Langsung ke konten utama

3 Kegalauan Mahasiswa Ketika Menulis CV

 Salah satu kegalauan terbesar bagi mahasiswa adalah bagaimana menyusun CV yang baik agar dapat diterima pada pekerjaan yang diinginkan. Saya mendapatkan undangan untuk sharing mengenai pembuatan CV kepada teman-teman di HIMATIKA UNILA (Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Lampung) pada kegiatan Studi Ekskursi 2022. Merupakan sebuah kehormatan untuk dapat belajar bersama teman-teman HIMATIKA UNILA pada acara tersebut.

Cara Menyusun CV yang Baik
Poster Acara Studi Ekskursi HIMATIKA UNILA 2022

Materi sesi sharing ini dibagi menjadi framework Curriculum Vitae, atau resume, accomplishment statement, dan membangun portfolio. Bagian pertama membahas mengenai komponen-komponen yang perlu dicantumkan di lembar riwayat hidup, hal yang perlu dilakukan dan sebaiknya dihindari, kesalahan umum yang banyak dijumpai pada profil diri pelamar kerja, dan poin-poin yang menjadi penilaian dari CV. Bagian kedua menelusuri tentang accomplishment statement, yang merupakan jantung dari CV. Bagaimana menuangkan pengalaman organisasi atau pengalaman kerja dalam CV agar tidak hanya menulis aktivitas generik seperti job description dan membuat pengalaman lebih powerful dibedah pada bagian ini. Ada juga studi kasus dari contoh-contoh CV mengenai hal yang sudah efektif dan bagian yang masih dapat ditingkatkan. Terkahir sesi presentasi ini bercerita mengenai rekam jejak digital serta membangun porfotolio yang baik selagi masih menjadi mahasiswa.

Cara Menulis CV yang Baik
CV Tidak Menjamin untuk Mendapatkan Kerja, Namun CV yang Baik bisa Meningkatkan Peluang untuk Dipanggil Wawancara

Dari kesempatan berbagi selama 1,5 jam ini, tidak hanya teman-teman mahasiswa yang belajar, tapi saya juga banyak mendapatkan insight. Pertama, saya menyadari bahwa mahasiswa yang baru membuat CV, biasanya mencantumkan informasi mulai dari Sekolah Dasar serta detil identitas diri yang bisa jadi tidak terlalu relevan seperti golongan darah dan agama. Kedua, pertanyaan yang diajukan mereka banyak seputar format penulisan CV, seperti tulisan yang digunakan, desain CV, hingga perlu mencantumkan foto atau tidak.

Ketiga, untuk menuliskan statement of accomplishment ada dua kutub yang berlawanan. Satu sisi ada yang kebingungan bagaimana menuliskan pengalamannya yang banyak dan pada ekstrem lainnya galau mau menuliskan apa karena selama ini menjadi mahasiswa kupu-kupu saja (kuliah-pulang kuliah pulang). Pada bagian pengalaman, sebagian besar peserta selama ini hanya mencantumkan posisi atau jabatan beserta organisasinya. Jarang sekali ada yang mencantumkan detil pengalamannya. Kalaupun ada yang dituliskan merupakan deskripsi kerjanya saja, bukan pencaiapan yang dilakukan yang membuat sang kandidat berbeda dengan orang lainnya pada posisi yang sama.

Setelah acara, panitia membuat challenge bagi peserta untuk mendapatkan kesempatan untuk di-feedback CVnya. Kalau hanya mendengarkan materi bisa saja lupa dan tidak diaplikasikan. Namun kalau langsung dipraktikan dan juga mendapatkan masukan terhadap apa yang ditulisnya, bisa membuat mahasiswa lebih ingat. Bahkan mungkin dapat juga menyalurkan ilmu ini kepada teman atau adik kelasnya kemudian.

Cara Menulis CV yang Baik
Foto Bersama di Akhir Sesi

Senang sekali bisa membagikan secuil pengalaman dalam menyusun CV yang dapat meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara. Saya belajar tentang tren yang terjadi dan kekhawatiran yang sering ditanyakan oleh mahasiswa sekarang mengenai menulis resume. Masukan ini dapat membantu untuk menyusun materi yang lebih baik lagi dalam menulis CV. Semoga bermanfaat dan sekali lagi terima kasih teman-teman HIMATIKA UNILA atas kesempatannya untuk berbagi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali