Langsung ke konten utama

Daftar Barang Bawaan untuk Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Selamat, kamu sudah diterima untuk sekolah di kampus impianmu di luar negeri!

Persiapan sebelum berangkat merupakan hal kursial untuk kelancaran selama tinggal di lingkungan yang baru. Selain mempersiapkan dokumen seperti paspor dan visa, hal yang tak kalah penting adalah mempersiapkan barang-barang untuk di bawa. Seringkali mahasiswa ingin membawa beragam hal, yang tidak cukup jika hanya masuk ke bagasi pesawat ekonomi biasa.

Banyak maskapai yang menyediakan fasiltas bagasi tambahan untuk mahasiswa yang belajar di luar negeri. Misalnya Singapore Airlines memberikan fasilitas bagasi 40 kg bagi penumpang yang terverifikasi statusnya sebagai pelajar. Namun kapasitas tersebut seringkali masih kurang. Oleh karena itu perlu dipilih dengan cermat barang mana yang perlu dibawa dari Indonesia dan mana yang dapat dibeli di negara tujuan.

Sebelum berangkat, saya riset kecil-kecilan tentang barang apa saja yang perlu di bawa ke luar negeri. Jawaban di internet beragam, mulai dari barang esensial seperti pakaian hingga barang yang katanya orang Indonesia seringkali kesulitan mendapatkan di luar negeri seperti sambal. Dari sharing pengalaman orang lain di internet, ada barang yang cocok dengan saya dan ada juga yang kurang sesuai untuk dibawa.

Pertama kali berangkat untuk kuliah di Hong Kong saya membawa banyak hal yang ternyata tidak terpakai. Misalnya saya membawa gantungan baju dan pemanas air elektrik. Pemanas air yang terbuat dari alumunium ini menyita cukup banyak ruang di koper. Padahal dapat di beli di Hong Kong dengan harga yang masih terjangkau. Jadi membawa alat ini cost-nya (memakan ruang yang luas dalam koper) dengan benefit (dapat memanaskan air ledeng untuk diminum) tidak terlalu ekonomis.

Selain barang yang ukurannya besar. Ada juga dokumen yang juga tidak terpakai, misalnya pas foto yang dicetak dalam berbagai ukuran. Sebelum berangkat saya mencetak foto dengan berbagai ukuran, salah satu tujuannya untuk kepentingan pengajuan pembuatan visa ke negara lain. Saya sempat mendengar kalau membuat pas foto di Hong Kong sangat mahal, jadi merasa lebih baik cetak di Indonesia. Ternyata ketika mau membuat visa ke Tiongkok foto-foto yang saya bawa tidak ada yang terpakai dan harus membuat pas foto ulang di kantor pembuatan visanya. Untungnya biayanya tidak terpakai.

Belajar dari pengalaman tinggal di Hong Kong dan exchange student ke Taiwan, ketika akan berangkat ke Taiwan untuk kuliah kedua kalinya, saya lebih cermat dengan bertanya teman yang sedang kuliah di sana. Misalnya saya bertanya ke Ghifary, teman yang S2 di National Taipei University, mengenai apakah perlu membawa rice cooker atau tidak. Berdasarkan pengalaman tinggal sendiri di Hong Kong, setiap hari saya memasak agar dapt menghemat pengeluaran. Sehingga penanak nasi sangat berguna. Makanan di Taiwan lebih terjangkau dari Hong Kong, sehingga kalau beli di luar pun masih cukup ramah di kantong. Dan lagi karena tinggal di asrama IECA (Islamic Education and Cultural Association) Yonghe, peralatan dapurnya sudah lengkap sehingga mahasiswa tidak perlu membawa alat masak sendiri.

For further reference, daftar barang yang menurut saya penting untuk di bawa jika sekolah ke luar negeri dapat diakses pada daftar excel di tautan berikut:

Daftar Barang Bawaan Persiapan Studi di Luar Negeri

Daftar tersebut dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti pakaian, alat sholat, alat mandi, keuangan, alas kaki, perlengkapan tidur, perlengkapan rumah tangga, obat-obatan, alat tulis, alat elektroik, serta barang katergori lainnya.

Daftar ini sesuai untuk saya namun belum tentu berlaku general untuk semua orang. Misalnya karena hobi saya bermain boardgame, saya mencamtumkan boardgame favorit, Pandemic, dalam daftar barang bawaan. Daftar tersebut juga disusun berdasarkan iklam dan fasilitas publik di negara-negara Asia Timur. Sialakan menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Selamat berkemas!  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali