hasil tes fisik ingin dikirimkan bisa memintanya di awal. Menurut email, pengiriman print out test antara 7-10 hari di US dan 4-6 pekan di daerah lainnya. Walau hasilnya agak tidak sesuai ekspektasi namun saya puas karena akhirnya kesampaian untk mengambil tes kemampuan bahasa Inggris yang sudah sempat lama tertunda.

TOEFL IBT Home Edition
Pengumuman Hasil Tes via Email

Jika kamu ingin mengambil tes kemampuan Bahasa Inggris, saya sangat merekomendasikan untuk mengambil TOEFL IBT home edition karena proses persiapannya yang mudah, pelaksanaannya yang nyaman, dan dapat diambil dari rumah masing-masing. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali