Langsung ke konten utama

3 Hal Indah yang Teramati saat Acara Syukuran Wisuda FTI dan Prodi TI ITB

 Today is Yours” – Wisuda ITB

Momen kelulusan, terutama ketika wisuda merupakan hal yang paling dinanti oleh mahasiswa. Setelah berjuang di perkuliahan akhirnya bisa tamat dan mulai mengejar cita-citanya. Saat saya diwisuda pun saya merasa hari tersebut amat bahagia. Masih dikenang jelas saat-saat sidang kelulusan tanggal 17 Oktober 2015 di Sabuga ITB. Pada hari wisuda itu saya fokus pada diri sendiri dan rangkaian acaranya. Saya tidak terlalu memperhatikan keadaan sekitar.

Industrial Engineering ITB Graduation
Bersama Para Ketua Program Studi

Ketika menjadi panitia untuk wisuda di fakultas dan jurusan, barulah saya mulai mengamati beberapa hal menarik yang sebelumnya sempat diacuhkan. Terlebih bulan Juli 2022 merupakan kali pertama acara syukuran di fakultas dan program studi dua-duanya dilakukan secara luring. Saat wisuda online selama dua tahun kebelakang walaupun menjadi panitia bahkan beberapa kali menjadi pembawa acara, acara syukuran kelulusan terkesan biasa saja. Namun ketika hadir wisuda offline yang pertama kali setelah pandemi Covid-19 ini kesan yang terasa amat berbeda.

Penampilan Orang Tua Wisudawan

Orang tua juga berusaha untuk tambil yang terbaik ketika menghadiri momen bangga anaknya. Ayah dan ibu mengenakan pakaian terbaik. Sang ibu tak jarang sampai ke salon dan memanggil make up artist untuk mempercantik penampilan. Sebelumnya saya hanya memperhatikan wisudawan dan wisudawati saja. Terutama untuk wisudawati, wajar jika mereka berias di momen kelulusan ini. Tapi ternyata para orang tua juga menghormati momen ini dengan berpenampilan yang terbaik.

wisuda fakultas teknologi industri jurusan teknik industri ITB
Acara Syukuran Wisuda di Fakultas yang juga Dihadiri oleh Orang Tua. Credit: FTI ITB

Selain pakaian, ada juga orang tua yang berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan sambutan yang tidak mengecewakan. Di syukuran wisuda program studi (studi) biasanya ada mata acara sambutan dari perwakilan orang tua wisudawan. Beberapa kali saya amati ada orang tua yang sudah mempersiapkan teks. Dari kontennya yang berbobot, tata bahasa yang rapi dan penggunaan rima kata yang indah, saya yakin beliau mempersiapkan kata-kata wejangannya dalam waktu yang tidak sebentar.   

Apresiasi dari Adik Kelas

Sejak saya masih kuliah sudah wajar untuk memberikan kenang-kenangan kepada kakak kelas yang sudah lulus lebih dahulu. Saya pun pernah memberikan kakak kelas yang pernah kerja bersama dalam organisasi kampus dan kakak kelas yang cukup dekat. Waktu itu saya merasa memberikan hadiah tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih atas bimbingannya selama berinteraksi. Ketika sekarang saya mengamati ada adik kelas yang mempersiapkan kado kelulusan bagi seniornya, saya bersyukur budaya apresiasi ini masih berjalan. Apresiasi yang diberikan pun tidak perlu mahal dan mewah. Sesederhana mempersembahkan lagu ketika acara syukuran wisuda pun dapat menjadi bentuk hadiah terindah dari adik kelas kepada alumni baru.

hadiah wisuda wisudawan wisudawati FTI ITB
Apresiasi Kecil untuk Wisudawan. Credit: FTI ITB

Persembahan yang menurut saya amat berkesan adalah ketika menonton video yang diputarkan untuk wisudawan Juli 2022 di acara syukuran prodi. Himpunan membuatkan video kompilasi foto dan video dari angkatan yang baru lulus. Dokumentasi yang dikumpulkan bahkan dari mulai masa oritentasi ketika tahun pertama. Didengan dilengkapi dengan narasi yang puitis membuat pemutaran video semakin membangkitkan kenangan indah selama kuliah.

Pekerjaan Tata Usaha di Balik Layar

Staf tata usaha di kampus sangatlah membantu administrasi perkuliahan mulai dari pendaftaran kuliah hingga pengurusan sidang dan syarat yudisium kelulusan. Oh ya, kalau di ITB mahasiswa tidak perlu menyiapkan konsumsi untuk dosen penguji ketika sidang Tugas Akhir. Karyawan tata usaha sudah menguruskan konsumsi untuk para dosen. Menurut cerita teman di beberapa kampus lain mahasiswa harus menyediakan makanan untuk dosen penguji. Dan seringkali makanannya yang lumayan menguras kantong mahasiswa yang terbatas.

Menjelang sidang kelulusan, terutama untuk wisuda Oktober yang mayoritas mahasiswa jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa lulus, petugas tata usaha seringkali kewalahan untuk mengatur jadwal persidangan, mencari penguji dan menyesuaikan penggunaan ruangan. Sebagai yang sempat terlibat di bagian administrasi persidangan ini, ternyata beban mental untuk pekerjaan ini cukup tinggi. Terutama untuk mencari dosen penguji. Ketika sidang Tugas Akhir akan ada dua dosen penguji dan satu dosen pembimbing. Para dosen ini diusahakan memiliki bidang keahlian yang relevan terhadap topik Tugas Akhir yang akan akan diujikan. Mencari kecocokan jadwal diantara ketiga orang ini ternyata bukanlah hal yang mudah. Bisa sampai bolak-balik untuk menanyakan beberapa alternatif waktu sidang. Apalagi kalau ada co-pembimbing. Jadwal yang perlu dicari irisannya sampai empat orang.

kolam indonesia tenggelam kampus ganesha
Gambar dari Drone di Atas Kolam Indonesia Tenggelam

Ternyata setelah sidang selesai dan nilai Tugas Akhir diputuskan, administrasi belum selesai. Masih ada sidang yudisium di fakultas. Sebelum disidangkan berkas mahasiswa diperiksa satu per satu dengan detil agar memastikan yang bersangkutan benar-benar sudah memenuhi syarat untuk dapat memperoleh gelar sarjana dan ijazah. Hal yang perlu dicek mulai dari apakah mahasiswa sudah lulus seluruh mata kuliah pada struktur kurikulum hingga memenuhi syarat administrasi kelulusan seperti mengumpulkan file dokumen tugas akhir dan surat bebas pinjam dari perpustakaan. Jika ternyata ada yang terlewat tugas mereka juga untuk menghubungi calon wisudawan untuk menyusulkan kelengkapannya agar dapat diproses pada yusidium.

foto wisuda FTI ITB di Plaza Widya kampus Ganesha
Latar Belakang Foto Wisuda Paling Populer: Labtek Kembar di Plaza Widya Nusantara

Dengan mengamati tanggung jawab para staf di tata usaha membuat saya lebih mengapresiasi para tenaga pendidik. Walau pekerjaan mereka tidak terlihat, namun hasilnya amat bisa dirasakan oleh para penyandang gelar sajana teknik ini yang baru ini.  Kalau tidak ada mereka, sidang skripsi tidak dapat berjalanan dan sidang yudisium tidak dapat diputuskan.Terima kasih atas kerja keras Bapak dan Ibu dalam mendukung kelulusan para sarjana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali