Langsung ke konten utama

Komposisi Unik untuk Penilaian Kuliah

“Ini mata kuliah paket A bukan? Lagi butuh suntikan vitamin A buat naikin IP nih

Pada umumnya bentuk penilaian suatu mata kuliah terdiri dari Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), kuis, tugas, dan kehadian di kelas. Bobotnya beragam, ada yang proporsinya lebih besar UAS, ada juga yang kuis dan tugas lebih dipertimbangkan. Ada bentuk evaluasi mata kuliah yang menurut saya unik.

Komponen Penilaian dan Bobotnya

Kuliah-kuliah yang diampu oleh Pak Budhi (Dr. Ir. Budhi Prihartono, DEA) di jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Institut Teknologi Bandung mengimplementasikan bentuk asesmen yang cukup berbeda dengan kuliah lainnya. Misalnya pada mata kuliah pilihan TI4033 Perancangan dan Transformasi Proses Bisnis, bobot penilian indeks akhir adalah sebagai berikut:

Komponen Penilaian

Bobot

UTS

50%

Tugas

40%

Kuis

10%

H-1 UAS akan diumumkan nilai mahasiswa yang mendapat indeks nilai A/AB/B/BC/C/D. Mahasiswa yang ikut UAS adalah para mahasiswa yang tidak mendapatkan nilai A. Bobot UAS adalah sebesar 100% dan bahan ujiannya adalah semua bahan kuliah dari awal. Syarat ikut UAS adalah telah menyelesaikan tugas-tugas kelompok dan individu serta tingkat kehadian kuliah minimal 80% dari jumlah pertemuan. Mahasiswa yang ikut UAS bisa meningkatkan nilai indeksnya ke indeks akademik tertinggi (A) atau berisiko turun indeks prestasinya atau bahkan tidak lulus. Oleh karena itu mahasiswa dipersilakan untuk memilih untuk mengikuti UAS atau tidak.

Teknik Industri Kampus Institut Teknologi Bandung Cirebon
Penjelasan Aturan Main Perkuliahan

Mahasiswa dan Dosen Sama-Sama Bisa Mengambil Manfaat

Dari segi mahasiswa bentuk penilaian ini cukup menarik karena ada kesempatan kedua untuk memperbaiki nilai dan mendapatkan “vitamin A”. Namun tidak semudah itu juga untuk mendapatkan nilai tertinggi karena tantangannya mahasiswa hanya memiliki satu hari untuk dapat me-review seluruh bahan kuliah yang diajarkan dari awal semester. Bahkan jika pengumumannya baru diberitahukan sore hari dan ujian dilaksanakan pagi hari berikutnya, waktu belajarnya hanya tersisa semalam saja. Mempelajari materi kelas dari awal hingga akhir dalam satu malam bak Bandung Bondowoso yang membangun 1000 candi.

Agak gambling juga untuk memutuskan apakah akan mengambil UAS atau tidak. Bagi mahasiswa yang memutuskan untuk mengambil ujian akhir dan masuk ruang ujian, sesudah melihat soal mahasiswa dilarang keluar ruang ujian dan membatalkan keputusannya. Ia harus mengerjakan soal hingga akhir. Jika ia walkout maka nilai UASnya akan langsung 0 karena dianggap tidak mengerjakan soal sama sekali. Benar-benar pilihan yang do or die.

Bagi dosen pengampu sistem ini dapat memudahkan juga. Salah satu benefitnya adalah mengurangi beban memeriksa ujian akhir karena tidak semuanya mengambil UAS. Mahasiswa yang sudah medapatkan indeks A tidak akan mengikuti UAS. Jawaban-jawaban mahasiswa pada soal UAS dapat menjadi bahan evaluasi mengenai seberapa paham peserta kuliah terhadap materi selama satu semester karena bahan ujian mencakup semua bahan yang diajarkan. Selain itu dengan skema penilaian seperti ini mungkin saja seluruh peserta kuliah mendapatkan indeks nilai A.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali